Kamis, 18 September 2014
20 Titik Api Ada di Sumbar PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:30

KABUT ASAP TERUS MENYEBAR

Kabut asap terus menyebar di pelosok Sumbar, setelah “bersih” beberapa bulan terakhir. Realitas ini membuat warga mulai khawatir akan kondisi kesehatan mereka. Pemerintah diminta tanggap.

PADANG, HALUAN — Dinas Kehu­tanan (Dishut) Provinsi Sumbar menga­takan pihaknya mendeteksi 20 titik api ada di Sumbar dan menyebar di beberapa daerah, seperti Kabupaten Dharmas­raya, Limapuluh Kota dan Pesisir Selatan. Keberadaan 20 hot spot tersebut terpan­tau melalui satelit NOAA (Na­tional Ocean and Atmos­pheric Administration) bersa­ma ratusan titik api yang ada di Su­matera Sela­tan dan Jam­bi, te­tang­ga Sumbar.

 
Beasiswa Dipotong, Warga Tutup Sekolah PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:29

PAINAN,HALUAN — Sekolah Dasar (SD) Negeri 17 Pasar Suran­tih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) ditutup sekelompok warga, Rabu(17/9). Akibatnya, proses Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) terhenti. Warga menuding pihak sekolah tidak transparan terhadap wali murid tentang adanya dugaan pemotongan dana beasiswa.

Ketua Pemuda Pasar Surantih Hendrizal (48) mengatakan, aksi warga  menutup sekolah sudah hasil kesepakatan antara warga dengan majelis guru. Namun Kepala SDN 17 Mulfasni tidak berada di sekolah karena dalam kondisi sakit.

 
4 Tahun Berdiri, RPH Modern Masih ‘Nganggur’ PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:28

PAYAKUMBUH, HALUAN — Meski telah empat tahun selesai dibangun, namun Rumah Potong Hewan (RPH) Modern Kota Paya­kum­buh, hingga kini belum juga di­operasionalkan. Padahal biaya pem­bangunannya mencapai Rp23 miliar.

Rumah potong hewan yang dibangun  di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh itu, semestinya sudah dioperasionalkan sejak tahun 2010. Pembangunan RPH bertaraf inter­nasional dengan kemampuan potong mencapai 100 ekor sapi perhari di Kota Payakumbuh ditujukan untuk bisa melayani kebutuhan daging sapi Kota Paya­kumbuh dan Sumatera Barat pada umumnya.

 
Rajo Pagaruyung Prihatin dengan 15 Kasus Bunuh Diri PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:25

TANAH DATAR, HALUAN — Rajo Alam Pagaruyung, SM Taufik Thaib sangat prihatin dengan fenomena banyaknya kasus bunuh diri di Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2014. Hingga Bulan September saja sudah 15 orang yang tewas karena kasus bunuh diri.

Fenomena negatif ini butuh perhatian seluruh pihak, seperti ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai dan pemerin­tah serta mesti dilakukan pembinaan dari dini. “Kita mesti tahu apa yang menjadi akar persoalannya. Jika sebab persoalan agama, tentu karena kurang­nya keimanan. Bisa juga persoalan ekonomi yang menyebabkan putus asa. Atau juga masalah psikologi. Kita juga lihat kepedulian sosial masyarakat mulai menipis. Ini perlu kita lakukan kajian kembali,” sebut SM Taufik Thaib kepada Haluan via handphone, Rabu (17/9).

 
Pengentasan Buta Aksara Tak Terlaksana PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:23

HIBAH DAN BANSOS DIHAPUS

PADANG, HALUAN — Penghentian hibah dan bantuan sosial oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyebabkan sejumlah program batal dilaksanakan tahun ini. Seperti pemberian bantuan perjalanan kepada ma­hasiswa S1 yang belajar ke luar negeri.

Kemudian program pe­ngen­tasan buta aksara juga terkedala dana. “Ini dika­renakan sewaktu pem­bahasan bersama DPRD, kegiatan ini dimasukkan dalam cakupan hibah dan bantuan sosial. Karena tahun 2014 tidak ada hibah dan bansos, program ini pun tidak bisa dijalankan,” terang Kepala Dinas Pen­didikan Sumatera Barat Syamsulrizal, Rabu (17/9) di ruang kerjanya.

 
55 Ekor Ternak Hilang, Warga Tak Pernah Lapor PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:21

SOLSEL, HALUAN — Se­banyak 55 ekor ternak hilang di wilayah hukum (wilkum) Polsek Sangir Jujuan (SJJ) yang meliputi Kecamatan SJJ dan Sangir Balai Janggo (SBJ) dalam setahun terakhir. Sayangnya, korban tak segera mela­porkan hal itu

Kapolsek SJJ, Iptu Mus­lim melalui Kanit Reskrim, Brigadir Deni Nasution mengatakan, kalau warga tak melapor kehilangan ternaknya, maka polisi tak bisa memproses pencurian itu. Menurut Deni, terakhir empat sapi dilaporkan hilang oleh Sukur (37). Sayang laporan itu baru diterima polisi, sehari setelah kejadian. Peristiwa ini disebut Sukur terjadi Senin (25/8) dan baru dilaporkan Selasa (26/8)

 
DKPP Beri Peringatan 10 Anggota KPU di Sumbar PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:20

JAKARTA, HALUAN — Kembali dewan kehor­matan penyelenggara pemilu (DKPP) mem­berikan peringatan kepada penyelenggara pe­milu di Suma­tera Barat Rabu (17/9). Kali ini giliran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabu­paten Pasaman Barat dan  Sawahlunto men­da­pat teguran. Semen­tara aduan yang di­sam­pai­kan terhadap KPU Pasa­man ditolak oleh DKPP.

Ketua DKPP Jimly Ass­hid­diqie dalam rilis yang diterima mengatakan, bah­wa “salam awas” yang dipermasalahkan oleh KPU Pasaman Barat menjadikan kelima anggotanya men­dapat­kan peringatan. KPU Pasbar dinilai melakukan pelanggaran kode etik karena tidak mengindahkan rekomendasi Panwaslu Pasbar untuk membuka C1 plano hasil rekapitulasi pemilihan umum legislatif.

 
Anggota DPRD Gadaikan SK PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:19

PURWAKARTA, HALUAN — Ketua dewan perwa­kilan rakyat daerah (DPRD) sementara Kabupaten Purwakarta, Dudung Abdullah mengakui aksi gadai SK anggota dewan memang benar terjadi.

Dudung menyebut ada 24 orang dari 45 anggota DPRD Kabupaten Purwakarta yang meminjam uang dengan jami­nan SK terpilihnya mereka menjadi wakil rakyat. Artinya, lebih dari 50 persen anggota DPRD di Kabupaten Pur­wakarta telah menggadaikan SK mereka untuk men­da­patkan pinjaman uang.  “Saya tahu karena saya melihat disposisi dari Kepala Bagian Keuangan,” kata Dudung, Senin (17/9).

 
Bangunan Tak Miliki IMB Segera Disegel PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:18

PADANG, HALUAN — Setelah sempat tertunda beberapa bulan untuk melakukan penyegelan bangunan yang mangkir Izin Mendirikan Bangunan (IMB), akhirnya Dinas Tata Ruang Tata Bangun dan Pemukiman (DTRTBP) Kota Padang akan melakukan penyegelan dalam minggu ini. DTRTBP telah siapkan 50 plang segel untuk bangunan yang masih mangkir untuk membayar IMB.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pimpinan dan akan melakukan penye­gelan dalam minggu ini,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan TRTBP Kota Padang, Anggun Besuki kepada Haluan, kemarin di ruangannya.

 
Lurah Baru Cari Solusi PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:17

SEPEKAN KEKURANGAN AIR BERSIH KELURAHAN BATANG ARAU

PADANG, HALUAN — Masyarakat bermukim di sekitar pinggiran Gunung Padang, tepatnya di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, yang mengalami kekurangan sumber air bersih akan segera dicarikan solusinya oleh pihak kelurahan setempat dengan jalan musyawarah.

Hal tersebut disampaikan oleh Lurah Batang Arau, Afrizal, Rabu (17/9). Me­nurut­nya, hingga sekarang ia mengaku belum men­dapat­kan laporan dan ke­luhan dari warga sekitar soal pemakaian air sumur yang kuning dan berbau itu, makannya ia kurang me­nge­tahui secara tepat bagai­mana per­masala­han air tersebut.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL