Kota Solok Siap Menuju Pusat Wisata Belanja


Jumat,05 Agustus 2016 - 03:42:14 WIB
Kota Solok Siap Menuju Pusat Wisata Belanja Pasar Solok siap menampung konsumen yang ingin berbelanja ke Pasar Solok. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Kota Solok memang sangat cocok dijadikan sebagai wisata belanja karena sesuai letak geografisnya diperimpangan jalan, menjadikan Kota Solok sebagai wisata belanja setelah melihat dari perkembangan dan kemajuan yang dicapai daerah itu dan tingkat kunjungan masyarakat ke Pasar Solok.

Diplotnya Kota Solok se­bagai wisata belanja lantaran kota beras itu tidak memiliki objek wisata yang bisa dian­dalkan dan mampu menyedot kunjungan masyarakat saban hari, kota kecil itu hanya punya objek wisata alam Pulau Belibis dan Taman Pramuka, namun kunjungan masyarakat ke lo­kasi itu tidak begitu ramai.

“Untuk saat ini Kota Solok tidak punya pilihan lain, kecuali menjadikan Kota Solok Wisata Belanja karena di­l­ihat dari kunjungan ma­syara­kat pada hari-hari libur dan lebaran, pasar Solok cukup ramai sore hari dan sampai larut malam,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebu­dayaan Parawisata (DPORKP) Kota Solok, Dusral kepada Haluan Selasa lalu.

Guna menumbuhkan wi­sata belanja itu, Kota Solok perlu memperbanyak iven-iven tingkat Kota Solok, Sumatera Barat bahkan bisa tingkat nasional. Iven itu bisa saja melalui kegiatan pacu kuda, kemudian kegiatan je­lajah alam dengan croser-croser andalan yang baru saja dilaksanakan di Kota Solok serta kegiatan lainnya yang bisa menyedot masyarakat datang ke Kota Solok. Melalui iven-iven tersebut, dunia luar makin mengenal kebudayaan dan keratersitik masyarakat yang selalu ramah tamah pada tamu yang datang.

Kata Dusral, dengan ba­nyaknya orang datang ke Kota Solok membawa perubahan yang sangat baik pada pe­rekonomian masyarakat, orang yang berkunjung itu sudah jelas berbelanja ke pasar Solok membeli berbagai kebutuhan, kemudian menik­mati hidangan dengan menu sesuai seleranya, bahkan pasar kuliner yang tumbuh subur juga menuai rezki nantinya.

Hanya saja yang perlu men­jadi perhatian bersama, kesi­apan pedagang memberikan pelayanan pada tamu yang datang sa­ngat diha­rap­kan sekali, pembeli itu hendaklah di­berikan pe­la­yanan yang baik agar konsumen merasa puas dan senang berbelanja di Kota Solok. “Menjadikan kon­sumen sebagai raja sangatlah perlu agar mendatangkan kesan yang baik baginya,” ujar Dus­ral.

Selain masalah pelayanan yang perlu menjadi perhatian bersama, juga masalah harga sangatlah menentukan agar orang banyak berbelanja ke Pasar Solok, harga barang yang ditawarkan janganlah terlalu mencekik, pedagang memang ingin beruntung namun keuntungan itu ada batasannya. “Memiliki karakter berdagang seperti orang Cina perlu dicontoh,” beber Dusral. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM