Bupati Terbitkan Keputusan Keuangan Daerah Harus Diselamatkan


Kamis,04 Agustus 2016 - 04:25:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bupati Terbitkan Keputusan Keuangan Daerah Harus Diselamatkan BUPATI Ali Mukhni melantik Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman di Aula Kantor Bupati, Selasa (2/8). (DEDI SALIM)

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bupati Padang Pariaman menerbitkan Keputusan Nomor 127/KEP/BPP/2016, tentang Pembentukan Majelis Pertimbangan dan Sekretariat Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

“Surat keputusan ini diter­bitkan salah satu upaya dalam penyelamatan keuangan dae­rah dan merupakan bentuk im­plementasi zona pembangunan integritas yang telah dica­nangkan beberapa waktu lalu,” ujar Bupati Ali Mukhni, saat melantik Majelis Pertim­ba­ngan dan Sekretariat Majelis Per­timbangan Tuntutan Perbe­n­daharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (2/8), di IKK Paritmalintang.

Pada kesempatan itu bupati berharap, usai dilantik majelis beserta tim langsung bekerja.

Bupati optimis, dengan pembentukan majelis per­tim­bangan tersebut akan menye­lesaikan kasus-kasus kerugian daerah atas temuan dari BPK RI, Inspektorat Provinsi Sum­bar dan inspektorat kabupaten sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Jadi kerugian daerah itu sebelum ditindaklanjuti oleh penegak hukum terlebih dahulu disidang oleh majelis per­timbangan,” kata bupati yang meraih opini WTP tiga kali berturut-turut itu.

Sementara itu Ketua Ma­jelis Pertimbangan Jonpriadi mengatakan terdapat empat tugas yaitu pertama, me­ngum­pulkan, menatausahakan, me­nganalisa dan mengevaluasi kasus tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi yang diterima.

Kedua, memroses dan me­lak­sanakan eksekusi tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi.

Ketiga, memberikan pen­dapat, saran dan pertimbangan pada setiap persoalan atau kasus yang menyangkut tun­tutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi termasuk pembebanan, banding, pen­catatan, pembebasan, peng­hapusan, hukuman disiplin, penyerahan melalui badan peradilan apabila penyelesaian kerugian daerah terjadi ham­batan.

“Keempat, menyiapkan laporan mengenai perkem­bangan penyelesaian kasus kerugian daerah,” kata Jon­priadi.

Anggota tim majelis ada 9 orang yang terdiri dari Jon­priadi, SE MM, Dewi Roslaini SE MM, Nety Warni SE, Ha­nibal SE MM, Armalis SH MH, Drs Anwar MSi, Ir Ali Amran MP, Drs Idarussalam Murlis Muhammad SH M­Hum.

Sementara Asisten Admi­nistrasi Umum Neti Warni yang juga sebagai Wakil Ke­tua II Majelis Pertimbangan menga­takan dalam proses sidang maka ASN yang ber­ma­salah bisa menyampaikan argu­men­nya terhadap ke­rugian daerah yang ditim­bulkan dengan mem­bawa saksi dan atau bukti tam­bahan.

Kemudian hasil keputusan majelis pertim­ba­ngan akan dikonfirmasikan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Padang Pariaman untuk peng­ambilan keputusan sebelum dilimpahkan kepada penegak hukum.

“Sesuai arahan pak bupati, hari ini kita langsung kerja dengan menyidangkan tujuh ASN terkait kerugian daerah,” kata Neti Warni. (h/ded).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN.
  • Sabtu,17 Juni 2017 - 00:52:29 WIB

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, lagi-lagi dibuat jengkel oleh sebagian pegawai di Sekretariat Daerah (Setda) setempat, khususnya pada bagian umum. Kegusarannya disebabkan puluhan pegawai tidak hadir a.
  • Selasa,13 Juni 2017 - 19:40:37 WIB

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi bidik pontensi wisata alam di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Selasa, (13/6). Hal demikian bermula saat bupati menyambangi Naga.
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 14:20:01 WIB

    Bupati Agam Minta Warga Suksekan Pilwana

    AGAM, HALUAN -- Bupati Agam, Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah meminta masyarakat di nagari untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kenyamanan di kampung, serta jangan ada fitnah dan saling menjelekan antar sesama, menjelang ma.
  • Kamis,08 Juni 2017 - 11:42:14 WIB

    Bupati Hendrajoni: Bantuan Alsintan Jangan Dimanfaatkan untuk Pribadi

    Bupati Hendrajoni: Bantuan Alsintan Jangan Dimanfaatkan untuk Pribadi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Agar sektor pertanian benar-benar memberikan jaminan terhadap kesejahteraan masyarakat petani di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), maka sesuai dengan potensi besar yang dimiliki daerah itu, dihara.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM