Minggu, 01 Februari 2015
Haluan Padang
KIH Solid, KMP Pecah di Sumbar PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 03:09

MENGHADAPI PILGUB

PADANG, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menentukan jadwal pasti Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar me­nyusul akan berakhirnya masa bakti pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim tahun 2015. Hanya saja, sejumlah calon dan partai politik sudah ambil ancang-ancang untuk menghadapi pesta demokrasi tingkat Sumbar ini.

Beberapa nama dan partai perlahan mulai terang-terangan soal calon yang akan mereka usung, termasuk langkah-langkah awal. Lihat saja di sejumlah wilayah strategis di Sumbar yang sudah mulai dihiasi baliho-baliho kandidat. Mulai dari gubernur Incumbent Irwan Prayitno dan Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Epyardi Asda yang tampil solo, hingga trio Wagub Muslim Kasim dengan dua bupati, Shadiq Pasadigoe (Tanah Datar) dan Syam­su Rahim (Solok) yang lebih berani dengan muncul bertiga, sesuai dengan UU Pilkada, dimana Sum­bar nantinya akan memiliki dua wakil gubernur.

 
Sumbar Bakal Jadi Lumbung Padi PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 03:07

PADANG, HALUAN — Pro­vinsi Sumatera Barat bersama Korem 032/Wirabraja opti­mis untuk pencapaian target 500 ribu ton swasembada pangan tiga tahun ke depan, yang telah ditargetkan oleh Kementerian Pertanian.

Untuk tahun sekarang, Pemprov Sumbar dengan Korem 032/Wbr telah seren­tak melakukan pe­na­naman padi di 10 titik yang ada di daerah Sumbar, seka­ligus acara syukuran HUT Korem 032/Wbr yang ke-30 ber­tempat di demplot per­con­tohan pertanian organik di Dusun Tong Blau, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Pariaman, Kamis (29/1). Diharapkan nantinya, hasil panennya se­suai dengan target.

 
Daerah yang Lamban Ditinggalkan PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:59

KABUPATEN/KOTA DIMINTA KREATIF

PADANG, HALUAN – Untuk megimbangi irama kerja, kerja dan kerja yang didengungkan Presiden Joko Widodo,  Gubernur Sumatera Barat meminta kabupaten/kota untuk lebih cepat dan kreatif. Karena, bagi kabuputen/kota yang tidak bisa mengimbangi atau lamban akan ditinggalkan.

Hal ini dikatakan Gu­ber­nur Sumbar Irwan Prayitno saat kunjungan Haluan, Kamis (29/1) kemarin bersama Pe­mimpin Umum Harian Ha­luan, Zul Effendi dan Pemim­pin Redaksi Harian Haluan, Yon Erizon ke kediaman Gu­bernur di Gu­bernuran Sumbar.

 
Warga ATT Ancam Lapor ke Ombusdman PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:45

JIKA TAK DIGUBRIS PEMKO

PADANG, HALUAN — Ketua RW 001, Kelurahan Air Tawar Timur  (ATT), Kecamatan Padang Utara, Padang, yang membuat permohonan penggantian lurah, berharap kasus pungutan di tempatnya cepat di usut. Jika tidak, pihaknya akan melaporkan ke Ombusdman. Sedangkan, Dispektorat Kota Padang baru bisa menurunkan tim khususnya, Selasa (3/2) depan.

Karena masih banyak data-data yang dibutuhkan untuk penyelidikan. Ketua RW 001 ATT, Taufik Hafni Kepada Haluan, Kamis (29/1) me­nutur­kan, kasus pungutan di tempatnya jangan dianggap seperti gertakan. Sebab, bukti-bukti pungutan itu sudah di­pegangnya saat ini.

 
DPRD Minta SPR Lunasi Royalti PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:44

PADANG, HALUAN  — Komisi II DPRD Kota Padang, memanggil PT CSR sebagai pengelola Sentra Pasar Raya (SPR) Kota Padang, guna mendengar penjelasan soal royalti mereka ke Pemko Padang. Selain itu, Komisi II juga meneruskan aspirasi sebagian pedagang yang melayangkan surat ke DPRD terkait persoalan mereka dengan PT CSR.

Komisi II memberikan kesempatan ke PT CSR, untuk menyiapkan data soal bukti perjanjian dengan Pemko Padang maupun pedagang. Pada pertemuan itu, menghasilkan dua kesepakatan yakni pihak SPR diminta untuk menyelesaikan perkara dengan para pedagang yang masih mandek dan juga kepastian melunasi royalti, yang mesti dibayarkan ke Pemko Padang.

 
Bangunan Liar Jalur II Bypass Dibersihkan PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:44

PADANG, HALUAN — Pe­ngerja­an pembangunan jalur II Bypass terus berlanjut ke segmen III, yaitu memasuki wilayah Kecamatan Pauh dan Kuranji. Hari ini, Kamis (29/1) telah dilakukan pem­bersi­han lahan (land clearing) di mulai pada lahan yang pen­yelesaian konsolidasinya tun­tas di Kelurahan Kalumbuk.

Sekretaris Kecamatan Ku­ranji, Yoga Natasa Amin lang­sung terjun memimpin pem­bersihan lahan dari bangunan-bangunan liar yang masih berdiri di sepanjang ruas ter­sebut. Terdapat puluhan ba­ngu­nan yang merupakan la­pak-lapak, sementara milik pedagang yang masih me­nem­pati lahan tersebut.

 
Parpol Diminta Perhatikan Tahapan Pilkada PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:43

PADANG, HALUAN — Koordinator Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) Nurhaida Yetty menegaskan, hingga kini tahapan Pilkada yang sudah ditetapkan hanya untuk pendaftaran bakal calon dan uji publik dan tahapan lainnya masih menunggu. Dua hal inilah yang mesti menjadi perhatian partai untuk saat ini.

Tak hanya itu, Komisioner KPU Sumbar Muftie Syarfie menambahkan, dalam Pilkada nanti hanya ada satu calon yang akan dipilih masyarakat. Yaitu calon kepala daerah tanpa didampingi wakil. Karena, wakil baru ditunjuk jika kepala daerah sudah dilantik.

 
Seorang Pemuda Ditemukan Tewas Samping Truk PDF Cetak Surel
Jumat, 30 Januari 2015 02:42

PADANG, HALUAN – Nanda Anwar (20), warga Padang Mangek, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumbar, ditemukan tewas di depan PT Selatan Jaya, Bypass, Simpang Arai Pinang, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), Kota Padang, Kamis (29/1) sekitar pukul 06.00 WIB.

Jasad Anwar pertama kali ditemukan oleh Boy Yuhendri (35), yang merupakan Satpam PT Selatan Jaya. Bermula ketika Boy hendak memeriksa kawasan parkir perusahaan tempat kerjanya, kemudian ia dikagetkan oleh sesosok tubuh manusia dalam keadaan telen­tang seperti orang sedang tidur di sebelah truk Fuso warna orange dengan nopol B 9666 SF. Setelah diperiksa, ternyata sosok manusia tersebut sudah tidak bernyawa dan telah kaku.

 
Berbakteri, Buah Impor Dirazia PDF Cetak Surel
Kamis, 29 Januari 2015 02:18

KeberaDAan buah impor, khususnya apel asal Amerika Serikat ternyata menyimpan persoalan terkait kesehatan. Daya tahan buah yang tetap segar kendati lama belum terjual ditenggarai mengandung zat berbahaya. Pemerintah-pun melakukan razia ke sejumlah penjual

PADANG, HALUAN — Be­be­rapa instansi terkait mela­kukan razia ke sejumlah pusat pen­jualan buah impor menyusul gencarnya infor­masi buah asal Amerika tersebut telah tercemar zat berbahaya. Kegiatan ini dila­kukan Dinas Perindustrian Per­dagangan Per­tam­bangan dan Energi (Dis­perindagtamben) Kota Padang bersama Balai Pe­ngawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan ins­tran­si terkait lainnya, Rabu (28/1).

 
Rektor se-Sumbar: Institusi KPK-Polri Harus Diselamatkan PDF Cetak Surel
Kamis, 29 Januari 2015 02:16

PADANG, HALUAN — Polemik antara dua penegak hukum di Indonesia, Polri dan KPK terus mendapat perhatian dari kalangan perguruan tinggi. Beberapa petinggi kampus terkemuka di Sumbar meminta polemik tersebut diselesaikan tanpa ada keberpihakan agar masyarakat tidak terjebak atas opini yang berkembang.

Menurut Rektor Universitas Bung Hatta (UBH), Niki Lukviarman, pada pertemuan Forum Rektor Indonesia (FRI) di Medan beberapa hari yang lalu, telah disepakati bahwa FRI ikut men­dorong penyelesaian polemik tersebut secara normatif yang melibatkan dua institusi penting di pemerintahan.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL