Mengenal Jenis-jenis Mesin Genset Agar Tidak Salah Pilih Saat Membelinya


Selasa,27 September 2016 - 02:24:00 WIB
Mengenal Jenis-jenis Mesin Genset Agar Tidak Salah Pilih Saat Membelinya DESAIN pintu geser terbaik saat ini.

Sebagian dari anda tentu saja sudah pernah mendengar atau melihat genset alias generator set. Yap, genset merupakan sebuah piranti atau perangkat yang fungsi akhirnya ialah menghasilkan daya listrik. Seperti yang anda ketahui, belum semua wilayah di Indonesia sudah terjamah PLN, sehingga beberapa diantara mereka harus menggunakan genset.

Karena itulah, banyak orang yang mencari orang yang jual genset atau menjadi orang yang jual genset. Menjadi orang yang jual genset atau sedang mencari genset, ada baiknya anda mengetahui beberapa jenis mesin genset itu sendiri. Dengan hal tersebut, maka akan menjadi lebih mudah bagi anda untuk bisa menentukan genset mana yang sebenarnya paling anda butuhkan.

Jenis-jenis mesin genset yang biasa ditemui di Indonesia ialah sebagai berikut :

Mesin Genset Diesel

Di Indonesia, mesin genset diesel merupakan genset yang banyak digunakan. Selain karena cukup mudah untuk ditemukan, kapasitas dari mesin genset ini juga cukup memenuhi kebutuhan, yakni mulai dari 500 watt hingga 2.000.000 watt.

Untuk urusan harga, mesin genset yang satu ini masih tergolong dalam genset murah, karena harganya yang masih cukup terjangkau dibandingkan dengan jenis mesin genset yang  lebih besar lainnya.

Mesin Genset Gas

Jika mencari mesin genset yang praktis dan mudah untuk digunakan, maka mesin genset gas ialah jawabannya. Tidak seperti kebanyakan mesin genset yang membutuhkan bahan bakar minyak agar bisa digunakan, genset yang satu ini membutuhkan gas.

Gas yang bisa digunakan untuk menyalakannya berupa CNG alias Compressed Natural Gas dan LPG alias Liquid Petroleum Gas. Tipe gas yang kedua merupakan gas yang sepertinya lebih mudah untuk anda dapatkan. Yang harus anda ketahui, genset ini tidak termasuk dalam genset murah karena CNG nya saja sudah memiliki harga yang cukup mahal.

Mesin Genset Turbin

Dari beberapa jenis genset, sepertinya mesin genset inilah yang memiliki kapasitas paling besar, karena kapasitas listriknya lebih dari 2.000.000 watt. Yang tentu saja yang jual genset ini ialah toko-toko yang sudah besar dan tidak sembarangan.  Baca juga: Warga Inhil Nikmati Listrik Gratis

Karena kapasitasnya yang cukup besar, mesin genset turbin ini sudah bisa mencukupi kebutuhan daya listrik pada sebuah kota kecil. Dan karena tidak masuk dalam daftar genset murah, biasanya orang-orang yang ingin membelinya bekerja sama alias membelinya secara berkelompok.

Mesin Genset Portabel

Karena semakin maju dan canggihnya teknologi saat ini, akhirnya sudah tersedia juga mesin genset yang bisa dibawa kemana-mana, yang tentu saja dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun memiliki kapasitas daya listrik yang cukup memadai, yakni mesin genset portabel.

Biasanya, mesin genset ini dicari oleh mereka yang suka berkemah, atau penyelenggara-penyelenggara acara luar ruangan namun membutuhkan listrik. Karena banyaknya orang yang mencari genset portabel saat ini, menjadi pihak yang jual genset portabel sepertinya akan sangat menguntungkan.

Mesin Genset Bensin

Seperti namanya, anda tentu sudah bisa mengetahui bahwa mesin genset yang satu ini berbahan bakar bensin. Biasanya, kapasitas dari mesin genset berbahan bakar bensin  tidak memiliki kapasitas yang terlalu besar, sekitar 10.000 watt.

Ukuranya yang tidak terlalu besar dan instalasinya yang juga tidak terlalu sulit membuat genset ini banyak sekali dicari, terlebih genset bensin juga masih bisa dikatakan termasuk dalam genset murah.

Selain  dari beberapa jenis mesin genset di atas tadi, tentu saja masih ada beberapa jenis mesin genset lainnya. Namun kelima mesin genset tadilah yang lebih sering ditemui di Indonesia dan sudah banyak orang yang menggunakannya.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM