Selasa, 27 Januari 2015

Baru Sepertiga Karyawan Hotel Punya Sertifikat

Haluan - Selasa, 27 Januari 2015 02:02

TANTANGAN BERAT SUMBAR MENGHADAPI MEA

PADANG, HALUAN — Pelak­sanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pertengahan 2015 merupakan tantangan berat bagi industri perhotelan Sumatera Barat. Saat ini, dari 6.000 karyawan perohelan baru 2.000 orang yang me­miliki sertifikat.

“Dengan demikian MEA akan memberi peluang besar bagi tenaga kerja asing, seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand untuk menyerbu hotel-hotel di Indonesia,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat Maulana Yus­ran saat dihubungi Haluan, Senin (26/1).

Berita Lain:

Haluan Padang

8,5 Persen Penduduk Pessel Masih Miskin

Haluan - Selasa, 27 Januari 2015 02:01

PAINAN, HALUAN — Angka kemiskinan di Pesisir Selatan turun dan tinggal 8,5 persen hingga awal tahun 2015. Semenjak tahun 2010 lalu, terjadi penurunan angka kemiskinan yang signifikan akibat sejumlah program pengentasan kemiskinan di daerah itu. Kedepan Pessel memerlukan pemimpin yang dapat melanjutkan pengentasan kemiskinan tersebut.

Sekda Pessel Erizon Senin (26/1) menyebutkan, awal tahun 2014 lalu angka kemiskinan di Pesisir Selatan masih 9 persen dari jumlah penduduk. Penurunan angka ini bahkan salah satu penyebab daerah ini keluar sebagai daerah tertinggal dari 182 kabupaten di Indonesia.

Berita Lain:

Sumatera Barat

Riau & Kepri

Jembatan Siak III Layak Digunakan

Selasa, 27 Januari 2015 02:01

AUDIT SIAK IV TUNTAS

PEKANBARU, HALUAN — Setelah hampir sebulan pascauji beban, Pusat Studi Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum akhirnya menyatakan Jembatan Siak III layak digunakan. Meski dite­mukan ada kerusakan, namun saat ini kondisinya dinilai sudah baik kembali karena sudah diperbaiki.

Tidak hanya itu, pembangunan Jembatan Siak IV yang meng­hu­bungkan Jalan Sudirman-Rumbai, saat ini juga sudah selesai proses auditnya di Badan Penga­wasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau. Hasilnya ditemukan kelebihan pembayaran kepada reka­nan sebesar Rp500 juta. Kelebihan itu sekarang sudah dikembalikan ke kas daerah.

Berita Lain:

Riau dan Kepri

 

Nasional

Fraksi di KIH Dukungan Penguatan DPD

Selasa, 27 Januari 2015 01:55

JAKARTA, HALUAN — Fraksi-fraksi yang terga­bung dalam Koa­lisi In­     donesia Hebat (KIH), yai­tu F-PDIP, PKB, NasDem dan Ha­nura, mendukung pe­nguatan kewenangan Dewan Perwakilan Dae­­­rah Republik In­donesia (DPD RI).

Demikian disam­paikan Ketua Fraksi PKB di MPR, Lukman Edy dalam rapat de­ngan pendapat umum (RDPU) dengan BPKK DPD RI yang dipimpin oleh Bambang Sadono dan Asri Anas di Gedung GBHN, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/1).

Berita Lain:

Luar Negeri

Luar Negeri

Paulina Vega Raih Mahkota Miss Universe

Selasa, 27 Januari 2015 01:53

KOLOMBIA, HALUAN —Ajang kecantikan dunia, Miss Universe, akhirnya me­mutus­kan Miss Kolombia, Paulina Vega, sebagai peraih mahkota Miss Universe 2014-2015.

Wajah bahagia terpancar, saat mahkota cantik dipasang di atas kepala Paulina. Seperti dilansir laman Reuters, selain Paulina Vega yang berhasil meraih gelar Miss Universe 2014-2015, Miss USA, Nia Sanchez, harus puas berada di posisi Runner Up 1, disusul oleh Miss Ukraina, Diana Harkusha, di posisi Runner Up 2, lalu Yasmin Verheijn (Belanda) di Runner Up 3 serta Keci Fennel asal Jamaika di posisi Runner Up 4.

Berita Lain:

Ekonomi dan Bisnis

SK Pensiun Dibarengi Dana Taspen

Selasa, 27 Januari 2015 01:33

LAYANAN PROAKTIF OTOMATIS

PADANG, HALUAN — Setelah tetap dipercaya pemerintah sebagai pengelola asuransi pensiun pegawai negeri, PT Taspen (Persero) terus membuka terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan. Salah satunya yakni layanan proaktif otomatis, dimana layanan ini jemput bola ke peserta Taspen dalam urusan pensiunannya.

“Kami paham bahwasanya pelayanan itu hal yang utama. Makanya kami terus berbenah memanjakan peserta Taspen dengan prinsip, cepat, mudah dan ramah,” kata Direktur Operasional PT Taspen (Per­sero), Ermanza didampingi Kepala Cabang Utama Taspen Medan, Herry Avianto, Kepala Cabang Taspen Padang, Jhon Irwan dan Humas Taspen Pa­dang, Alex usai pelaksanaan Raker Taspen Wilayah I Su­matera di Gedung Taspen Cabang Padang, Jalan Sudir­man Padang, kemarin.

Berita Lain:

Olahraga

Nil Langsung Pimpin Latihan

Selasa, 27 Januari 2015 01:41

PADANG, HALUAN—Setelah ditetapkan sebagai pelatih kepala Semen Padang, Nil Maizar langsung mengelar latihan perdana dengan para pemain Senin (26/1) dilapangan sepakbola Komplek Semen Padang.

Saat memimpin Hengki Ardiles CS latihan Nil tampil seperti biasanya , penuh se­mangat dan karakternya mele­dak-ledak terlihat jelas saat memotivasi dan memberi instruksi kepada para pemain dari pinggir lapangan.

Berita Lain:
 

Arsip


 

Pengunjung

Kami punya 202 tamu online

TAJUK

Seks Bebas Penyebab Utama HIV/AIDS di Sumbar Data Dinas Kesehatan Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan jumlah angka penderita HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome) terus meninggi. Meningkatnya kasus tersebut d...

Opini

Menilik Konflik KPK vs Polri Publik dikejutkan dengan di­te­tap­kan­nya calon tunggal Ka­polri Komjen Bu­di Gu­nawan (BG) sebagai tersangka oleh Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK). Tak lama berselang publik kembali dikej...

Refleksi

Simalakama Presiden Simalakama Presiden Presiden Joko Widodo bagaikan menghadapi dilema buah simalakama gara-gara mencalonkan Komjen Budi Gunawan sebagai Kaplori untuk menggantikan Jenpol Sutarman. Betapa tidak, di satu sisi calon yang dia...

Khas

Etek Niar, Penunggu Panorama Malalak Etek Niar, Penunggu Panorama Malalak SURGA KEINDAHAN Menyeduh hangatnya secangkir kopi atau teh di ketinggian dengan udara dingin terasa kadam. Ditemani mie gelas ataupun semangkok mie rebus ala Etek Niar yang maknyus, lengkap sudah keindahan dan keelokan Panorama Malalak yang sebagian...