Rabu, 26 November 2014
Empat Daerah Dilanda Banjir PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:47

BEBERAPA SUNGAI MELUAP

Empat daerah di Sumbar dilanda banjir. Beberapa sungai di Solok, Payakumbuh, Sijunjung dan Pasbar meluap. Banjir juga terjadi di Kabupaten Pasaman Barat. Meski tak menimbulkan korban jiwa, namun ratusan hektare sawah rusak dan dikhawatirkan gagal panen.

PADANG, HALUAN — Curah hujan yang tinggi satu bulan terakhir  ini menyebabkan terjadinya banjir di Kota Solok, Sijunjung, Payakumbuh dan Pasaman Barat, Selasa (25/11).

 
Gubernur Sumbar Kunjungi Belarusia PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:43

PADANG, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama beberapa kepala dinas di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumbar meme­nuhi undangan Provinsi Brest, Belarusia. Kunjungan kali ini untuk melakukan Letter of Intens (LOI) dalam be­berapa bidang se­perti  pendidikan, industri, kelautan dan investasi.

Dalam kun­ju­ngan ini Gubernur didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar Syamsulrizal, Ke­pala Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Perindag) Rahmat Syahni, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Yosmeri, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (PKPM) Masrul Zein.

 
Golkar Pecah, Ical Dipecat PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:41

JAKARTA, HALUAN — Rapat Pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar membe­kukan kepengurusan di bawah pimpinan Aburizal Bakrie. “Kami ambil langkah ini untuk penye­lamatan partai,” kata Ketua Mahkamah Partai Muladi seusai rapat pleno di kantor DPP Golkar di Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (25/11).

Menurut Muladi, kepe­ngu­rusan Aburizal diambil alih oleh Presidium Penyelamatan Partai. Presidium diketuai Wakil Ketua Umum Agung Laksono. Pre­sidium beranggotakan de­lapan calon Ketua Umum Golkar, yaitu Priyo Budi Santoso, Hajriyanto Tohari, Zainudin Amali, Agus Gumiwang, Yorris Ra­weay, Agun Gunandjar Sudarsa, dan Ibnu Mun­zir.

 
Lampu Kelok 9 Tunggu Izin BKSDA PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:36

PADANG, HALUAN — Jalan Kelok 9 masih akan bergelap-gelap, hal ini disebabkan pemasangan lampu jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) belum bisa dilakukan disebabkan belum mendapat izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat.

Kepala BKSDA Sumatera Barat Margo Utomo melalui kepala Tata Usaha (TU) BKSDA Sumbar Teguh ditemui Haluan Selasa (25/11) di ruangannya mengatakan, untuk pemasangan lampu jalan ini mesti harus melalui kajian dampak terhadap satwa yang berada di sekitar. Pihak BKSDA harus duduk semeja dengan PU untuk membahas hal ini.

 
Bukit Longsor, 8 Rumah Tergenang Air di Solsel PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:35

SOLSEL, HALUAN — Tak ada hujan, tak ada badai, di tengah cuaca panas, sebuah bukit di Jorong Sungai Manau, Nagari Pakan Rabaa Tangah, Keca­matan KPGD, longsor me­nim­bun Sungai Batiah, Selasa (25/11), sekitar pukul 15.00 WIB. Material longsor menghambat aliran air sungai sehingga meluap dan menggenangi 8 rumah warga, areal persawahan, hingga ke jalan lintas provinsi Padang-Solok Selatan.

Informasi peristiwa itu disampaikan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Solok Selatan (Solsel), Dalwison, saat dihubungi Haluan tadi malam.

 
6 Rumah Terbakar, Anak Tewas Terpanggang PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:30

PADANG, HALUAN — Enam unit rumah di RT 02 RW III Pasa Gadang, Kelurahan Seberang Palinggam, Kecamatan Padang Selatan, ludes dilalap si jago merah, Selasa (25/11). Akibat kebakaran hebat tersebut, seorang anak penderita keterbelakangan mental (retardasi) tewas terpanggang.

Anak yang diketahui bernama Rizki (13) tersebut, ditemukan oleh warga dalam keadaan telungkup di tengah rumah dengan kondisi tubuhnya hangus terpanggang dan nyaris tidak bisa dikenali lagi.

 
KPU Minta Tambahan Anggaran Pilkada Langsung PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:26

JAKARTA, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) minta Komisi II DPR menambah anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah langsung di 196 kabupaten/kota dan delapan provinsi.

“Kami butuh tambahan anggaran untuk melaksanakan kewajiban atau tugas jika Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1/2014 disetujui,” kata Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Senin (24/11/2014).

 
Fraksi NasDem Setuju Interpelasi ke Jokowi PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:26

JAKARTA, HALUAN — Rencana DPR mengajukan hak interpelasi terhadap pemerintahan Presiden Jokowi terkait kebijakan menaik­kan harga bahan bakar minyak, dinilai masuk akal. Wakil Ketua Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) Johni Plate me­ngatakan, hak interpelasi itu diajukkan oleh DPR karena belum ada penjelasan dari pemerintah soal kenaikan tersebut.

“Interpelasi (Jokowi) itu masuk akal, karena belum mema­haminya (kenaikkan harga BBM). Penjelasan pemerintah dan badan terkait belum melakukannya,” kata Johni, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (25/11). Namun, kata Johni, masih terlalu dini jika DPR melayangkan hak interpelasi sebelum pemerintah memberikan penjelasan.

 
KWT Gunung Padang Jadi Wisata Pantai PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:25

PADANG, HALUAN — Pemko Padang menggelar sayembara perencanaan konsep pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang. Dari 27 peserta yang mengikuti sayembara ini, sebanyak 11 karya menjadi nominasi.

Peserta sayembara bera­sal dari berbagai daerah di Indonesia. Tiga diantaranya adalah peserta lokal dan satu peserta dari Singapura. Hasil sayembara kerja sama Pemko Padang dengan Ikatan Arsitektur Indonesia ini menjadi konsep pengem­bangan pariwisata Kota Padang ke depan.

 
Satgas Interdiksi Perlu Dibentuk PDF Cetak Surel
Rabu, 26 November 2014 02:24

SUMBAR PRODUSEN NARKOBA

PADANG, HALUAN — Pence­gahan narkoba tidak bisa dila­kukan satu instansi saja. Namun diperlukan kerja sama, di antaranya dengan cara mem­bentuk Satuan Tugas (Satgas) Interdiksi. Hal ini disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar Kombes Pol Arnowo, di Kantor BNNP Sumbar Lolong Belanti, Keca­matan Padang Barat, Padang, Selasa (25/11).

Menurutnya, modus yang dilakukan sindikat narkoba internasional untuk masuk ke Indonesia dengan berbagai cara. Diantaranya dari laut, perairan, udara dan darat. “Satu instansi saja tidak akan mampu mela­kukan Pencegahan dan Pem­berantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4­GN). Untuk itu, kami sudah menyusun rancangan mem­bentuk Satgas Interdiksi yang terdiri dari BNNP Sumbar, Polda, BPOM, Badan Karantina Per­tanian dan Dinkes,” terangnya.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL