M. Mardinal,S.Ag: Dukungan Penuh Keluarga untuk Karir Politik


Sabtu,13 Agustus 2016 - 02:39:17 WIB
M. Mardinal,S.Ag: Dukungan Penuh Keluarga untuk Karir Politik

Politisi muda Partai Gol­kar Kabupaten Pasaman Mu­hammad Mardinal, S.Ag yang akarab disapa Oyong, saat ini adalah diberikan amanah untuk membidangi Komisi A DPRD Pasaman. Pasalnya karir politik telah lama melekat dalam jiwa dari anak dari Burhanuddin dan Sariaji yang dilahirkan pada tanggal 12 Agustus 1974

Anak nagari Pauh Lubuk Sikaping ini adalah terasa tidak asing sepak terjang dalam memperjuangkan ma­syarakat terbawah.Karena pernah sebagai aktivis 98 yang kala itu, ikut menum­bangkan rezim orba bersama aktivis mahasiswa lainnya di Sumatera Barat.Bahkan lu­lusan ponpes Gontor Jom­bang Jawa Timur ini, ter­panggil pulang untuk mengabdikan diri pulang ke kampung halaman ranah Pasaman Saiyo.

Alumni SMPN 1 Lubuk Sikaping tahun 89/90 itu,  kini telah diberikan amanah untuk menjadi ketua komite sekolah di sekolah tertua di Kabupaten Pasaman. Sed­e­retan organisasi masyarakat yang pernah dijalani pria yang hobby olahraga ini, diantaranya, Ketua Gapensi Kabupaten Pasaman, Ketua Partai Golkar Kecamatan Lu­buk Sikaping, Wakil Ke­tua Pengcab PSSI Kabu­paten Pasaman dan lain-lainnya.

Bagi Oyong Mardinal sendiri, semua jabatan yang dipikul dan diemban adalah amanah yang harus diper­tanggung jawabkan untuk dunia akhirat.Tak salah un­tuk urusan adat, gelar Datuk Tembang juga telah melekat pada sosok Oyong Mar­dinal.Tidak sa­lah kiranya cucu kemenakan beliau me­milih sosok yang penuh dengan kharisma ini untuk maju dan pileg tahun 2014 yang di bawah bendera partai Golkar.

Suami dari Rika   Oktiva dengan tiga orang anak yakni Fajar Mardika, Diva Mardika dan Fadiya Mar­dika. Oyong  Mardinal tan­pa lelah terus menjemput aspirasi di te­ngah-tengah masyarakat. Ya karir politik Oyong Mar­dinal bisa di­katakan politisi muda yang karir politiknya cukup ce­merlang.

Apalagi, keluarganya sa­ngat mendukung perjalanan karirnya dari awal hingga sekarang.

Sebelum menjadi ang­gota DPRD Oyong Mardinal terkenal dengan sosok yang dekat dengan semua kha­layak. Setiap kunjungan ke daerah selalu menampung aspirasi dari daerah pe­mi­lihan dia. Mungkin dulunya sosok yang getol mem­per­juangkan reformasi, ter­ma­suk juga bersuara lantang saat pengambil kebijakan bersikap semena-mena ter­ha­dap daerah, dan me­ru­gikan kalangan paling ba­wah.

Dia tak segan-segan un­tuk membantu kaum yang lemah yang tertindas, sikap inilah yang sering beliau suarakan di gedung rakyat. Tak ada pro dengan rakyat, jelas dengan lantang diten­tang habis. Tapi bukan da­lam konteks radikal, tapi ba­gaimana setiap programyang tidak pro dengan rakyat, sangat jelas tidak disukai oleh Oyong Mardinal sen­diri.

Dengan bertubuh atletis dan menyukai olahraga bu­lutangkis ini, sangat kontras dengan pembawaan yang lugas dan tegas. Banyak yang segan saat Oyong Mar­dinal menyampaikan as­pirasi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat saat ini.

Termasuk menjadi pem­bina untuk generasi muda yang rentan dengan penyakit maksiat, berbagai hal telah dimasuki antara lain men­jadi pembina upacara di SMPN 1 Lubuk Sikaping memberikan motivasi ke­pada para siswa, membina sejumlah olahraga seperti sepakbola, bulutangkis, voly ball. Ini merupakan jurus jitu agar generasi muda tidak rentan dengan pe­nyakit masyarakat seperti penyalah gunaan narkoba, tawuran antar pelajar, ter­masuk pergaulan muda mu­di. Semua bisa diatasi de­ngan cara bergaul dan memberikan kegiatan positif dan bermanfaat untuk ge­nerasi yang akan datang. Tidak salah sosok ini sangat tepat untuk membina ge­nerasi muda Pasaman agar tidak salah kaprah dan jalan sesat yang mereka jalani.

“Saya ikhlas untuk mem­­bina adik-adik sebagai gene­rasi muda yang men­jadi harapan tertinggi dari bang­sa ini khususnya di kabu­paten Pa­sa­man,” te­rangnya me­ngakhiri. (*)

 

Laporan: ATOS INDRIA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM