Lebih Tiga Jam, Mudah Berperilaku Negatif

Waspadai Pola Menonton Anak


Sabtu,21 Mei 2016 - 04:03:07 WIB
Waspadai Pola Menonton Anak PENTING bagi orangtua untuk mengawasi pola menonton TV anak-anak. Karena penilitian UK Research Council menyebutkan jika anak menonton tiga jam berturut-turut, menyebabkan ia berpotensi berperilaku negatif.

JAKARTA, HALUAN — Was­padalah jika Anda sering membiarkan anak menonton televisi (TV) selama lebih dari tiga jam sehari. Anak yang menonton TV lebih dari tiga jam dipercaya lebih berisiko melakukan perbuatan negatif. Mu­lai dari berkelahi dan mencuri.

Hal tersebut di­ung­kapkan melalui pe­ne­­litian di Inggris oleh UK Medical Research Coun­cil (MRC), da­lam hal ini yang paling be­risiko adalah anak-anak berusia 5-7 ta­hun. “Risiko ini tidak ka­mi temukan saat anak-anak bermain kom­puter atau game elek­tronik,” papar pe­ne­liti.

Selain itu, peneliti juga menemukan, pa­da usia lima tahun, dua pertiga anak menon­ton TV selama satu sampai tiga jam sehari. Sekitar 15 persen anak-anak menonton se­lama tiga jam atau lebih. Hanya 3 persen di antara mereka yang ber­main game elektronik selama tiga jam atau lebih setiap hari.

Peneliti mencatat, anak-anak berusia lima tahun yang me­nonton TV selama tiga jam atau lebih setiap harinya, me­nyebabkan kenaikan 0,13 poin (pada skala 10-poin) masalah perilaku, seperti ber­kelahi, ketidaktaatan dan men­curi. Namun tidak pada ma­salah emosional dan per­ha­tian.

Peneliti juga mem­per­hitungkan faktor-faktor lain seperti pendapatan rumah tangga, pendidikan, status pekerjaan ibu, perilaku orang­­tua, hubungan orang­tua juga anak, ke­mampuan kognitif anak, tidur dan akti­vitas fisik.

Profesor Psikologi Sosial dari London School of Eco­nomics, Sonia Livingstone menjelaskan, bahwa hal ini memperingatkan pentingnya kehidupan seimbang bagi anak.

“Jika anak lima tahun menonton televisi lebih dari tiga jam per hari, pasti ada efek negatif kecil tapi hal ini tidak berpengaruh pada hi­per­­aktif atau masalah emo­sional. Jadi tidak ada alasan untuk panik karena mungkin tekanan pada orang tua me­reka terlalu besar, atau mung­kin tidak ada ruang bermain di dekatnya,” papar Living­stone. (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM