16 Tahun Berkiprah, Gama 2000 Manjakan Konsumen


Sabtu,13 Agustus 2016 - 02:37:05 WIB
16 Tahun Berkiprah, Gama 2000 Manjakan Konsumen

Bisnis otomotif merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Gama 2000 Auto Service misalnya. Usaha pencucian mobil dan service yang telah dirintis oleh Ridwan ini, ternyata sudah hampir 16 tahun berkiprah di dunia otomotif.

Setidaknya, bengel yang beralamat di Jalan Gajah Mada Nomor 20 A, Gunung Pangilun, Padang ini sudah memiliki ratusan pelanggan tetap.

Rendi (29), anak pemilik dari Gamma 2000 Auto Ser­vice menyebutkan, usaha yang dirintis oleh ayahnya tahun 2000 ini dulunya tidak sebesar sekarang. Ayah­nya yang merupakan lulusan IKIP (Sekarang UNP, red) sudah merintis usaha ini dari bawah.

“Kata ayah saya, didirikannya usaha ini bera­wal dari kecintaan ayah dibi­dang otomotif. Dulu, tempat ini masih dari kayu dan tidak sebesar sekarang, kare­na selalu menjaga kepuasaan konsumen, maka lama kela­maan tempat ini mulai ber­kembang seperti sekarang ini,” ujar Rendi.

Menurut Rendi, setiap hari, ada lebih dari 50 ken­daraan yang masuk ke pen­cucian. Untuk biaya cuci mobil berkisar antara Rp35 ribu hingga Rp40 ribu untuk ukuran mobil biasa, se­dang­kan mobil minibus seperti tranek Rp80 ribu.

“Untuk pencucian satu mobil memerlukan waktu 20-30 menit. 30 menit terse­but mobil sudah bersih dan bisa digunakan kembali. Biasa kalau untuk pencucian ramai ketika sabtu dan ming­gu. Konsumen pun harus sabar untuk menunggu an­trian,” tutur alumni Fakultas Hukum Unand ini.

Karyawan di Gamma 20­00 Auto Service, dikatakan Rendi, ada lima belas orang. Tiga orang mekanik, satu orang kasir dan selebihnya dibagian pencuci mobil.

Sedangkan untuk ser­vice, biasanya dalam satu hari ada sekitar 20 mobil. Biasanya konsumen mela­kukan service mesin, ganti oli, ganti busi, tune up, dan mengisi angin nitrogen. Untuk Gamma 2000 Auto Service menerima semua jenis mobil keluaran jepang, namun untuk mobil keluaran Eropa belum bisa.

“Mobil keluaran Eropa lebih sensitif dan spare part pun sulit untuk men­dapat­kanya,” ujar Rendi

Untuk biaya service Rp­100 ribu sedangkan untuk ganti oli biayanya sebesar Rp50 ribu hingga Rp90 ribu perliter tergantung dari me­rek yang dipilih oleh kon­sumen. Untuk service biasa­nya memerlukan waktu 30 menit hingga satu jam.

Selain menyediakan ser­vice mobil dan tempat pen­cucian, Gamma Auto 2000 juga menjual spare part serta aksesoris mobil dan ban. Spare part yang tersedia menurut Rendi cukup leng­kap seperti oli maupun filter oli.

.Gamma 2000 Auto Ser­vice yang memiliki luas 1.000 meter memanjakan pelanggan dengan fasilitas WIFI gratis, adanya tempat salat, dan cafe.

“Kami selalu menjaga kualitas sehingga pelanggan puas serta tidak mematok harga yang mahal, konsumen sudah ada dari Pariaman, Pesel, Bu­kit­ting­gi, Solok dan beberapa dae­rah lain di Sumbar. Yang pasti, ada ratusan pelanggan tetap yang masih tetap mem­percayakan kami,” tutur Rendi. (*)

 

Laporan: MELATI OKTAWINA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM