Senin, 20 April 2015

Cangkok Ginjal Sudah Bisa di RSUP M Djamil

Haluan - Senin, 20 April 2015 01:29

Mulai hari ini, RSUP M Djamil Padang sudah bisa melakukan transplantasi atau cangkok ginjal. Transplantasi pertama dilakukan kepada peserta BPJS.

PADANG, HALUAN — Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang beserta 9 rumah sakit lainnya di Indonesia ditunjuk oleh menteri kesehatan (menkes) sebagai pusat transplantasi (cang­kok) ginjal. Setelah menjalani rang­kaian persiapan, hari ini, Senin (20/4) transplantasi pertama akan dila­kukan oleh tim transplantasi RSUP M Djamil di bawah bim­bingan Tim Dokter Rumah Sakit Cipto Mangun­kusumo (RSCM). Transplantasi ginjal ini adalah yang pertama kali dilakukan di luar Pulau Jawa.

Berita Lain:

Haluan Padang

Sumbar Diprediksi Sulit Tekan Pengangguran

Haluan - Senin, 20 April 2015 01:26

PADANG, HALUAN — Guru besar Fakultas Ekonomi Unand Prof Elfindri memprediksi Sumatera Barat sulit mencapai target untuk menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) karena program tak ada nyata untuk mencapai target itu. Karenanya, kepala daerah harus berfikir ekstra untuk mencari formula membuka ruang lapangan pekerjaan.

Hal ini dikatakan Elfindri menanggapi Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum dan Plafon Anggaran Sementara APBD Sumbar 2015 yang disampaikan Gubernur Irwan Prayitno beberapa waktu lalu.

Berita Lain:

Sumatera Barat

Riau & Kepri

Imigran Asal Iran Kantongi KTP Pekanbaru

Sabtu, 18 April 2015 01:29

BERPROFESI SEBAGAI KONTRAKTOR

PEKANBARU, HALUAN — Disaat pelayanan administrasi kependudukan di Pekanbaru belum mampu memuaskan masyarakat, malah timbul persoalan baru. Diketahui, seorang imigran asal Iran justru mengantongi identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Pekanbaru.

Imigran tersebut bernama Behzad Sheydaei. Pemegang passport negara Iran dengan nomor : K30803398. Disana tertera kalau dirinya lahir di Tehran tanggal 13 Januari 1987. Dan diterbitkan pada 7 September 2014.

Berita Lain:

Riau dan Kepri

 

Nasional

Anies Tolak Moratorium UN

Senin, 20 April 2015 01:27

BANDUNG, HALUAN — Me­n­­­teri Pendidikan dan Ke­bu­dayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan kurang sepakat dengan usulan agar pemerintah melakukan moratorium ujian nasional (UN) karena selama 11 tahun pelak­sanaannya selalu ada soal yang bocor.

"Kalau menurut saya, so­lusi­nya yang harus di­perbaiki. Karena, apakah kita sudah sempurna dalam menjalankan ujian itu? Kemudian, apakah kalau belum sempurna lantas kita hentikan? Saya kira jangan fatalistik," kata Anies Bas­we­dan, di Bandung, Sabtu (18/4).

Berita Lain:

Luar Negeri

Luar Negeri

Hormati Hak Muslimah Berhijab

Senin, 20 April 2015 01:21

KETUA MAHKAMAH AGUNG INGGRIS

LONDON, HALUAN — Lord David Neuberger, Ketua Mahkamah Agung Inggris, menyeru warga Inggris me­nunjukan rasa keadilan dan pemahaman tentang budaya berbeda dengan meng­hor­mati hak Muslimah memakai cadar di pengadilan. “Ke­adilan di pengadilan adalah yang terbaik yang bisa kita lakukan,” ujar Lord Neu­berger, kini berusia 67, dalam pidato di depan Criminal Justice Alliance.

Neuberger juga mem­ba­has budaya, latar belakang agama yang berbeda, dan orang-orang yang mengharapkan keadilan. “Contoh terkenal adalah beberapa agama menganggap tidak pantas untuk mengambil sumpah,” ujarnya. “Bagaimana orang di pengadilan menganggap itu kasar. Atau bagaimana wanita meraa tidak pantas tampil di depan umum dengan wajah terbuka.”

Berita Lain:

Ekonomi dan Bisnis

Telkom Bagi Dividen Rp8,8 T

Senin, 20 April 2015 01:08

JAKARTA, Haluan — Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyetujui pembagian dividen sebesar Rp8,8 triliun. Dividen tunai sebesar Rp7,3 triliun atau sebesar Rp74,55 per lembar saham. Sementara spesial dividen sebesar Rp1,5 triliun atau sebesar Rp14,91 per lembar saham.

Dividen per lembar saham tersebut berdasarkan jumlah saham yang telah beredar, yaitu sebesar Rp98,18 miliar lembar saham dan akan dibayarkan secara sekaligus pada tanggal 21 Mei 2015 kepada para pemegang saham.

Berita Lain:

Olahraga

Edi/Gloria Kalah Dramatis

Senin, 20 April 2015 01:15

FINAL CHINA MASTERS

CHANGZHOU, HALUAN — Pasangan pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja gagal meraih medali emas di ajang Bonny China Masters 2015.

Satu-satunya wakil Merah-Putih itu tertunduk di tangan pasangan tuan rumah, Liu Cheng/Bao Yixin lewat rubber set, 18-21 21-15 dan 26-24. Meski demikian, duel sengit di­pe­ragakan pasangan Edi/Gloria. Di set pertama pa­sangan muda ini mengklaim ke­me­nangan dengan skor 21-18. Sayang, set kedua menjadi milik duet Liu Cheng/Bao Yixin yang langsung tampil menekan. Edi/Gloria bahkan harus be­kerja keras mengejar ke­tertinggalan. Namun, Dewi Fortuna seolah tak memihak kedua yang takluk 15-21.

Berita Lain:
 

Arsip


 

Pengunjung

Kami punya 211 tamu online

TAJUK

Cangkok Ginjal Pertama di RSUP M Djamil Sebagaimana dimuat pada berita headline halaman satu Harian Haluan edisi Senin (20/4), cangkok ginjal atau disebut juga dengan trans­plantasi ginjal sudah bisa dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat (RS...

Opini

Tubuh Bugar Demi Kelancaran Ibadah Haji Ibadah haji me­ru­pakan rukun Islam ke 5 yang ditunggu oleh semua muslim dan muslimah seluruh dunia. Bagaimana tidak, ibadah haji pasti merupakan impian dan cita-cita setiap muslim dan muslimah. Jem...

Refleksi

Australia Ancam Buka Rahasia... Australia Ancam Buka Rahasia... Seperti bocah “BG” alias kepa­dusian, kalau bertengkar dengan lawan, si BG (baca bege) akan mem­per­malukan lawannya dengan berba­gai hal yang memalukan. Dian­tara­nya membuka rahasia atau a...

Khas

Saat Ditemukan, Pintu Masuk Cuma Berdiameter 20 Cm Saat Ditemukan, Pintu Masuk Cuma Berdiameter 20 Cm LUBANG JEPANG DI BUKITTINGGI Kota Bukittinggi tidak hanya terkenal sebagai kota pen­didikan dan perdagangan na­mun juga terkenal sebagai kota wisata dan sejarah. Salah satu objek wisata dan sejarah yang terkenal di Bukittinggi bahkan sampai ke ...