Rp19 M Dana Pembangunan Disiapkan untuk Masyarakat Tigo Nagari


Jumat,05 Agustus 2016 - 03:50:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Rp19 M Dana Pembangunan Disiapkan untuk Masyarakat Tigo Nagari Wabup Atos Pratama di dampingi sejumlah pejabat saat berkunjung ke Tigonagari. YUDI)

PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama kunjungi masyarakat di Kecamatan Tigo Nagari. Selain menyerap aspirasi masyarakat setempat, kun­jungan tersebut menjadi ke­sempatan bagi wakil Yusuf Lubis ini menyampaikan sejumlah kegiatan dan prog­ram pemerintah.

Atos Pratama menga­takan, kunjungannya bersama sejumlah satuan kerja pe­rangkat daerah (SKPD) un­tuk bersilaturrahmi, sekaligus menyampaikan beberapa informasi pembangunan di daerah itu untuk masyarakat setempat.

“Ada banyak informasi yang sangat penting untuk disampaikan perihal pem­bangunan di daerah ini. Itu agar masyarakat tahu, dan bisa mengawasi pekerjaan dan program itu,” ujarnya dihadapan masyarakat di Masjid Nurul Huda Padang Sawah, Nagari Binjai.

Disampaikan Atos, khu­sus di Kecamatan Tigo Na­gari itu sebanyak Rp19,167 miliar digelontorkan untuk pembangunan fisik maupun non fisik di bidang pekerjaan umum, pertanian, kegiatan pengembangan mandiri pa­ngan serta pada bidang pen­didikan. Anggaran ber­sum­ber dari APBD dan dana alokasi khusus (DAK).

Seperti pada Dinas Pe­kerjaan Umum (DPU), terda­pat delapan paket. Meliputi kegiatan peningkatakan ruas jalan dengan pagu dana se­besar Rp6,925 miliar, pem­bangunan jembatan ruas Malampah-Kampung Kajai Rp800 juta.

Selanjutnya, kata Wabup, ada empat paket rehab/pe­meliharaan jalan senilai Rp­5,020 miliar, tiga paket rehab jaringan irigasi, anggarannya mencapai Rp1,250 miliar. Lima paket kegiatan DAK bidang insfrastruktur irigasi senilai Rp2,250 miliar, prog­ram WISMP perbaikan jari­ngan irigasi Rp50 juta.

“Untuk bidang Pekerjaan Umum, juga ada kita ang­garkan perbaikan alur sungai batang Lundu Rp1 miliar dan pembangunan drainase pasar Ladang Panjang total ang­garan mencapai Rp550 juta,” ujar Atos.

Di bidang pertanian di kecamatan itu, kata dia, pe­merintah setempat juga me­ng­anggarkan dana sebesar Rp184,95 juta. Dana itu, sebut Atos dialokasikan un­tuk pengembangan sumber air bagi irigasi melalui pem­bangunan dam parit senilai Rp100 juta, penguatan ke­lem­bagaan kelompok tani, tiga paket senilai Rp34,950 juta serta anggaran BPPKP untuk kegiatan pengem­ba­ngan mandiri pangan bantuan sosial ternak kambing Rp50 juta.

Terakhir, kata Wabup, untuk bidang pendidikan terdapat empat kegiatan de­ngan total anggaran men­capai Rp1,137 miliar. Dana itu, kata dia, diperuntukkan pada pembangunan gedung SD Binjai Padang Ranjau Rp710 juta, SDN 16 Siparayo Rp137 juta.

“Ada juga penambahan ruang kelas SMP 2 Tigo­nagari senilai Rp147 juta dan ­pengadaan ruang kelas baru SMP Negeri 3 Tigonagari Rp143 juta,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, mantan perwira TNI AD ini juga menyampaikan bahwa daerah itu menjadi tuan ru­mah penyelenggaraan ivent Tour de Singkarak (TdS) untuk kali ketiga pada tahun 2016. Pasaman, kata dia, akan didatangai ratusan pe­balap dari 20 negara.

“Pasaman menjadi tuan rumah etape ketiga, Senin (8/8) besok. Starnya dari Tugu Equator Bonjol dan finis di Simpangampek, Pasbar. Para pebalap akan melewati Bon­jol, Lubuksikaping, Rimbo Panti, Cubadak Duokoto dan Talu. Jadi, mari kita suk­seskan,” pintanya. (h/mg-yud/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,17 Februari 2016 - 03:13:34 WIB

    Tekan DBD, Pemko Anggarkan Rp190 Juta

    PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman tahun 2016, menggangarkan dana sebanyak Rp190 juta untuk biaya membasmi sarang nyamuk. Hal itu dimaksudkan untuk menekan kasus DBD. .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM