Takut Jarum Suntik Bisa Jadi Fobia Turunan


Sabtu,21 Mei 2016 - 04:03:58 WIB
Takut Jarum Suntik Bisa Jadi Fobia Turunan Seorang anak tampak meringis ketakutan di pelukan orangtuanya saat menerima imunisasi dari jarum suntik. Penilitan teraktual mengatakan, ketakutan pada jarum suntik salah satunya disebabkan turunan dari orangtua yang juga fobia pada jarum tersebut.

JAKARTA, HALUAN — Tak jarang anak-anak menangis saat pergi ke dokter dan tahu akan disuntik. Jangan memarahi anak jika kondisinya demikian. Karena sebagian besar anak memiliki rasa takut terhadap jarum suntik disebabkan fobia menular dari orangtua.

Studi terbaru yang dila­kukan peneliti dari York Uni­versity, Toronto, Psi­kolog Rebecca Pillai Riddell dan rekan-rekannya menga­mati bagaimana anak-anak be­respons terhadap jarum sun­tik, mulai saat masih bayi hingga balita. Riddell juga mengamati bagaimana orang­­tua berinteraksi de­ngan anak-anaknya terkait jarum suntik.

“Fobia jarum tersebut umumnya dialami oleh anak-anak hingga berusia 12 tahun. Akibat rasa takut ini, tak jarang anak masih merasa kesakitan bahkan setelah imunisasi dilakukan,” tutur Riddell, Jumat (20/5).

Dari hasil penelitian yang diterbitkannya dalam Jurnal Pain tersebut, Riddell mene­mukan hubungan yang kuat antara rasa takut ter­hadap jarum pada orangtua dan anak.

Orang tua yang fobia ter­hadap jarum suntik, sebagian besar juga memiliki anak yang fobia terhadap hal tersebut. Sebaliknya, orang tua yang tak takut umumnya memiliki anak yang lebih kuat juga.

Peneliti lain yang juga terlibat, Nicole Racine, me­nga­takan dengan mengetahui tingkat ketakutan orang tua, maka tenaga medis bisa mem­perkirakan bagaimana res­pons anak terhadap jarum suntik. Sebab interaksi antara orang tua dan anak, termasuk dalam urusan aktivitas medis seperti disuntik, sangat ber­kaitan erat. (h/dtc)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM