Sabtu, 25 Oktober 2014

Wacana Pemekaran Kota Padang Didukung

Haluan - Jumat, 24 Oktober 2014 02:50

PADANG, HALUAN — Kompleksitas permasalahan Kota Padang yang rumit dan pelik serta tak tersele­saikan dalam beberapa tahun terakhir, mendorong munculnya kembali wacana pemekaran. Wilayah Kota Padang yang jauh lebih luas dibandingkan kota-kota besar lain di Indonesia, seperti Kota Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Sema­rang, Surabaya dan Makas­sar juga menjadi beban.

Luas wilayah Kota Pa­dang 695 KM2, Kota Medan 265 KM2, Kota Palembang 374 KM2, Kota Jambi 205 KM2, Kota Bandung 167 KM2, Kota Semarang 373 KM2, Kota Denpasar 124 KM2, Kota Makassar 175 KM2, dan Kota Pekanbaru 632 KM2. Kota Padang nyaris sama luasnya dengan Provinsi DKI Jakarta 740 KM2, dan Negara Singa­pura 716 KM2.

Berita Lain:

Haluan Padang

Kabupaten Solok Tetap Surplus Beras

Haluan - Jumat, 24 Oktober 2014 02:32

PANEN PERDANA PADI SABATANG

SOLOK, HALUAN — Sebagai salah satu daerah lumbung beras di Sumatera Barat, Pemerintah Kabupaten Solok terus berupaya untuk melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan produksi beras di daerah itu.

Salah satunya dengan teknologi program tanam padi sabatang dengan yang dikenal dengan nama Sys­tem of Rice Instensification (SRI).

Berita Lain:

Sumatera Barat

Riau & Kepri

Mantan Kadishut Riau Dicecar Soal RTRW

Jumat, 24 Oktober 2014 02:27

LAGI, PEJABAT PEMPROV DIPERIKSA KPK

PEKANBARU, HALUAN — Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menge­rucutkan proses penyidikan terkait dugaan suap alih fungsi lahan dengan tersangka Gubernur Riau (Gubri) non aktif, Annas Maamun, dan pengusaha Gulat Medali Emas Manurung. Kamis (23/10), giliran mantan Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Riau, Zulkifli Yusuf yang menjalani pemeriksaan.

Oleh penyidik KPK, Zulkifli dicecar sejumlah pertanyaan terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RT­RW) Provinsi Riau. Seperti hari sebelumnya, peme­riksaan yang dilakukan KPK digelar di Ruang Catur Prasetya, Sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru. Sejak pagi, pemeriksaan sudah berlangsung dengan meminta keterangan dari beberapa orang saksi, yaitu 3 orang karyawan PT Citra Hokiana Triutama, dimana Edison Marudut Siahaan selaku Dirut, sudah masuk dalam daftar cekal KPK.

Berita Lain:

Riau dan Kepri

 

Nasional

KIH Diminta ‘Ngemis’ Jatah Pimpinan ke Fraksi KMP

Jumat, 24 Oktober 2014 02:41

JAKARTA, HALUAN — Fraksi dalam Koalisi Indonesia Hebat masih ber­sikukuh untuk belum mau menyerah­kan susunan anggota fraksi di alat kelengkapan dan komisi kepada kesekjenan. Sementara itu, baru lima fraksi dari koalisi merah putih (KMP) yang sudah menyerahkan nama dan disahkan dalam paripurna.

Anggota DPR dari fraksi PDIP, Aria Bima, mengatakan KIH menginginkan ada kejelasan lobi terkait mekanisme pemilihan dan pembagian jatah pimpinan di komisi dan alat keleng­kapan. Menurutnya, hingga saat ini belum jelas kesepakatan antara KMP dan KIH. Fraksi dalam KIH menurutnya, meminta ada pembagian yang jelas antara kedua koalisi.

Berita Lain:

Luar Negeri

Luar Negeri

Universitas Kairo Diguncang Ledakan

Jumat, 24 Oktober 2014 02:39

11 Orang Terluka

KAIRO, HALUAN—Ledakan bom terjadi di luar Universitas Kairo, Mesir. Dilaporkan sedikitnya 11 orang, terma­suk beberapa di antaranya polisi, luka-luka akibat leda­kan ini.

Seperti disampaikan Kementerian Dalam Negeri Mesir dan dilan­sir Reuters, Kamis (23/10), ledakan terjadi di alun-alun yang ada di luar kampus yang ada di tengah kota Kairo tersebut pada Rabu (22/10) waktu setempat.

Berita Lain:

Ekonomi dan Bisnis

Tokopedia Dapat Suntikan Modal Rp1,2 Triliun

Jumat, 24 Oktober 2014 02:30

JAKARTA, HALUAN — PT Tokopedia selaku pemilik perusahaan ritel online Indonesia, mendapatkan suntikan dana dari konsorsium investor senilai 100 juta dollar atau sekitar Rp1,2 triliun.

Investor yang menyuntikkan dana tersebut adalah SoftBank Internet and Media, Inc. (SIMI) yang merupakan pemodal dari Jepang dan Sequoia Capital dari AS. Seiring dengan itu, dua investpr tersebut menjadi pemegang saham di Tokopedia, dan berhak mendapatkan jatah di jajaran direksi.

Berita Lain:

Olahraga

Peluang Memastikan Lolos Cepat

Jumat, 24 Oktober 2014 02:34

PERSIPURA VS SEMEN PADANG

PADANG,HALUAN — Semen Padang hanya membutuhkan hasil imbang melawan Persipura di Jayapura Sabtu (25/10) untuk bisa lolos kebabak semifinal ISL. Namun bukan perkara yang mudah bagi kabau sirah untuk meraih poin dari mutiara hitam. Dalam pertandingan terakhirnya melawan Arema, Persipura berhasil meraih kemenangan.

Setelah melawan Persela Hengki Ardiles langsung menuju Papua. Waktu yang sangat singkat tentunya akan mempengaruhi stamina dari pemain. Disini keputusan Jafri Sastra kembali diuji. Apakah pelatih berlisensi A AFC ini akan melakukan rotasi pemain atau tidak.

Berita Lain:
 

Arsip


 

Pengunjung

Kami punya 323 tamu online

TAJUK

Ribut-ribut Mili Palsu Produk ikan sarden kaleng bermerk Mili berat 425 gram dipalsukan di Kota Padang Panjang. Produk ikan sarden kalengan merk lain yang sejenis dan sama ukuran kalengnya diganti merek kemasannya dengan me...

Opini

Etika Politik dan Pemikiran Tahun 399 SM, Soc­rates dimasukkan ke dalam penjara dan dihadapkan pada si­dang Pengadilan Heliast yang terdiri dari warga Athena. Socrates telah dituduh mela­kukan kejahatan terhadap dewa-dewa res...

Refleksi

Selamat Pagi Jokowi Selamat Pagi Jokowi Indonesia. Ada orang baru me­nge­tuk pintu Republik ini. Terimalah dia dengan hati ter­buka, seorang yang akan meng­huni Is­tana Mer­deka. Se­jak pagi ini (20 Oktober 2014) Pre­siden Indonesia...

Khas

Etek Niar, Penunggu Panorama Malalak Etek Niar, Penunggu Panorama Malalak SURGA KEINDAHAN Menyeduh hangatnya secangkir kopi atau teh di ketinggian dengan udara dingin terasa kadam. Ditemani mie gelas ataupun semangkok mie rebus ala Etek Niar yang maknyus, lengkap sudah keindahan dan keelokan Panorama Malalak yang sebagian...