Masyarakat Terjerat ‘Jebakan Batman’


Ahad, 01 November 2015 - 19:49:52 WIB

Ia menjelaskan indikasi mekanisme pasar adalah kurs rupiah, harga minyak mentah dunia dan inflasi, itu yang akan diprotes. “Ka­lau semua tarif diserahkan ke mekanisme pasar, lalu apa peran negara dalam hal ini?,” tanya Tulus Abadi.

“Rencana pencabutan 450 VA dan 900 VA ini hanyalah kedok, itu untuk menaik­kan tarif agar sesuai dengan harga meka­nisme pasar, kalau memang begitu maka wajib diprotes, karena tidak ada intervensi negara dalam menentukan tarif,” katanya.

Tulus Abadi juga men­jelaskan ban­yak masyarakat yang tidak mengerti, ketika pindah ke 1.300 VA, ri­sikonya serius dengan tarif rupiah per Kwh, seolah katagorinya sama, padahal 1.300 VA untuk golongan mampu.

“Masyarakat banyak ya­ng dipaksa atau ditodong langsung pindah ke sistem token, walau menurut atu­ran seharusnya tidak di­wajibkan, daya juga dit­ingkatkan ke 1.300 VA secara gratis, mereka tidak mengerti konsekuensinya,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan PT PLN Adi Supriono mengatakan, tarif listrik dengan daya 900VA akan dihitung sama dengan tarif berdaya 1.300VA mu­lai 1 Januari 2016.

“Nanti yang dimigrasi tarifnya. Kalau dia mau tetap pakai 900VA tidak apa-apa, cuma harganya jadi beda listrik yang 900VA dan yang nonsubsidi,” ujar dia di Kantor Pusat PLN.

Menurut Adi, PLN ti­dak akan me­maksa pelanggan menaikkan daya listrik, tetapi masyarakat mampu yang tetap menggunakan daya 450VA dan 900VA akan dikenakan tarif non­subsidi seperti pengguna daya 1.300VA.

Hingga akhir 2015, uj­ar dia, PLN menawarkan pen­ambahan daya dari 90­­0­­VA ke 1.300VA tanpa dipungut biaya untuk me­n­­­dorong masyarakat ber­pindah dari peng­gu­naan daya 900 VA yang disubsidi ke 1.300VA ya­ng tidak disubsidi.

“Mekanisme pe­min­da­han­ ­dari 900VA ke 1.3­00VA seperti tambah daya saja, tetapi tidak bayar. Jadi nanti di me­ternya itu di­ganti mini circuit braker (MCB) atau pembatas arusnya. Itu aja. Bukan meternya, tetapi MCB-nya yang diganti,” kata Adi. (h/rol)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 15:18:52 WIB

    Anggota DPRD Reses, Masyarakat Ladang Rimbo Sampaikan Aspirasi

    Anggota DPRD Reses, Masyarakat Ladang Rimbo Sampaikan Aspirasi PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM - Masyarakat Jorong Ladang Rimbo, Nagari Aur Kuning, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menyambut meriah acara reses ke dua yang dilaksanakan anggota DPRD Pasbar dari Partai G.
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 22:32:28 WIB

    Berjuang Maksimal untuk Masyarakat, Mulyadi Tuai Dukungan Tokoh Minang

    Berjuang Maksimal untuk Masyarakat, Mulyadi Tuai Dukungan Tokoh Minang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur (Cagub) Sumatra Barat (Sumbar) Mulyadi menyatakan rasa terima kasihnya atas dukungan yang telah diberikan oleh para tokoh masyarakat Minang. Sebagai putra daerah yang memegang filosof.
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 06:22:55 WIB

    Gerindra Sumbar Minta Gubernur Batasi Aktivitas Masyarakat di Ruang Publik

    Gerindra Sumbar Minta Gubernur Batasi Aktivitas Masyarakat di Ruang Publik PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengantisipasi atau mencegah indikasi penyebaran Covid-19, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) Mario Syahjohan meminta Gubernur Sumbar menerbitkan edaran untuk membatasi se.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 18:30:03 WIB

    Andre Rosiade Pastikan Masyarakat Ingin Maksiat Diberantas

    Andre Rosiade Pastikan Masyarakat Ingin Maksiat Diberantas PADANG, HARIANHALUAN.COM — Hebohnya berita penggerebekan PSK daring/online yang melibatkan anggota DPR RI Andre Rosiade ternyata tak membuat Partai Gerindra turun pamor. Bahkan sebaliknya, hasil survei Arah Baru Center (ABC.
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 14:10:22 WIB

    Tampung Aspirasi Masyarakat, Alirman Sori Reses ke Kota Pariaman

    Tampung Aspirasi Masyarakat, Alirman Sori Reses ke Kota Pariaman PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Guna menjaring aspirasi daerah untuk ditindaklanjuti di Pemerintahan pusat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Alirman Sori lakukan reses ke kota Pariaman, Selasa (3/3/.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM