CV Insan Mandiri, Satu-satunya Importir Resmi Mesin Fotokopi di Padang


Sabtu,06 Agustus 2016 - 01:22:49 WIB
CV Insan Mandiri, Satu-satunya Importir Resmi Mesin Fotokopi di Padang

CV Insan Mandiri ialah importir resmi mesin fotokopi di Padang. Perusahaan ini adalah cabang dari perusahaan dengan merek yang sama di Pekanbaru, satu-satunya perusahaan pengimpor mesin foto­kopi di Sumatra. Pendirinya ialah Salnoferi Salim.

Sejak kali per­tama ber­diri pada 1990, perusahaan itu kemudian mendirikan cabang di b­e­berapa pro­vinsi, di antaranya Batam, Bengkulu, dan Padang. Di Padang, cabang Insan Man­diri dibuka pada 2011. Feri Salim, adik Salnoferi Salim, dipercaya menjadi kepala cabangnya.

Cerita itu di­ung­kap­kan oleh Feri saat Ha­luan berkunjung ke kan­tor cabang Insan Man­diri di Jl. Veteran No. 28B, Padang, Ka­mis (4/8). Ia me­ngu­ta­rakan, pada 2007, be­lum ada perusahaan pengimpor mesin fo­to­kopi. Hingga saat ini pun belum ada.

“Di Sumatra B­a­rat, saingan kami ada­lah pedagang m­esin fotokopi yang mem­beli barang di Jakarta. Se­mentara kami, mengimpor dari Singapura. Untuk wi­layah Sumbar, kami me­ngua­sai pasar fotokopi, yakni 40 hingga 60 persen,” ujarnya.

Bukti bahwa Insan Man­diri merupakan impotir res­mi mesin fotokopi, pe­ru­sahaan itu memiliki Angka Pengenal Inportir (API): 41000179. Artinya, peru­sahaan itu legal dan berjalan atas izin pemerintah.

Mesin fotokopi yang dijual oleh Insan Mandiri mesin buatan dari negara lain, seperti Australia, Je­pang, Jerman, dan Am­erika Serikat. Beberapa mereknya, antara lain Minolta, Kyo­cera, Canon dan Xerox. Dua merek terakhir ialah yang paling banyak dipesan pem­beli.  

Mesin-mesin tersebut, setelah diimpor dari Si­nga­pura, disimpan di gudang Insan Mandiri di Pe­kan­baru yang me­rupakan kantor pu­sat. Ke­mudian, mesin-mesin itu diedarkan ke cabang-cabang di setiap provinsi.

Harga mesin fotokopi yang dijual Insan Mandiri bergantung pada merek dan kualitas mesin ber­sang­ku­tan. Harganya mulai dari Rp17 juta hingga Rp38 juta per satu unit mesin.

“Pembeli paling banyak adalah wirausaha fotokopi. Pembeli lainnya, antara lain lembaga pendidikan, per­guruan tinggi, instansi pe­merintahan, dan pe­rusahaan swasta. Oleh karena ba­nyak­nya pembeli dari kalangan wirausaha fotokopi yang modalnya usahanya berskala kecil, kami menyediakan cara pem­belian dengan sis­tem kredit dan sewa (rental). Sistem itu banyak diminati pembeli karena pembeli tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk bisa men­dapatkan mesin fotokopi,” tuturnya.

Tak seperti sistem sewa barang di tempat usaha lain, Insan Mandiri memberikan syarat yang gampang bagi penyewa. Penyewa tak perlu meninggalkan BPKB ken­daraan untuk membawa pu­lang mesin fotokopi di peru­sahaan itu, namun cu­kup dengan mem­berikan deposit sebesar Rp2 juta sebagai jaminan awal. Setelah itu, penyewa membayar uang sewa sebanyak Rp1 juta per bulan, cicilan yang ter­go­long kecil bagi wirausaha fotokopi. 

“Salah satu kelebihan untuk sistem rental dan kre­dit, kami memberikan servis gratis untuk mesin fotocopi dan beberapa alat yang di­butuhkan agar kondisi mesin tetap bagus. Untuk menjaga kepuasan pelanggan, kami memberikan garansi selama 12 bulan kepada setiap pem­beli dalam proses perbaikan dan servis mesin,” ujar Feri.

Dalam sebulan, se­ba­nyak 20 atau 30 mesin fo­tokopi terjual di Insan Man­diri. Separuh dari jum­lah itu dibeli secara kredit. Se­dangkan jumlah mesin yang disewa sebanyak 10 hingga 15 unit per bulan, dengan durasi sewa setahun. Oleh karena itu, tak meng­heran­kan kalau perusahaan itu meraih omzet kurang lebih Rp400 juta per bulan.

Untuk memasarkan pro­duk dan memasyarakatkan nama Insan Mandiri, kata Feri, pihaknya memasang iklan di media massa, me­nye­barkan brosur, dan men­datangi langsung calon kon­s­umen yang disasar. Saat ini, pembeli dan penyewa mesin fotokopi perusahaan itu ter­dapat di semua daerah di Sumbar.

Andre (32), pembeli me­sin fotokopi di Insan Man­diri mengatakan, Insan Man­diri sangat mementingkan kepuasan pelanggan dengan cara memberikan dukungan penuh kepada pelanggan.

“Insan Mandiri juga mem­­berikan ilmu tentang tata cara merawat mesin foto­copi agar tidak cepat rusak,” kata Andre.

Kesan senada juga di­ungkapkan oleh pembeli lain, Nanda (26), yang sudah membeli lima unit mesin fotocopi di Insan Mandiri. Ia mengatakan, barang yang dijual oleh Insan Mandiri berkualitas bagus dan ber­sertifikat impor.

Kesannya yang lain, ha­nya Insan Mandiri, penjual mesin fotokopi di Padang, yang memberikan garansi dan servis selama setahun. (*)

 

Laporan:
DEBY AYU LESTARI
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM