Rabu, 26 November 2014

Lampu Kelok 9 Tunggu Izin BKSDA

Haluan - Rabu, 26 November 2014 02:36

PADANG, HALUAN — Jalan Kelok 9 masih akan bergelap-gelap, hal ini disebabkan pemasangan lampu jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) belum bisa dilakukan disebabkan belum mendapat izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat.

Kepala BKSDA Sumatera Barat Margo Utomo melalui kepala Tata Usaha (TU) BKSDA Sumbar Teguh ditemui Haluan Selasa (25/11) di ruangannya mengatakan, untuk pemasangan lampu jalan ini mesti harus melalui kajian dampak terhadap satwa yang berada di sekitar. Pihak BKSDA harus duduk semeja dengan PU untuk membahas hal ini.

Berita Lain:

Haluan Padang

Bukit Longsor, 8 Rumah Tergenang Air di Solsel

Haluan - Rabu, 26 November 2014 02:35

SOLSEL, HALUAN — Tak ada hujan, tak ada badai, di tengah cuaca panas, sebuah bukit di Jorong Sungai Manau, Nagari Pakan Rabaa Tangah, Keca­matan KPGD, longsor me­nim­bun Sungai Batiah, Selasa (25/11), sekitar pukul 15.00 WIB. Material longsor menghambat aliran air sungai sehingga meluap dan menggenangi 8 rumah warga, areal persawahan, hingga ke jalan lintas provinsi Padang-Solok Selatan.

Informasi peristiwa itu disampaikan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Solok Selatan (Solsel), Dalwison, saat dihubungi Haluan tadi malam.

Berita Lain:

Sumatera Barat

Riau & Kepri

3.500 Personel TNI Disiagakan

Rabu, 26 November 2014 02:09

BATAL DI PEKANBARU, PRESIDEN MENDARAT DI BIM

PEKANBARU, HALUAN—Sebanyak 3.500 personel Tentara Nasional Indonesia (TNI), akan disiagakan untuk pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Provinsi Riau, Rabu (26/11) ini.

Bahkan, pesawat kepre­sidenan yang ditumpangi RI 1 itu, berkemungkinan akan mendarat di Bandara Inter­nasional Minangkabau (BIM), jika batal mendarat di Pekan­baru.

Berita Lain:

Riau dan Kepri

 

Nasional

KPU Minta Tambahan Anggaran Pilkada Langsung

Rabu, 26 November 2014 02:26

JAKARTA, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) minta Komisi II DPR menambah anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah langsung di 196 kabupaten/kota dan delapan provinsi.

“Kami butuh tambahan anggaran untuk melaksanakan kewajiban atau tugas jika Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1/2014 disetujui,” kata Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Senin (24/11/2014).

Berita Lain:

Luar Negeri

Luar Negeri

Israel Akan Jadi Tanah Air Yahudi

Selasa, 25 November 2014 02:52

KABINET SETUJU

TEL AVIV, HALUAN — Peme­rin­tah Israel menyetujui proposal kontroversial yang akan mengu­bah negara itu menjadi tanah air Yahudi. Muncul pertanyaan, bagai­mana dengan warga non-Yahudi; Arab, Druze, Aram, dan etnis lainnya.

Persetujuan diambil lewat voting. Sebanyak 14 anggota kabinet menyetujui proposal itu. Enam lainnya menolak.

Berita Lain:

Ekonomi dan Bisnis

UMKM Masih Ragu Pinjam Modal ke Bank

Rabu, 26 November 2014 02:14

NUSA DUA, HALUAN — Banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih ragu-ragu meminjam dana ke Bank untuk modal usahanya. Survei yang dilakukan bidang edukasi dan perlindungan konsumen Otoritas Jasa Keuangan menunjukkan, hanya 7 persen UMKM dengan dana terbatas yang memutuskan untuk meminjam uang ke Bank untuk memuluskan jalannya bisnis perusahaan.

Komisoner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono menjelaskan, selain jaminan yang tidak mampu dipenuhi, banyak UMKM juga enggan menggunakan jasa Bank karena persyaratan yang rumit.

Berita Lain:

Olahraga

Indonesia Buat Sejarah Kelam

Rabu, 26 November 2014 02:21

PIALA AFF : INDONESIA VS FILIPINA 0-4

HANOI, HALUAN — Timnas Indonesia membuat sejarah kelam ketika menghadapi Filipina Selasa (25/11) dalam babak penyisihan Piala AFF. Indonesia kalah dengan skor telak 4-0. Dari 23 kali pertandingan sebe­lumnya, Indonesia meraih kemenangan sebanyak 21 kali dan dua kali imbang.

Kekalahan ini membuat peluang Tim Garuda ke babak semifinal menipis. Pelatih tim nasional Indonesia Alfred Riedl mengaku sudah dikejutkan Filipina meski awalnya sempat optimistis. Riedl mengakui timnya sudah tertinggal dari lawan dalam hal fisik dan persiapan menyusun tim. “Sebelumnya saya pikir kami bisa menantang tim ini. Tapi seiring laga terlihat jelas kami tertinggal secara fisik,” kata Riedl.

Berita Lain:
 

Arsip


 

Pengunjung

Kami punya 329 tamu online

TAJUK

Meningkatkan Kualitas Guru Selamat Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-69. Di Indonesia setiap tanggal 25 November diperingati Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi. Hanya saja dirayakan dal...

Opini

Swasta pun Dapat Jaminan Pensiun Lelah be­kerja di saat muda harusnya ter­bayar lunas dengan ke­bahagiaan dan kete­nangan di masa tua. Namun tidak demikian halnya dengan Pak Hasan yang hidupnya kini luntang-lantung ketika dirinya...

Refleksi

Kembali ke Surau, Kembali Bernagari Kembali ke Surau, Kembali Bernagari Di Minangkabau, boleh tidak ada kerajaan, tetapi tidak mungkin tidak ada nagari. Nagari itulah yang menjadi “republik-re­pu­blik kecil” (pe­tites repu­bli­ques) yang me­ngisi Luhak dan Ranta...

Khas

Etek Niar, Penunggu Panorama Malalak Etek Niar, Penunggu Panorama Malalak SURGA KEINDAHAN Menyeduh hangatnya secangkir kopi atau teh di ketinggian dengan udara dingin terasa kadam. Ditemani mie gelas ataupun semangkok mie rebus ala Etek Niar yang maknyus, lengkap sudah keindahan dan keelokan Panorama Malalak yang sebagian...