Tentang Kami


Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harian Haluan, satu dari sembilan koran tertua di Indonesia yang lahir pasca kemerdekaan RI. Suratkabar ini terbit pertama kali di Bukittinggi tahun 1948, ketika kota tersebut mempunyai posisi sangat penting selama perjuangan semasa Perang Kemerdekaan (1945-1949). Pendirinya, H Kasoema (alm) dkk.

Selain Haluan, koran tua lainnya di Indonesia yang masih eksis sampai kini antara lain Waspada (terbit sejak 1947, Medan), Kedaulatan Rakyat (Yogya, 1945), Pedoman Rakyat (Makassar, 1949), dan Suara Merdeka (1950, Semarang). Beberapa lainnya, seperti Harian Merdeka (Jakarta) dan Surabaya Post (Surabaya) sudah tidak terbit lagi.

Surat kabar ini pernah jaya di era tahun 1980-1990-an. Wilayah edarnya tidak hanya di Sumatera Barat, tapi sampai ke Riau, Jambi, Bengkulu bahkan Jakarta. Di masa jaya ini, hampir tidak ada warga yang tidak mengenal Haluan sebagai koran nomor satu di Ranah Minang. Nama Haluan, kala itu, identik dengan surat kabar. Tercatat nama-nama jurnalis terkenal yang ikut mengawakinya ketika itu, antara lain; H. Kasoema, Rivai MarlautChairul Harun, M. Joesfik Helmy, Sjafri Segeh, Anas Lubuk, A. Pasni Sata, Rusli Marzuki Saria, Basri Segeh, R. Datuk Tuo dan sebagainya. Generasi berikutnya muncul generasi Darman Moenir, Masri Marjan, Beny Aziz, Nasrul Djalal dan sebagainya.

Zaman berubah, tahun berganti. Memasuki tahun 2000-an, pasca era reformasi, media tumbuh bak cendawan di musim hujan. Bisnis koran makin kompetitif. Tidak sekadar laga produk, tapi lebih-lebih perang pemasaran. Adu gesit dan adu kreatif, tak terelakkan.

Di atas tahun 2005 dan menjelang tahun 2010, pergerakkan Haluan semakin melambat. Kualitas cetak dan penampilannya, jauh tertinggal. Isinya, tidak lagi terkelola dengan baik. Oplahnya, kian tergerus. Begitu juga iklannya, makin sedikit. Koran legendaris ini, akhirnya hanya mampu bertahan hidup, tanpa bisa tumbuh dengan baik.

Dalam posisi  di titik nadir itulah, Basko Group mengambil alih pengelolaan Haluan melalui PT Haluan Sumbar Mandiri. Legal formal per 1 Oktober 2010 dan de facto, penerbitannya dengan manajemen baru, mulai 1 November 2010.  Cetak, perwajahan dan isi Haluan di bawah manajemen baru, dibenahi. Halamannya ditambah. Pemasaran ditingkatkan.

Sejak 1 November 2010, Harian Haluan tampil dengan pemilik dan manajemen baru, desain/wajah baru full-colour. Harian Haluan juga diperkuat dengan website harianhaluan.com. Sekarang Haluan berada di bawah pemilik baru H. Basrizal Koto (Basko Group). Selain Harian Haluan, Basrizal Koto juga punya dua koran harian lain; Haluan Riau (Pekanbaru) dan Haluan Kepri (Batam). Moto di bawah logo Harian Haluan tertera; Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat.

Alhamdulillah, memasuki tahun keenam di bawah pengelolaan Basko Group, Haluan mulai menggeliat lagi. Oplahnya tumbuh secara pasti. Mitra dan relasinya, makin luas. Meski belum semua lini teroptimalkan oleh pengasuh dan pengelola, namun kepercayaan publik, kami rasakan kian kuat berhembus untuk Haluan.*

 


BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM