Kamis, 05 Maret 2015
Haluan Padang
Diguncang Gempa 6 SR, Warga Sempat Panik PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:19

PADANG, HALUAN — Gempa kembali meng­guncang Sumbar sekitar pukul 17.37 WIB, Selasa (3/3). Dari catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut ber­kekuatan 6 SR, yang terjadi di wilayah 179 kilometer barat daya Pariaman di lokasi 0.84 LS-98.52 BT, dengan kedalaman 26 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Untuk di Pariaman dan Kota Padang, gempa tersebut cukup kuat dirasakan warga, dengan skala IV MMI (Modified Mercally Intensity). Da­lam skala ini, gempa dirasakan oleh orang banyak. Getaran gempa pada skala ini juga bisa memecahkan kaca dan mem­buat dinding berderik. Bahkan kendaraan roda empat yang berhenti bisa ikut berayun.

 
Giliran KPP Tolak Padang Landmark PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:19

PADANG, HALUAN — Ge­lombang penolakan pem­ba­ngunan Padang Landmark di Jalan Khatib Sulaiman ber­gulir kembali. Kali ini pe­nolakan ter­sebut datang Ke­satuan Pe­dagang Pasar (KPP) dengan dalih Padang Landmark akan mematikan sektor usaha pe­dagang UMKM di Padang.

Hal itu dikatakan Se­kre­taris KPP, Irwan Sofyan. Me­nu­rutnya, penolakan tersebut murni karena alasan pe­re­ko­nomian rakyat kecil. “Ti­dak ada unsur politis ataupun un­sur lainnya di belakang pe­nolakan ini. Apa yang diper­juangkan oleh KPP ini adalah untuk melindungi pedagang-pedagang kecil dan pedagang di sektor usaha lainnya. De­ngan kehadiran mall atau se­jenisnya pasti akan berdampak luas bagi pedagang kecil,” tegasnya.

 
ORI Tahap Satu 81 persen, Tahap Dua Baru Dimulai PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:11

UPAYA PENCEGAHAN DIFTERI

PADANG, HALUAN – Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus menggencarkan Outbreak Response Immunization (ORI) atau pemberian Imunisasi Difteri Pertusis Tetanus (DPT) terhadap anak-anak berusia 2 bulan hingga 15 tahun. Hingga awal Maret, imunisasi masal tahap pertama sudah rampung sebanyak 81 persen, sedangkan tahap kedua sudah mulai dilakukan di beberapa lokasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, dr. Eka Lusti mengatakan, perbedaan jadwal pemberian imunisasi DPT tahap pertama di setiap lokasi menjadi alasan mengapa di beberapa tempat sudah dilakukan imunisasi tahap kedua, sedangkan di sebagian kecil daerah lainnya belum sama sekali dilakukan imu­nisasi massal.

 
Anggota DPR Wajib Miliki Rumah Aspirasi PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:11

MASYARAKAT DIMINTA IKUT MEMANTAU

PADANG, HALUAN — Se­tiap anggota DPR RI, wajib memiliki Rumah Aspirasi di daerah pemilihan ma­sing-masing. Hal ini jelas menjadi se­bu­ah ke­ha­ru­san. K­a­rena bagi setiap wa­­kil rakyat yang ber­ka­n­tor di Senayan itu, sudah di­alo­kasikan ang­ga­ran khusus un­tuk pengadaan Ru­mah Aspirasi, yang masing-ma­singnya men­da­pat­kan se­besar Rp150 juta per­ta­hun, atau sekitar lebih kurang Rp12,5 juta perbulan.

Ketua DPW PKB Sum­bar, Febby Dt Bangso men­jawab Haluan mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya rencana pengadaan Rumah Aspirasi oleh setiap anggota DPR sesuai daerah pemilihan itu. Selain akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspi­rasinya, keberadaan rumah tersebut juga akan semakin me­n­de­kat­­kan hubu­ngan an­tara wakil rakyat dengan kon­s­tituen­nya.

 
Rokok Pemicu Utama Resiko Sakit Jantung PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:10

PELANTIKAN KETUA YAYASAN JANTUNG CABANG PADANG

PADANG, HALUAN — Ketua Pengurus Harian Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Padang, Ny. Hj. Harneli Mah­yeldi menyatakan, kese­riu­sannya dalam men­so­sia­lisa­sikan gaya hidup sehat tan­pa merokok.

Karena, me­nurutnya, hing­ga kini rokok masih men­jadi pemicu utama resiko sakit jantung, selain minuman keras dan makanan berlemak, serta kolesterol tinggi.

 
Dua Minggu Beroperasi, Pangkalan Angkot Masih Diawasi PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:10

PADANG, HALUAN — Setelah beroperasi pada 24 Februari lalu, pangkalan angkot di samping Gedung Balaikota lama masih perlu diawasi. Karena, masih ada angkot yang keberatan untuk masuk ke pangkalan tersebut. Padahal seluruh angkot jurusan timur dan selatan, wajib masuk ke pangkalan angkot dan ke luar di samping kantor Polresta Padang.

Pantauan Haluan di lokasi, Selasa (3/3), tim dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) masih terus mengawasi angkot. Mereka sibuk mengarahkan para sopir, untuk masuk ke dalam pangkalan angkot. Para sopir pada dasarnya tidak dibenarkan menaik turunkan penumpang di jalan, tapi harus di pangkalan angkot. Namun, masih ada sopir yang menurunkan penumpang di depan kantor Balaikota Lama, walaupun petugas masih ada.

 
Februari 2015, Padang Mengalami Deflasi PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:09

PADANG, HALUAN — Pada Februari 2015, Kota Padang mengalami deflasi sebesar 2,07 persen dan Kota Bukittinggi juga mengalami deflasi sebesar 2,35 persen.

Dari 23 Kota IHK di pulau Sumatera, seluruh kota mengalami deflasi. Deflasi tertinggi terjadi di Kota Bukittinggi dan terendah di Kota Bandar Lampung sebesar 0,29 persen. Kota Padang menduduki posisi kedua dari seluruh kota yang mengalami deflasi di Sumatera maupun nasional.

 
976 Kendaraan Langgar Marka Jalan PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:09

PADANG, HALUAN — Taatilah pera­turan berlalu lintas, agar kese­lamatan diri di jalan raya ter­jaga. Salah satu program lalu lintas pada awal 2015 adalah dengan menaati marka jalan, yang sudah ber­lang­sung pada Januari-Fe­bruari lalu.

Selama dua bulan pro­­gram marka jalan, su­­dah ter­catat se­ba­nyak 976 ken­daraan yang me­langgar mar­ka jalan di Kota Padang, baik itu kendaraan pribadi mau­pun angkutan kota (Ang­kot). Sekian pelanggaran tersebut ter­catat, yakni Januari sebanyak 411 dan Fe­b­ruari sebanyak 565 yang telah melanggar.

 
Zulkifli Menang, Fauzi ‘Bangkit’ PDF Cetak Surel
Selasa, 03 Maret 2015 02:38

Kemenangan Zulkifli Hasan dalam perebutan kursi Ketua Umum DPP PAN berpengaruh di Sumbar. Kondisi ini membuka peluang bagi mantan Walikota Padang Fauzi Bahar untuk mendapatkan kepercayaan PAN menuju Sumbar 1.

PADANG, HALUAN — Terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum DPP PAN periode 2015-2020 mem­bawa dampak di Sumbar. Pihak-pihak yang mendukung Zulkilfi Hasan di­yakini akan mendapat keun­tu­ngan dan mere­ka yang berseberangan menanggapi dingin,  bahkan me­ngam­bil langkah hing­ga keluar dari biduk partai pe­ngusung se­ma­ngat reformasi ini.

 
Kenaikan LPG 12 Kg Belum Pengaruhi Permintaan PDF Cetak Surel
Selasa, 03 Maret 2015 02:31

PADANG, HALUAN — Ter­hitung 1 Maret 2015 tidak hanya Bahan Bakar Minyak (BBM) yang naik, tapi juga Liquefied Petroleum Gas (LPG) kemasan 12 kilogram (kg) mulai 1 Maret 2015 naik Rp 5.000 per tabungnya.

Jika sebelumnya, harga LPG 12 kg hanya Rp135.000 jika dijemput ke agen dan jika dian­tar ke alamat menjadi Rp140.000 per tabungnya. Un­tuk harga sekarang jika dijem­put ke agen Rp140.000 dan jika diantar ke alamat menjadi Rp145.000 per tabungnya.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL