Naik Daun, Harga Batu Akik Melambung


Senin,12 Januari 2015 - 19:40:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dikatakan, di Pandam Gadang, batu untuk bahan akik yang naik harganya bernama pancar, atau batu yang punya banyak warna diminati pem­buru batu akik, sehingga har­ganya melonjak. Hal itu disu­sul batu lumut keluaran nagari Banjaloweh, Bukik Barisan yang juga diminati masyarakat penggemar batu perhiasan itu.

Pantauan Haluan ke Pan­dam Gadang dan Banjaloweh, Sabtu (10/1) menyaksikan di sepanjang jalan banyak dija­jakan bahan batu akik pancar dan lumut berbagai warna. Bahkan ada batu pancar sebe­rat 10 kg yang ditawarkan penambang seharga Rp5 juta per buah.

Armen salah seorang pe­nam­bang batu akik yang rajin mena­warkan hasil tam­bangnya, dengan harga yang lebih tinggi dari sebelumnya. Alasan naiknya batu bahan akik, diduga untuk men­da­patkan batu sebagai bahan akik sudah sulit. Kalaupun ada jumlah yang diperoleh sedikit, ujarnya.

“Kalau dijual dengan har­ga lama, hanya meraih sedikit keuntungan, sedangkan untuk melakukan penambangan se­makin sulit dan batu sudah jauh berkurang. Hanya bagi penambang yang tekun dan ulet saja yang masih mampu mendapatkan batu untuk di­jual ke pedagang penampung dan penggemar batu a­kik,”sebutnya.. Wali Nagari Pandam Ga­dang, Khairul Apit ketika dihubungi beberapa hari yang lalu mengakui, naiknya harga bahan tambang batu akik akhir akhir ini. Sedangkan per­min­taan bahan batu akik sampai ke daerah Riau masih cukup banyak. Adakalanya peng­gemar batu akik datang lang­sung ke rumah para pe­nambang.

Walau warga banyak yang menggeluti usaha itu, namun produksi bahan batu akik tampaknya mulai menurun. Kemungkinan sebagai salah satu penyebab meningkatnya harga bahan baku batu akik. Namun sampai sekarang, peng­rajin batu akik belum ada yang menganggur, akibat naiknya harga bahan batu tersebut. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,24 Agustus 2017 - 10:46:08 WIB

    Gaji Anggota DPRD Sumbar Naik, Ini Kata Pengamat Kebijakan Publik

    Gaji Anggota DPRD Sumbar Naik, Ini Kata Pengamat Kebijakan Publik PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait adanya kenaikan gaji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, pengamat kebijakan publik dan politik UNP, Eka Vidia berpandangan, dalam suatu pekerjaan kenaikan gaji adalah suatu.
  • Kamis,24 Agustus 2017 - 10:30:19 WIB

    Ini Dia Besaran Kenaikan Gaji Anggota DPRD Sumbar

    Ini Dia Besaran Kenaikan Gaji Anggota DPRD Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar tetapkan Ranperda tentang pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Sumbar, melalui rapat paripurna DPRD Sumbar, Rabu (23/8)..
  • Rabu,23 Agustus 2017 - 19:42:32 WIB

    Sah! Gaji Anggota DPRD Sumbar Naik

    Sah! Gaji Anggota DPRD Sumbar Naik PADANG, HARIANHALUAN.COM-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar tetapkan Ranperda tentang pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Sumbar, melalui rapat paripurna DPRD Sumbar, Rabu (23/8)..
  • Selasa,18 April 2017 - 14:22:21 WIB

    Naik, Semua Naik. Pajak Kendaraan Bermotor akan Naik

    Naik, Semua Naik. Pajak Kendaraan Bermotor akan Naik PADANG, HALUAN- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar telah mengajukan perubahan ketiga atas Perda No. 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah. Dalam pengajuan itu, selain adanya wacana kenaikan pajak kendaraan bermotor, juga penera.
  • Sabtu,01 April 2017 - 01:56:28 WIB

    Jelang Naik Status Polda Sumbar, Empat Kapolres Dimutasi

    Jelang Naik Status Polda Sumbar, Empat Kapolres Dimutasi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Mutasi perwira menengah terjadi Jelang naiknya status Polda Sumbar dari Tipe B ke Tipe A. Tak tanggung-tanggung, empat Kapolres masuk ke dalam gerbong mutasi yang merupakan intruksi langsung Kapol.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM