Bupati Terbitkan Keputusan Keuangan Daerah Harus Diselamatkan


Kamis,04 Agustus 2016 - 04:25:50 WIB
Bupati Terbitkan Keputusan Keuangan Daerah Harus Diselamatkan BUPATI Ali Mukhni melantik Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman di Aula Kantor Bupati, Selasa (2/8). (DEDI SALIM)

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bupati Padang Pariaman menerbitkan Keputusan Nomor 127/KEP/BPP/2016, tentang Pembentukan Majelis Pertimbangan dan Sekretariat Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

“Surat keputusan ini diter­bitkan salah satu upaya dalam penyelamatan keuangan dae­rah dan merupakan bentuk im­plementasi zona pembangunan integritas yang telah dica­nangkan beberapa waktu lalu,” ujar Bupati Ali Mukhni, saat melantik Majelis Pertim­ba­ngan dan Sekretariat Majelis Per­timbangan Tuntutan Perbe­n­daharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (2/8), di IKK Paritmalintang.

Pada kesempatan itu bupati berharap, usai dilantik majelis beserta tim langsung bekerja.

Bupati optimis, dengan pembentukan majelis per­tim­bangan tersebut akan menye­lesaikan kasus-kasus kerugian daerah atas temuan dari BPK RI, Inspektorat Provinsi Sum­bar dan inspektorat kabupaten sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Jadi kerugian daerah itu sebelum ditindaklanjuti oleh penegak hukum terlebih dahulu disidang oleh majelis per­timbangan,” kata bupati yang meraih opini WTP tiga kali berturut-turut itu.

Sementara itu Ketua Ma­jelis Pertimbangan Jonpriadi mengatakan terdapat empat tugas yaitu pertama, me­ngum­pulkan, menatausahakan, me­nganalisa dan mengevaluasi kasus tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi yang diterima.

Kedua, memroses dan me­lak­sanakan eksekusi tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi.

Ketiga, memberikan pen­dapat, saran dan pertimbangan pada setiap persoalan atau kasus yang menyangkut tun­tutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi termasuk pembebanan, banding, pen­catatan, pembebasan, peng­hapusan, hukuman disiplin, penyerahan melalui badan peradilan apabila penyelesaian kerugian daerah terjadi ham­batan.

“Keempat, menyiapkan laporan mengenai perkem­bangan penyelesaian kasus kerugian daerah,” kata Jon­priadi.

Anggota tim majelis ada 9 orang yang terdiri dari Jon­priadi, SE MM, Dewi Roslaini SE MM, Nety Warni SE, Ha­nibal SE MM, Armalis SH MH, Drs Anwar MSi, Ir Ali Amran MP, Drs Idarussalam Murlis Muhammad SH M­Hum.

Sementara Asisten Admi­nistrasi Umum Neti Warni yang juga sebagai Wakil Ke­tua II Majelis Pertimbangan menga­takan dalam proses sidang maka ASN yang ber­ma­salah bisa menyampaikan argu­men­nya terhadap ke­rugian daerah yang ditim­bulkan dengan mem­bawa saksi dan atau bukti tam­bahan.

Kemudian hasil keputusan majelis pertim­ba­ngan akan dikonfirmasikan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Padang Pariaman untuk peng­ambilan keputusan sebelum dilimpahkan kepada penegak hukum.

“Sesuai arahan pak bupati, hari ini kita langsung kerja dengan menyidangkan tujuh ASN terkait kerugian daerah,” kata Neti Warni. (h/ded).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM