Wanita-wanita Tangguh Pemetik Daun Teh


Rabu,04 Mei 2016 - 00:21:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wanita-wanita Tangguh Pemetik Daun Teh Para wanita pekerja lepas pemetik daun teh ketika mengangkut daun teh ke pinggir jalan, Selasa (3/5).JEFLI

SOLSEL,HALUAN-- Para Wanita tangguh yang tinggal sekitar areal perkebunan teh PT Mitra Kerinci, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel), umumnya berprofesi sebagai pemetik daun teh.

"Kami merupakan pekerja harian lepas yang digaji perusahaan Mitra Kerinci," kata seorang wanita paruh baya, Rina saat ditemui Haluan  di sela waktunya, Selasa (3/4).

Menurutnya, upah yang diterima berkisar Rp425 sampai Rp750 perkilogram (kg) daun teh yang dipetik. "Upahnya tergantung kualitas pucuk daun teh. Sehari bisa memetik hingga 40 kg dan pencairan upah seminggu sekali," tambahnya.

Sementara, wanita lainnya yang ikut memetik, Yuyun mengatakan membawa bekal makan dari rumah. Dimana, memetik mulai pukul 07.00 WIB- 10.30 WIB. "Agar menghemat biaya saya bawa nasi dari rumah,"katanya.

Ia merasakan upah yang diberikan perusahaan sangat minim, dan telah meminta pihak perusahaan menaikkan upah tapi belum ada tindaklanjut. "Daripada tidak ada pekerjaan, ya.. diterima saja,"keluhnya. (h/jef)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM