Tahun 2017, Kopi Solok Akan Diekspor 18 Ton


Rabu,04 Mei 2016 - 05:31:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tahun 2017, Kopi Solok Akan Diekspor 18 Ton Tim penilai tengah mencicipi kopi specialty dari 15 kopi specialty, untuk kemudian diberi skor, dalam Festival Kopi Sumbar di Hotel Grand Inna Muara Padang, Selasa (3/5). Kopi specialty adalah kopi dengan kualitas ekspor. Pemprov Sumbar berencana mengekspor kopi asal Sumbar pada 2017 nanti. (ALLAN ARTHUR)

PADANG, HALUAN — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berencana meningkatkan mengekspor kopi Solok Minang (jenis Arabika) pada 2017 ke Amerika Serikat (AS). Pada 2013, ekspor itu sudah dilakukan, namun jumlahnya masih 4 ton. Pada 2017 ekspor itu direncanakan menjadi 18 ton ke AS.

Selain ke Amerika, kopi Sum­bar dalam rentang 2013-2015 juga sudah di­ekspor ke Australia 22 ton,  ke Italia 2 ton, dan 1,5 ton ke Thailand. Hal itu disam­paikan oleh Kepala Dinas Perke­bunan Sumbar, Faja­rudin, dalam acara Festival Kopi Sumbar di Hotel Grand Inna Muara Pa­dang, Selasa (3/5).  

Dalam acara bertema “Peragaan Mutu Kopi” itu, Faja­rudin menuturkan, are­al perkebunan kopi Arabika di Sumbar luasnya 20.754 hektare, dengan produksi 15.670 ton per tahun. Saat ini terdapat 6 kabupaten di Sumbar yang berpeluang dan berpotensi untuk di­kem­bangkan kopi Arabika, yakni Kabupaten Solok, Agam, Solok Selatan, Tanah Datar, Limapuluh Kota, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Fajar menyampaikan, terus tumbuhnya perke­bunan kopi ini didukung oleh keadaan lainnya, se­perti tersedianya lahan de­ngan ketinggian di atas 1.000 meter dari permukaan laut, dan tingginya minat petani untuk mengem­bang­kan kopi Arabika.

Untuk mewujudkan ren­ca­na untuk mengekspor kopi pada 2017 terse­but, kata Fajarudin, Pemprov Sumbar akan membimbing dan memfasilitasi para peta­ni kopi untuk terus dapat mengembangkan kopi. Bim­bingan yang diberikan se­per­ti dari aspek budidaya, ke­lembagaan dan pe­ma­saran. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan karena per­kebunan kopi meru­pakan investasi nyata bagi ma­syarakat. Jadi, pada 2017 nanti, tidak hanya Kopi Solok yang akan dieskpor, tapi juga kopi dari daerah lain di Sumbar.

Terkait Festival Kopi Sumbar, kata Fajarudin, acara itu diselenggarakan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing ko­mo­ditas kopi Arabika Sum­bar, mengangkat peluang serta potensi Sum­bar ter­hadap komoditas kopi, khu­susnya kopi Arabica.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indo­nesia (AKSI), Syafrudin  mengatakan, kegiatan itu merupakan penghargaan bagi seluruh petani kopi. Di Sumbar, kopi yang terkenal itu, ialah Kopi Solok Mi­nang yang rasanya telah dikenali di nusantara dan mancanegara.

Ketua Panitia Festival Kopi Sumbar kali ini, Alfa­driansyah mengatakan, fes­ti­val 2016 ini diikuti oleh 200 orang petani kopi dari 7 daerah penghasil kopi Ara­bika tersebut. Dari 200 pe­serta tersebut, ada beberapa kopi specialty. Namun, ma­sih banyak kopi yang belum termasuk kategori specialty.

Ia menjelaskan, meski kopi yang diikutsertakan dalam festival itu tidak un­tuk dilombakan, namun pihaknya memberikan peni­laian terhadap 15 kopi spe­cialty. Hasilnya, ada 3 peme­nang dengan skor tertinggi 80, yakni Kopi Solok yang diproduksi oleh Koperasi Solok Rajo, Kopi Surian yang diprodiksi oleh Gabu­ngan Kelompok Tani Surian Permai, dan Kopi Salim­pauang dari Kelompok Tani Kabun Nagari. Penilaian tersebut diberikan sebagai bahan evaluasi bagi petani lain untuk menghasilkan kopi yang specialty.  

“Ini adalah festival kopi ketiga yang digelar oleh Dinas Perkebunan Sumbar. Festival pertama digelar pada 2014. Untuk festival kali ini, Dinas Perkebunan Sumbar bekerja sama de­ngan organisasi kopi nasio­nal seperti ASKI. Untuk organisasi lokal, bekerja sama dengan Koperasi Peta­ni Kopi Solok Rajo dan Pandeka Kopi,” ujarnya.

Sementara itu, Allan Arthur, pemilik Rimbun Coffee, salah satu kedai kopi di Padang mengatakan, se­ba­gai pengusaha kopi yang menjual Kopi Solok, ia ber­harap dari festival kopi tersebut, petani-petani kopi mengetahui cara dan termo­tivasi untuk menghasilkan kopi specialty karena kopi yang diekspor itu adalah kopi dengan kualitas spe­cialty. Selain itu, agar pengu­saha kopi semakin mudah mendapatkan kopi specialty. (h/ows/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,01 Agustus 2017 - 11:40:23 WIB

    Kebutuhan Garam Kota Padang 3.000 Ton Pertahun

    Kebutuhan Garam Kota Padang 3.000 Ton Pertahun PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kebutuhan garam di Kota Padang setahunnya mencapai 3.000 ton. Meskipun saat ini harga garam mengalami peningkatan yang signifikan, tetapi stok masih mencukupi..
  • Minggu,09 Juli 2017 - 17:09:21 WIB

    Penjualan Perlengkapan Sekolah Tahun ini Lesu

    Penjualan Perlengkapan Sekolah Tahun ini Lesu PADANG, HALUAN - Musim tahun ajaran baru 2017 tidak segesit tahun lalu. Pasalnya, penjualan perlengkapan alat-alat sekolah tahun ini lesu. Baik itu baju sekolah, alat tulis maupun perlengkapan lainnya..
  • Sabtu,08 April 2017 - 02:14:19 WIB

    Garuda Targetkan Beli 199 Pesawat Tahun ini

    Garuda Targetkan Beli 199 Pesawat Tahun ini PADANG, HALUAN – PT Garuda Indonesia menargetkan penambahan pesawat pada 2017 ini dari 144 menjadi 199 pesawat..
  • Senin,20 Februari 2017 - 22:40:15 WIB

    Telkomsel Umumkan Peraih Hadiah Pesta Akhir Tahun 2016 Periode Kedua

    Telkomsel Umumkan Peraih Hadiah Pesta Akhir Tahun 2016 Periode Kedua Dua pelanggan yang berhak mendapatkan hadiah utama berupa mobil BMW 320i Sport adalah Huriyah dari Bandung dan Riana dari Surabaya. Daftar pemenang program Pesta Akhir Tahun periode pertama dapat dilihat di www.telkomsel.com/.
  • Kamis,26 Januari 2017 - 21:59:43 WIB

    Andromax 4G Smartfren, Gratis Internet Setahun

    PADANG, HALUAN—Smartfren kembali melakukan upaya untuk meningkatkan angka pelanggan 4G LTE di kota Padang melalui tiga perangkat baru berteknologi 4G, Andromax B dan Andromax L serta sebuah Mifi M3s. Kedua ponsel Andromax t.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM