Jumat, 25 April 2014
Rubrik Daerah
Kemiskinan Belum Teratasi PDF Cetak Surel
Jumat, 03 Agustus 2012 01:45

RISET KEMENSOSRITEK RI

LUBUK SIKAPING, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Pasaman mendukung langkah yang dilakukan dalam percepatan pelaksanaan prioritas pembangunan, seperti daerah tertinggal dan kemiskinan. Karena sesuai dengan hasil validitasi pendataan masih banyak KK miskin yang belum tersentuh sama sekali.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim dari Kementrian Sosial dan Kementrian Riset dan Teknologi RI, sesuai dengan Puslitbang Kesos tahun 2011, jumlah keluarga miskin yang cukup tinggi di daerah tertinggal terdapat di Kenagarian Tarung-Tarung Rao mencapai 30 persen.

 
Tiga Miliar Dana Jamkesmas/Jampersal Terancam Gagal PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Agustus 2012 02:34

RANPERDA DITOLAK DPRD

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Klaim Dana Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkes­mas) dan Jaminan Persalinan (Jampersal) untuk masyarakat miskin di Padang Paria­man terancam gagal.

Hal tersebut disebabkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Retribusi Layanan Kesehatan yang diu­sulkan eksekutif ditolak DPRD.

 
Pembagian Beras Raskin Ditunda PDF Cetak Surel
Kamis, 02 Agustus 2012 02:33

BATUSANGKAR, HALUAN — Akibat pem­bagian Beras Miskin (Raskin) tidak tepat sasaran, membuat masyarakat Kenagarian Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar merasa kecewa dan meminta pemerintahan nagari menunda pendis­tribusiannya.

Anehnya, warga yang be­nar-benar miskin bahkan melarat, justru harus mengal­ah oleh keluarga yang dinilai tidak berhak menerima ban­tuan beras pemerintah ter­sebut. “Hal ini sudah sering kita protes kepada peme­rintahan nagari tentang pem­bagian yang tidak merata dan ter­kesan sering dinikmati oleh kelompok yang tidak berhak menerimanya,” ujar Surahmi (38) salah seorang warga Nagari Balimbing kepada Haluan, Selasa (31/7) yang kecewa dengan tindakan tersebut.

 
Standar Kesehatan Makanan Tak Terpenuhi PDF Cetak Surel
Rabu, 01 Agustus 2012 02:37

SURVEI PASAR

PARIAMAN, HALUAN — Hasil survei pasar oleh tim yang digelar Dinas Koperindag Kota Pariaman,  di Pasar Pariaman, Kamis (26/7), menemukan sejumlah bahan makanan yang diduga tidak memenuhi syarat kesehatan dijual sejumlah pedagang.

Tim gabungan dipimpin Yaminu Rizal didampingi Kadis Koperindag Sumiramis, Kadis DKP Yanrileza, Kadis Kesehatan  Yandra Fery,   Kepala UPT Keswan Anang Yusuf,  Kabag Humas Sekdako dan sejumlah anggota Tim Teknis lainnya.

 
Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 7,2 Persen PDF Cetak Surel
Rabu, 01 Agustus 2012 02:36

RPJP 2005-2025

PAINAN, HALUAN Rencana Pem­ba­ngunan Jangka Panjang (RPJP 2005-2025) Pessel target­kan pertumbuhan ekonomi 7,2 persen setahun.

Upaya pencapaian target pertumbuhan ekonomi sesuai RPJP sudah melai menun­jukkan hasil.

 
Pahami UKG Secara Filosofi PDF Cetak Surel
Rabu, 01 Agustus 2012 02:35

SIJUNJUNG, HALUAN — Ujian Kompetensi Guru (UKG) sangat bermanfaat sekali. Dampak dari program Kementerian Pendidikan Nasional tersebut terhadap kesiapan siswa, untuk menghadapi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN).

Itu sebenarnya filosofi dari UKG tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, Drs. Efigon kepada Haluan (31/7). Kepala Dinas menyampaikan rasa tidak kecewanya terkait 1.100 orang guru yang tidak bisa mengikuti UKG terkait permasalahan jaringan internet.

 
Tapal Batas Belum Tuntas PDF Cetak Surel
Selasa, 31 Juli 2012 01:36

SOLOK, HALUAN—Persoalan tapal batas wilayah Kabupaten Solok dengan kabupaten tetangga seperti dengan Tanah Datar atau Sawahlunto, bila didiamkan oleh pemerintah setempat bisa jadi bom waktu yang memicu terjadinya konflik horizontal.

Salah satunya adalah permintaan masyarakat Na­gari Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih, yang berharap Bupati Solok segera mem­bangun gerbang tapal batas nagari mereka dengan nagari tetangganya Malalo di wilayah Kabupaten Tanah Datar.

 
Realisasi Pengembangan Kakao 91,55 Persen PDF Cetak Surel
Selasa, 31 Juli 2012 01:35

PASBAR, HALUAN — Realisasi penggunaan anggaran untuk kegiatan pengembangan mutu kakao fermen­tasi di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) meng­guna­kan dana bantuan APBN 2011 terealisasi 91,55 persen.

Kegiatan tersebut dilaksa­nakan melalui program peningka­tan nilai tambah, daya saing, pemasaran dan ekspor oleh Dirjen Pengolahan dan Pengem­ba­ngan Hasil Pertanian Kemen­terian Pertanian, kata Guber­nur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Senin.

 
Izin HO Diawasi PDF Cetak Surel
Senin, 30 Juli 2012 01:57

PADANG PANJANG, HALUAN — Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Padang Panjang melakukan pengawasan izin gangguan lingkungan atau Hinder Ordonnantie (HO) terhadap pelaku usaha yang ada di daerah itu.

“Pengawasan ini kita la­kukan guna memberikan kenyamanan dan sekaligus memberikan pembinaan terha­dap pelaku usaha yang belum mengurus izin gangguan,” kata kepala Diskoperindag Kota Padang Panjang Reflis, Rabu.

 
Solsel Tidak Memiliki Pasar Pabukoan PDF Cetak Surel
Senin, 30 Juli 2012 01:56

SOLSEL, HALUAN — Bulan Ramadan identik dengan bermunculan pedagang dadakan yang menjual beragam menu untuk berbuka puasa.

Biasanya, pemerintah daerah melalui Dinas Kope­rindag menye­diakan tempat khusus, namun berbeda di Kabupaten Solok Selatan.

Pengamatan Haluan di bebe­rapa tempat di Solok Selatan, ada sekelompok masyarakat yang menjajakan menu berbuka puasa di tepi jalan dekat perumahan padat masyarakat, dan di pasar-pasar. Tidak ada tempat khusus yang disediakan pe­merintah daerah bukan berarti masyarakat yang menye­diakan menu buka puasa tidak ada. Mereka peda­gang dada­kan dan sungguhan tumbuh secara alami, tidak diren­canakan dengan matang oleh Dinas Koperindag setempat.

 
<< Mulai < Sebelumnya 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL