Minggu, 21 Desember 2014

Komitmen Badan Publik di Sumbar Masih Rendah

Haluan - Sabtu, 20 Desember 2014 02:32

PADANG, HALUAN — Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat  menilai bahwa perhatian dan komitmen badan publik terkait keterbukaan informasi publik di Sumbar masih rendah.

Ketua KI Sumbar Syamsu Rizal menyebutkan bahwa dari 112 badan publik yang diki­rimkan kuisioner untuk meng­evaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik hanya 30 badan publik mengembalikan angket.

Berita Lain:

Haluan Padang

Pasaman Disinyalir Produsen Ganja

Haluan - Sabtu, 20 Desember 2014 02:43

PASAMAN, HALUAN — BNK Pasa­man mensinyalir daerah tersebut tak lagi sekedar konsumen narkoba, tapi sudah menjadi pemasok narkoba jenis ganja. Hal ini terungkap di Kecamatan Panti dimana ditemukan batang ganja dan lubang-lubang di tanah bekas cabutan batang usai dipanen

Untuk menekan meluasnya pengguna narkoba, terutama ganja, lembaha ini berencana menggelar tes urin. Tes urin yang akan dilaksanakan, tidak hanya untuk jajaran pemerintah daerah, tetapi direncanakan juga personil TNI-Polri dan anggota legislatif Kabupaten Pasaman.

Berita Lain:

Sumatera Barat

Riau & Kepri

2014, Penyaluran Kredit di Riau Lambat

Sabtu, 20 Desember 2014 02:13

PEREKONOMIAN MANDEG

PEKANBARU, HALUAN — Selama tahun 2014, penyaluran kredit yang disalurkan oleh perbankan di Riau mengalami perlambatan. Berdasarkan data yang terhimpun di dalam buku Kajian Ekonomi Regional Riau, terhitung triwulan II kredit yang disalurkan hanya Rp50,67 triliun atau hanya meningkat 8,85 persen.

Menurut Kepala Bank Indonesia, Mahdi Mu­ham­mad mengatakan, per­lambatan penyaluran kredit ini sejalan dengan me­lambatnya perekonomian Riau pada triwulan laporan. Tercatat pada triwulan II penyaluran pada bank milik pe­me­rintah se­be­sar 9,21 per­sen dan swas­ta ha­nya 8,20 persen.

Berita Lain:

Riau dan Kepri

 

Nasional

Februari, Kopertis Berganti L2PT

Sabtu, 20 Desember 2014 02:43

MENRISTEK LANTIK GANEFRI

JAKARTA, HALUAN — Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menris­tek Dikti) Prof M Nasir PhD melantik Prof Ganefri PhD menjadi Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X periode 2014-2018. Selain Ganefri juga dilantik tiga pejabat rektor dan Koor­diantor Kopertis Wilayah III. Kopertis pada Bulan Februa­ri 2015 berubah menjadi Lembaga Layanan Pendi­dikan Tinggi (L2PT). Ling­kup tugas L2PT meliputi perguruan tinggi negeri dan swasta.

Pelantikan lima pejabat tersebut dilaksanakan di Auditorium Lantai 2, Ge­dung Ditjen Dikti, Senayan, Kamis (18/12) dan dihadiri pejabat eselon I, II, III Kemristek Dikti dan Kem­dikbud serta undangan lainnya.

Berita Lain:

Luar Negeri

Luar Negeri

Korea Utara Diajukan ke Mahkamah Kriminal

Sabtu, 20 Desember 2014 02:26

PBB PUTUSKAN

NEW YORK, HALUAN — Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memutuskan melalui pemungutan suara untuk mengajukan Korea Utara ke Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) atas kejahatan terhadap kemanusiaan.

Keputusan Majelis Umum PBB itu didukung 116 delegasi perwakilan negara. Adapun yang menolak sebanyak 20 delegasi dan 50 abstain. Penyusunan draf resolusi PBB mengenai Korut akan dibahas pada Senin (22/12) mendatang, namun diperkirakan akan mendapat tentangan dari Cina dan Rusia.

Berita Lain:

Ekonomi dan Bisnis

Harga Kebutuhan Pokok Naik Lagi

Sabtu, 20 Desember 2014 02:15

PADANG, HALUAN – Harga beras di Sumbar terus merangkak naik. Sebe­lumnya Rp13.958 sekarang naik menjadi Rp14.375 untuk kualitas satu. Kenaikan harga beras ini juga diikuti ooleh kenaikan beberapa  barang kebutuhan pokok lainnya.

Kepala Dinas Perindustrain dan Perdagangan Sumbar Rahmat Syahni melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Zaimar, ditemui Haluan Jumat (19/12) kemarin mengatakan, untuk beras kualitas atu memang mengalami kenaikan, penyebabnya pasokan ke pasaran masih kurang.

Berita Lain:

Olahraga

Padang Mulai Merangsek ke Puncak

Sabtu, 20 Desember 2014 02:44

DHARMASRAYA, HALUAN — Memasuki hari ke­em­pat pelak­sanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII Dhar­mas­raya, kontingen Dhar­masraya sukses menambah sejum­lah medali emas. Sementara itu, kon­tingen ibukota, Pa­dang mulai berada di jalur juara de­ngan men­dominasi sejumlah cabang olahraga (Cabor).

Kota Padang ber­­­jaya dalam pero­lehan medali pada partai final cabang olahraga pencak silat Pertandingan yang digelar di lapangan futsal perumahan lawai gunung me­dan, pesilat Kota Padang meme­roleh 3 medali emas dan 2 medali perunggu. Disusul di tempat kedua Kabupaten Agam dengan perol­ehan 2 medali e­mas, 2 medali pe­rak dan 1 medali perunggu.

Berita Lain:
 

Arsip


 

Pengunjung

Kami punya 504 tamu online

TAJUK

Sumbar Tuan Rumah PON 2024 Ribuan atlet kota/kabupaten se-Sumatera Barat tengah ber­tanding di Pekan Olahraga Pro­vinsi Sumbar XIII di Dhar­mas­raya. Iven olahraga terbesar tingkat Provinsi Sumbar tersebut dilangsungkan 16-...

Opini

Kemandegan Regenerasi dan Tugas Berat Partai Partai-par­tai main­stream tampaknya memiliki persoalan yang hampir sama, yakni kemandegan regenerasi dan mengguritanya oligarki dalam internal partai. Bahkan ke­munculan tokoh-tokoh muda ke punc...

Refleksi

DIM dan RPJMD Sumbar DIM dan RPJMD Sumbar Daerah Is­timewa Mi­nang­kabau (DIM). Gagasan inilah yang dikirim­kan Dr. Mochtar Naim pribadi lewat surat ter­buka kepada Pem­da/Pemko/Pemprov Sumbar tanggal 13 Desem­ber 2014 lalu. Gagasan it...

Khas

Etek Niar, Penunggu Panorama Malalak Etek Niar, Penunggu Panorama Malalak SURGA KEINDAHAN Menyeduh hangatnya secangkir kopi atau teh di ketinggian dengan udara dingin terasa kadam. Ditemani mie gelas ataupun semangkok mie rebus ala Etek Niar yang maknyus, lengkap sudah keindahan dan keelokan Panorama Malalak yang sebagian...