Sabtu, 19 April 2014
Rubrik Daerah
Kesenian Talempong Botuong Bertahan PDF Cetak Surel
Sabtu, 28 Juli 2012 01:59

DI SILUNGKANG

SAWAHLUNTO, HALUAN — Mungkin tidak banyak yang tahu, jika bambu juga bisa digunakan sebagai alat musik selain angklung. Warga Sungai Cacang, kawasan Sawah Darek Silungkang Kota Sawahlunto, malah menjadikan bambu sebagai alat kesenian tradisional.

Adalah Talempong Botu­ong, alat kesenian tradisional berbahan dasar bambu, yang digunakan warga Sungai Ca­cang Silungkang sebagai alat musik tradisional, dalam mengisi kesenian daerah mereka.

 
2013, Dana P2BN Dianggarkan Rp10 Miliar PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Juli 2012 02:12

PASAMAN, HALUAN — Penggunaan dana partisipatif berbasis nagari yang dikucurkan kepada masyarakat diharapkan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman, Benny Utama dalam acara penyerahan buku rekening dana stimulan partisi­patif berbasis nagari di Badan Pemberdayaan Masyarakat, Kabupaten Pasaman, Senin (23/7).

 
Warga Kecewa, Air PDAM Sering Mati PDF Cetak Surel
Jumat, 27 Juli 2012 02:11

SOLOK, HALUAN — Warga Kota Solok mengeluhkan seringnya air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solok mati di daerah mereka.

“Air PDAM Kota Solok sering mati di sini. Terkadang matinya sampai berhari-hari sehingga warga kesulitan untuk air minum, mandi dan buang air,” kata Ketua RW II Kelurahan Pasar Pandan Air Mati (PPA) Kota Solok, Yuakrizal saat menerima keda­tangan Tim Safari VIII Pemerin­tah Kota Solok di Masjid Nurul Amal, Kelurahan PPA, Rabu malam (25/7).

 
Lumpur Diolah Jadi Emas dan Perak PDF Cetak Surel
Kamis, 26 Juli 2012 02:30

BATUSANGKAR, HALUAN — Bermodalkan penga­la­man melanglang buana di perantauan sebagai pekerja limbah, Suris­man (51) warga Jo­rong Labu­ah Ateh Nagari Limo Kaum Kecamatan Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar mengolah lumpur hasil limbah menjadi emas dan perak.

Rasanya sangat mustahil jika limbah lumpur bisa dijadikan emas dan perak, namun itulah yang dibuktikan Surisman, dengan memanfaatkan limbah lumpur hasil penambangan dan diolah lagi dengan mengunakan teknologi ia dapat menemukan emas dan perak sekitar 30 gram emas murni dan perak dari 8 ton limbah lumpur tersebut.

 
PT IKJN Belum Perbaiki Jembatan yang Rusak PDF Cetak Surel
Kamis, 26 Juli 2012 02:30

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Hingga kini, belum ada tanda-tanda PT Ikhlas Jaya Karya Nusa untuk memperbaiki jembatan Sawah Rawang Nagari Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam, yang rusak oleh kelalaian perusahaan tersebut pada 19 Juni 2012.

Seperti diberitakan, jembatan ini runtuh karena dilewati oleh truk yang bermuatan alat berat milik PT Iklas Jaya Karya Nusa (IJKN) yang akan melakukan proyek normalisasi sungai Batang Naras. Karena jembatan yang dilewati hanya berkapasitas 5 ton, jembatan tersebut  ambruk bersama truk dan alat berat.

 
24 Bangunan Tak Punya IMB PDF Cetak Surel
Rabu, 25 Juli 2012 02:16

MONITORING DI 3 KECAMATAN

PARIAMAN, HALUAN — Hasil sementara monitoring dan evaluasi perizinan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang dilakukan Kantor Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Kota Pariaman, selama Juni 2012, untuk sementara di tiga kecamatan, terdapat sejumlah bangunan yang belum memiliki IMB.

Menurut Kepala Kantor Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Kota Pariaman, Alfian kepada Haluan (Selasa, 24/7), di Kecamatan Pariaman Utara  ada 15 bangunan yang belum memiliki IMB, 10 bangunan dalam proses pengurusan izin IMB.

 
8 Titik Rawan Longsor PDF Cetak Surel
Rabu, 25 Juli 2012 02:13

PAINAN, HALUAN—Nagari Limau Gadang, Bayang Utara masih dihadapkan pada sulitnya medan untuk keluar masuk nagari.

Jalan utama di nagari baru mekar tersebut kondisinya memprihatinkan. Bahkan pada beberapa titik meru­pakan kawasan yang rawan longsor. Sejumlah titik terin­dikasi sangat rawan longsor di dua kampung bertetangga itu.

 
Ramadan, Stok Sembako Diprediksi Mencukupi PDF Cetak Surel
Rabu, 25 Juli 2012 02:10

SIJUNJUNG, HALUAN — Stok bahan pangan, terutama semba­ko (sembilan bahan pokok) di wilayah Kabupaten Sijunjung selama Ramadan hingga leba­ran dalam kondisi mencukupi.

“Kecil kemungkinan terjadinya kelangkaan bahan pangan hingga Idul Fitri,” ujar Kepala Dinas Koperindag, Yofritas di Muaro Sijunjung, Senin (23/7). Meski kebutuhan bahan pangan mencukupi sampai lebaran mendatang, namun Yofritas mengakui, sempat terjadi kenaikan harga bahan pangan di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kabupaten Sijunjung menjelang Ramadan.

 
Rp150 Juta Bantuan Pemda Dicairkan PDF Cetak Surel
Selasa, 24 Juli 2012 02:06

RAMADAN

PASBAR, HALUAN—Selama Ramadan 1433 H, Pemda Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar)  mencairkan bantuan dana sebesar Rp150 juta untuk 26 masjid. Bantuan pemerintah untuk rumah ibadah itu disalurkan melalui kunjungan tim ramadan kabupaten ke setiap masjid. Tahun 1433 H, Pemda Pasbar membentuk delapan tim, dan satu tim khusus.

 
Ditargetkan Tuntas Tahun 2015 PDF Cetak Surel
Selasa, 24 Juli 2012 02:04

INFRASTRUKTUR JALAN

SOLOK, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Solok  menargetkan menuntaskan seluruh pem­bangunan infrastruktur jalan pada 2015. “Kita menargetkan sampai 2015 seluruh jalan yang ada di kabupaten Solok, ter­masuk di kawasan daerah teri­solasi, sudah dibenahi dan bisa dilalui kendaraan,” kata Wakil Bupati Solok, Desra Ediwan Anantanur di Arosuka, Minggu.

Menurut dia, upaya yang akan dila­kukan pemerntah adalah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan pemerintah pusat untuk mendapatkan kucuran dana sehingga bisa dimanfaatkan untuk membenahi infra­struktur jalan terutama di daerah terisolasi.

 
<< Mulai < Sebelumnya 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL