Kamis, 05 Maret 2015

Menristek Dikti akan Resmikan Mega Proyek UNP

Haluan - Kamis, 05 Maret 2015 02:08

PADANG, HALUAN — Universitas Negeri Pa­dang  (UNP) akan meng­gelar empat Iven berse­jarah pada pekan ini. Iven itu dimulai, Jumat (7/3) dengan peletakan batu pertama mega proyek Islamic Development Bank (IDB), peresmian kolam renang bertaraf internasional, dilan­jut­kan dengan peresmian Sekolah Labor UNP dan pada Sabtu (8/3) acara wisuda periode Maret.

Pembantu Rektor III UNP Syahrial Bahtiar ditemui Haluan Rabu (4/3) di ruangannya mengatakan, untuk acara peletakan batu pertama proyek IDB, peresmian kolam renang dan peresmian sekolah labor UNP akan dila­kukan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menteri ristek dan Dikti) Prof Dr M Nasir.

Berita Lain:

Haluan Padang

Rampok Mengganas Lagi di Solok

Haluan - Kamis, 05 Maret 2015 02:08

Aksi perampokan kembali menghiasi Solok. Dalam sepekan, dua aksi perampokan melanda daerah penghasil beras itu. Korbannya, taoke dan penjual emas. Dalam beraksi, pelaku sama-sama menggunakan sepeda motor. Apakah pelaku dua peristiwa itu saling terkait?

SOLOK, HA­LUAN — Wi­layah So­lok tam­­paknya ja­di sa­sa­ran em­puk bagi pe­ram­pok. Setelah ber­hasil merampok tauke emas asal Muaro Pa­­neh, Su­­­miati, em­pat ha­­­ri la­­lu, ak­si se­rupa kembali terjadi, Ra­bu (4/3) kemarin sekitar pukul 14.30 WIB. Kali ini yang jadi korban adalah pen­jual biji emas asal Sijunjung Zulkifli. Pelaku, berhasil meng­­­gondol uang hasil pen­jualan biji emas itu senilai Rp280 juta.

Berita Lain:

Sumatera Barat

Riau & Kepri

Api Mulai Dekati Pemukiman Warga

Kamis, 05 Maret 2015 01:40

BENGKALIS DISELIMUTI KABUT ASAP

BENGKALIS, HALUAN — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabu­paten Bengkalis masih terus berlangsung. Hingga Selasa (3/3), sedikitnya masih terpantau sebanyak enam titik api yang tersebar di beberapa daerah.

Bah­kan di Dusun Tanjung Anom Desa, Tanjung Belit dan Kecamatan Siak Kecil, api bahkan sudah mulai men­dekati pemukiman warga.

Berita Lain:

Riau dan Kepri

 

Nasional

Pengamat: Kubu Hatta Enggan Bergabung ke Ketum Baru

Kamis, 05 Maret 2015 02:03

JAKARTA, HALUAN — Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang baru, harus segera merangkul kubu Hatta Rajasa. Hal ini karena pasca Kongres PAN, situasi internal partai masih belum kondusif.

Siti melanjutkan, efek dari komentar Amien Rais yang menyerang Hatta hingga kini masih terasa. Hal ini, terlihat dengan enggannya beberapa tokoh dari kubu Hatta bergabung masuk ke struktur PAN yang baru. Sehingga ia menilai kalau luka politik yang ada belum benar-benar tuntas.

Berita Lain:

Luar Negeri

Luar Negeri

Konglomerat AS Temukan Kapal Perang Jepang

Kamis, 05 Maret 2015 02:01

MANILA, HALUAN — Konglomerat Amerika Serikat, Paul Allen mengklaim berhasil menemukan kapal perang Jepang era Perang Dunia II. Kapal perang bernama Musashi itu ditemukan di dasar laut Filipina, selang 70 tahun setelah ditenggelamkan militer AS.

Allen yang juga co-founder Microsoft ini, memposting foto bangkai kapal dari dalam lautan di akun Twitternya pada Selasa (3/3). Foto tersebut menampilkan bagian haluan kapal yang memiliki segel krisantemum yang merupakan lambang kekaisaran Jepang, sehingga semakin membuktikan bahwa bangkai kapal tersebut memang benar Musashi. Seperti dilansir AFP, Rabu (4/3), miliarder AS ini menyebut kapal pesiar mewah miliknya yang juga memiliki fungsi penjelajahan, yang bernama M/Y Octopus berhasil menemukan Musashi di keda­laman 1 kilometer di dasar Sibuyan Sea, yang ada di wilayah Filipina.

Berita Lain:

Ekonomi dan Bisnis

Produksi Udang Ditarget 785.900 Ton

Kamis, 05 Maret 2015 01:44

JAKARTA, HALUAN — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ingin menjadikan Indonesia sebagai produsen udang terbesar di Asia dan bahkan di dunia. Untuk mencapai ambisi itu, pada tahun 2015 ini, KKP menargetkan produksi udang di Indonesia bisa mencapai 785.900 ton.

Target ini akan dicapai melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam (SDA) secara arif dan berkelanjutan.

Berita Lain:

Olahraga

All England, Hendra/Ahsan ke Babak Kedua

Kamis, 05 Maret 2015 01:54

Birmingham,Haluan — Pasangan ganda putra nomor satu Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil melangkah ke babak dua Yonex All England Open 2015, Rabu (4/3). Hendra/Ahsan mengalahkan ganda tuan rumah, Andrew Ellis/Peter Mills, dua game langsung, 21-9 dan 21-17.

Menang telak di game pertama, Hendra/Ahsan rupanya baru mendapat perlawanan di game kedua. Andrew/Peter sempat beberapa kali menyamakan angka, sebelum akhirnya kalah.”Di game pertama sepertinya mereka belum panas dan baru di game kedua mereka lebih siap menghadapi kami,” kata Ahsan.

Berita Lain:
 

Arsip


 

Pengunjung

Kami punya 597 tamu online

TAJUK

Waspada! 2 Kali Tauke Emas Jadi Incaran Perampok Orang-orang yang terkait dengan perdagangan emas tampaknya tengah menjadi incaran perampok. Dalam lima hari belakangan saja terjadi dua kali perampokan terhadap orang bisnisnya terkait dengan perdagan...

Opini

Menjamin Keamanan Dana Haji Sejak reformasi pe­ngelolaan keuangan haji digulirkan, dana haji mulai diinves­tasikan dalam produk per­bankan dan portofolio in­vestasi lainnya. Dengan inves­tasi ini, calon jamaah haji dapat me...

Refleksi

DIM dan Mentawai Serta Wilayah Budaya Minang Lainnya DIM dan Mentawai Serta Wilayah Budaya Minang Lainnya DIM yang kita ciptakan dari Provinsi Sumatera Barat sekarang ini, wilayah teritorialnya adalah itu juga. Tidak bertambah dan tidak dikurangi. Dan DIM, sebagaimana juga dengan da­erah-daerah provinsi ...

Khas

Panen Durian Gunungrajo Semusim Rp 3 Miliar Panen Durian Gunungrajo Semusim Rp 3 Miliar Siapa yang akan mengira jika musim panen gadang durian Gunungrajo  kecamatan Ba­tipuh kabupaten Tanah Da­tar  tahun ini  mampu meraup dana untuk  masyarakat sekitar Rp 3 miliar. Soalnya dalam sehari terjual sekitar 15 ribu buah dengan harga rat...