Jumat, 29 Agustus 2014
Haluan Padang
Naikkan Saja Harga BBM PDF Cetak Surel
Kamis, 28 Agustus 2014 02:25

KEBIJAKAN PEMERINTAH KONTRADIKTIF

PADANG, HALUAN — Kebijakan pembatasan BBM bersubsidi dinilai kontradiktif dengan kebijakan lain yang terdahulu seperti program mobil murah atau low cost green car (LCGC).

Program LCGC tersebut selain mendapatkan subsidi perpajakan, para pengguna yang umumnya kalangan ekonomi kelas menengah ke bawah, juga  menggunakan BBM bersubsidi.

 
BBM Ngadat, Pelajar Telat PDF Cetak Surel
Kamis, 28 Agustus 2014 02:15

PADANG, HALUAN — Ulah kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, para pelajar pun banyak yang terlambat datang ke sekolah. Selain karena harus antre untuk men­dapatkan BBM kendaraannya, angkutan umum yang beroperasi pun berkurang karena ketiadaan BBM.

Dari pantauan Haluan di lapangan, Rabu (27/8) hingga pukul 08.30 siswa masih banyak siswa berdiri di pinggir jalan menunggu angkutan.

 
1.023 Jemaah Haji Dilepas PDF Cetak Surel
Kamis, 28 Agustus 2014 02:13

PADANG, HALUAN — Sebanyak 1.023 jemaah calon haji (JCH) Kota Padang dilepas oleh Pemko Padang. Pelepasan dipimpin Wakil Walikota Padang Emzalmi Rabu (27/8) di Masjid Nurul Iman.

“Semoga selamat pergi dan selamat pulang, dan lancar segala rukun haji di Tanah Suci Makkah nanti sehingga memperoleh haji yang mabrur,” ungkap Wakil Walikota Padang Emzalmi dalam sam­bu­tannya.

 
Warga Berharap Sambungan PDAM PDF Cetak Surel
Kamis, 28 Agustus 2014 02:12

KELURAHAN LUBUK BUAYA

PADANG, HALUAN —Masya­rakat RT 04, RW 19, di Kelura­han Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah  berharap  men­dapatkan sambungan air  PDAM.

Mereka sudah mengajukan ke pihak PDAM, tapi hingga kini belum juga ada jawaban dari PDAM. Pa­dahal Masyarakat sangat mem­butuh­kan air bersih untuk berbagai keperluan sehari-hari seperti untuk minum,mandi dan mencuci pakaian.

 
Penghuni Rusunawa Didata Ulang PDF Cetak Surel
Kamis, 28 Agustus 2014 02:10

PADANG, HALUAN — Dinas Tata Ruang Tata Bangun dan Perumahan (DTRTBP) Kota Padang akan melakukan pendataan ulang terhadap penghuni rusunawa. Pendataan ini dilakukan untuk meminimalisir tunggakan uang sewa oleh penghuni rusunawa. Hal ini diungkapkan Kepala DTRTBP Kota Padang Afrizal BR, kemarin.

“Kita akan kembali mendata ulang siapa saja yang menempati rusunawa, ini dilakukan terkait tunggakan uang sewa oleh penghuni rusunawa,” tuturnya. Ditambahkannya, tunggakan uang sewa oleh penghuni rusunawa mencapai 50 persen dari penghuni rusunawa saat ini. Belum diketahui alasan tertunggaknya pembayaran uang sewa ini.

 
PKS dan Gerindra Lanjutkan Koalisi PDF Cetak Surel
Rabu, 27 Agustus 2014 02:28

PILGUB SUMBAR 2015

PADANG, HALUAN — Meskipun masih sekitar satu tahun lagi digelar pemilihan gubernur di Sumatera Barat, publik sudah mulai mencari-cari siapakah calon gubernur beserta wakil yang cocok untuk memimpin Sumbar lima tahun ke depan.

Di Kota Serambi Mekkah, nama mantan Walikota Padang Panjang yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Suir Syam disebut-sebut sebagai orang yang pantas memipin Sumbar lima tahun ke depan. Namun, siapakah wakilnya? Semuanya masih jadi teka-teki. Dalam pembicaraan di tengah masya­rakat, kuat disebut PKS akan berkoalisi dengan Gerindra.

 
Pemprov Kembali Panggil Pemko Padang PDF Cetak Surel
Rabu, 27 Agustus 2014 02:27

PEMBEBASAN JALUR DUA BYPASS

PADANG, HALUAN—Menyelesaikan karut-marut pembebasan jalur dua Bypass Padang,  Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali mengundang Pemko Padang untuk menyelesaikan 61 persil lahan yang masih menjadi sengketa hingga saat ini.

Kepala Biro Pe­merinta­han Setdaprov Sumbar Mardi mengatakan, rapat tersebut akan membahas sejumlah kebijakan untuk pembebasan lahan jalur dua Bypass yang harus tuntas. Sebab, pengerjaan fisik akan dimulai pada akhir Agustus 2014 ini. Pemprov sendiri melihat, Pemko Padang sedikit gamang menghadapi kondisi ini sehingga sering­kali bertahan pada kondisi sepakat untuk tidak sepakat. Karena itu, diharapkan, bisa bertindak tegas dalam mengambil kebijakan.

 
Sala Lauak Menunggu Pengakuan PDF Cetak Surel
Rabu, 27 Agustus 2014 02:25

2015, DIUSULKAN JADI KARYA BUDAYA

PADANG, HALUAN — Sala lauak, yang diyakini sebagai salah satu kuliner tradisional warisan leluhur Minangkabau, akan diusulkan sebagai bagian dari karya budaya asal Ranah Minang. Setidaknya, proses penelitian panjang untuk meleng­kapi naskah jelang pengusulan kepada pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, telah dilakukan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Pa­dang, sejak tahun 2009 lalu.

Peneliti sejarah pada BPNB Padang, Undri, M.Si kepada Haluan menga­takan, dipilihnya sala lauak untuk diusulkan sebagai salah satu jenis kuliner tra­disional karya budaya Minang­kabau, antara lain didasarkan pada nilai historis dan sejarah perkembangan sala lauak, yang diyakini berasal dari daerah Pariaman/ Padangpariaman, Sumbar. Bahkan dalam per­jalanan­nya, sala lauak juga sudah menjadi ikon tersendiri bagi kota tabuik tersebut.

 
Mengurus Pajak Kendaraan Tanpa Ribet PDF Cetak Surel
Rabu, 27 Agustus 2014 02:20

JASA PERCALOAN DI SAMSAT

PADANG, HALUAN — Calo masih bisa ditemukan di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Padang. Berdasarkan pantauan Haluan, Selasa (26/8) di kantor Samsat Jl. Rasuna Said No.74 tersebut, masih banyak masyarakat yang mengurus dokumen kendaraan bermotor dengan menggunakan jasa calo.

Endra (34), warga Kampung Jua yang datang untuk mengurus pajak kendaraan bermotor, menga­kui kalau dirinya menggunakan jasa calo untuk mengurus pajak, alasannya karena mengurus dengan calo lebih cepat selesainya daripada harus mengurus sendiri.

 
Jembatan Batu Busuk Hampir Rampung PDF Cetak Surel
Rabu, 27 Agustus 2014 02:19

PADANG, HALUAN — Pengerjaan jembatan baru Batu Busuk yang menghubungkan Desa Batu Busuk di Kelurahan Lambung Bukik dan Desa Koto Tuo di Kelurahan Kapalo Koto hampir rampung.

Pantauan Haluan pada hari Selasa (26/8) terlihat pengerjaan jembatan sudah sampai pada tahap penyelesaian, tinggal bagian pintu pada kedua sisi jembatan  saja yang masih dikerjakan.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL