Warga Sasak Cemas, Batu Krib Rusak Dihempas Ombak


Rabu,27 Juli 2016 - 08:44:44 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Warga Sasak Cemas, Batu Krib Rusak Dihempas Ombak Ilustrasi.

PASBAR, HALUAN — Pantai Sasak merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Pasaman Barat. Namun, nasib pantai itu kian hari terus tergerus. Bahkan terjangan ombak itu mampu merusak batu penahan ombak (krib) yang dipasang di sepanjang Pantai tersebut.

Pantauan Haluan ke­ma­rin (26/7), batu krib di Pantai Sasak itu pada umum­nya rusak di bagian yang men­jorok ke laut. Batu krib yang terpasang saat ini usia­nya memang sudah tua, sudah lebih dari lima tahun. Di­per­kirakan karena terjangan ombak yang terus menerus, menyebabkan patu penahan ombak itu tergerus.

Sementara itu, warga yang berada di sepanjang Pantai Sasak juga cemas dengan ganasnya terjangan ombak tersebut.

Apalagi, tidak kunjung ada perbaikan atau pe­ngua­tan batu krib kembali. Selain itu, pasir putih yang biasanya sepan­jang Pantai Sasak cu­kup luas, sekarang se­makin hari semakin ber­kurang.  

“Kami cemas ketika om­bak sudah besar. Sebab batu krib sudah tidak bisa me­nahan ombak lagi,” urai Iyen, warga yang bermukim di objek wisata Pantai Sasak.

Menurut Kepala BPBD Pasbar, Tri Waluyo, batu krib itu dibangun sebanyak 7 unit dengan alokasi ang­garan Rp10 miliar pada tahun 2012 yang bersumber dari APBN. Dia tak me­nampik jika keberadaan batu krib yang mulai rusak itu membuat warga setempat cemas.

“Batu krib yang ada di Pantai Sasak itu merupakan bantuan dari BWSS V Sum­bar beberapa tahun lalu. Karena merupakan bantuan provinsi, maka kita tidak bisa masuk. Tetapi nanti akan dicarikan solusinya, masyarakat agar bersabar,” ujar Tri Waluyo. (h/ows)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,12 Oktober 2017 - 05:14:31 WIB
    JEMBATAN TURAWAN ROBOH

    Akses Warga Padang Lua Terganggu

    TANAH DATAR, HALUAN - Pasca rusaknya jembatan di Jorong Turawan di Kenagarian III Koto, Kecamatan Rambatan, menyebabkan akses warga Padang Lua setempat terputus. Untuk menuju jalan utama, warga Padang Lua terpaksa mengambil j.
  • Rabu,11 Oktober 2017 - 01:59:06 WIB
    BEKAS PENGEBORAN PANAS BUMI RIMBO PANTI

    Mulai Bahayakan Keselamatan Warga

    Mulai Bahayakan Keselamatan Warga PASAMAN, HALUAN - Warga mulai yang bermukim disekitar Cagar Alam Rimbo Panti mulai khawatir dengan adanya bekas pengeboran landaian panas bumi (Gheotermal) di wilayah ini. .
  • Jumat,06 Oktober 2017 - 10:15:53 WIB

    Peringati HUT ke 72 TNI Ajak Warga Jaga Keutuhan NKRI

    Peringati HUT ke 72  TNI Ajak Warga Jaga Keutuhan NKRI PADANG, HARIANHALUAN.COM – Di usia yang ke 72 tahun, Tentara Nasional Indonesia (TNI) semakin solid dan tangguh dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam perjalanannya, jatuh bangun yang dir.
  • Selasa,03 Oktober 2017 - 01:11:51 WIB

    Puluhan Warga Maek Demo Gedung Dewan

    Puluhan Warga Maek Demo Gedung Dewan Limapuluh Kota, Haluan - Senin (2/10) pagi, gedung DPRD Kabupaten Limapuluh Kota mendadak ramai didatangi oleh puluhan warga Nagari Maek, Kecamatan Bukit Barisan. Kedatangan warga dari Jorong Nenan sekaligus daerah pinggir Ka.
  • Rabu,27 September 2017 - 03:05:40 WIB

    Penyakit Serang Warga Usai Banjir Solsel

    Penyakit Serang Warga Usai Banjir Solsel PADANG, HALUAN — Banjir dan galodo yang melanda masyarakat Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Parik Diateh, Solok Selatan beberapa waktu lalu, ternyata mengundang penyakit. Warga korban banjir mengeluhkan penyakit yang dider.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM