Jumat, 28 Agustus 2015
Haluan Padang
Tafdil Rektor Unand PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:33

MENANGI TAHAPAN PAMUNGKAS

Prof Tafdil Husni terpilih sebagai Rektor Unand periode 2015-2019. Ia justru menang dalam dalam pemilihan terakhir yang menentukan, kendati yang selalu "kalah" dalam pemilihan sebelumnya, atas petahana, Prof Werry. Hak suara Menristek Dikti jadi penentu?

PADANG, HALUAN — Prof Dr Tafdil Husni memenangi putaran terakhir Pemilihan Rektor (Pil­rek) Universitas Andalas (Unand) periode 2015-2019. Dalam rapat senat pilrek Unand bersama Men­teri Riset Teknologi dan Pendi­dikan Tinggi (Menristekdikti) yang diwakili Sekjen Kemen­ristekdikti, Prof Dr Ainum Naim, Tafdil berhasil menyisihkan dua peserta lainnya, yaitu incumbent Prof Dr Werry Darta Taifur dan Dekan Fakultas Kedokteran Unand Dr dr Masrul MSc SpGK. Diduga kuat, suara Men­ristek­dikti diberikan kepada Tafdil Husni. Menristekdikti Prof Dr M Nasir satu almamater dengan Tafdil saat pendidikan S3 di University Sains Malaysia.

 
Pelantikan Pj Bupati Pasbar Molor 60 Menit PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:30

PADANG, HALUAN —Sem­­­pat molor selama 60 me­nit dari jadwal sebelum­nya pukul 11.00 WIB, Ke­pa­la Dinas Perkebunan, Fajaruddin akhirnya dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bu­pati Kabupaten Pasaman Barat menggantikan Bupati Ba­haruddin R dan Wakil Bupati Syahrul di Audito­rium Gu­bernuran, Kamis (27/8).

Keterlambatan ini sen­diri disebabkan Pj Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moe­nek masih di Dewan Perwa­kilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar menyam­paikan nota pengantar Ranc­a­ngan Kebija­kan Umum Anggaran Prio­ritas Lafon Anggaran Semen­tara (KUA-PPAS) APBD Provinsi Sum­bar tahun 2016.

 
Baliho Mantan Kepala Daerah Peserta Pilkada Harus Diturunkan PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:20

INSTRUKSI GUBERNUR

PADANG, HALUAN — Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek mengultimatum seluruh bupati/walikota untuk menurunkan baliho maupun spanduk yang masih memuat gambar kepala daerah maupun mantan kepala daerah yang saat ini mencalon kembali.

“Sesuai dengan arahan Kementerian Dalam Negeri dan UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang pelarangan peng­gunaan fasilitas negara, menjelaskan agar tidak meng­gunakan fasilitas dae­rah sela­ma Pilkada,” ujarnya kepada media usai pelatikan Pj Bupati Pasaman Barat, Fajaruddin di Auditorium Gubernuran Sumbar, Kamis (27/8).

 
Walikota Temukan Pengerjaan Drainase Tak Sesuai PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:19

PADANG, HALUAN — Perbaikan saluran drainase Blok A Pasar Raya Padang belum maksimal. Kontraktor pemenang  tender dianggap belum bekerja maksimal dan hanya mengejar keuntungan semata, sehingga memunculkan keluhan pedagang.

Hal tersebut diketahui setelah Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mela­kukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pengerjaan, Kamis (27/8). Sidak di­la­kukan setelah mendapat laporan dari beberapa warga yang mengeluhkan cara ker­ja kontraktor yang tidak sesuai dengan target.

 
Blok LPC Dibangun PTSP Rusak PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:18

PADANG, HALUAN — Bangunan Lapau Panjang Cimpago (LPC) sebanyak lima blok yang telah diserahkan Coorporate Social Resposibility (CSR) ke Pemko Padang pada Minggu (14/6) lalu, di antara salah satu blok mengalami dinding pembatas berlubang. Akibatnya, blok milik PT Semen Padang harus diperbaiki.

Menurut pantauan Ha­luan, Kamis (27/8), terlihat dari lima bangunan LPC ada satu blok terlihat dinding pembatas keadaan berlu­bang, di mana dinding pem­batas ter­sebut menggunakan gyp­sum.

 
Semen Padang Raih Predikat A dalam Kearsipan PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:18

PADANG, HALUAN — PT Semen Padang berhasil me­raih akreditasi A (sangat baik) untuk penye­leng­gara­an kearsipan tingkat nasio­nal. Penghargaan tersebut langsung diserahkan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr Mus­tari Irawan kepada Mana­jemen Semen Padang yang diwakili Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tri Har­tono Rianto, Kamis (27/8) di Wisma Indarung PT Se­men Padang.

Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tri Hartono Rianto menyampaikan rasa terimakasihnya kepada unit Arsip PT Semen Padang yang telah melakukan pe­ker­jaan dan improvisasi dengan baik dalam hal kearsipan. Hal ini menurutnya, telah membuat kearsipan Semen Padang dapat tumbuh dan berkembang untuk men­dapat­kan penilaian terbaik di Indonesia.

 
Tak Berdampak Pada Tenaga Kerja Sumbar PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:16

RUPIAH LEMAH

PADANG, HALUAN — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengklaim melemahnya rupiah terhadap Dollar Amerika belum berdampak pada sektor tenaga kerja. Kepala Disnakertrans Sumbar, Sofyan ditemui media di Auditorium Gubernuran Sumbar, Kamis (27/8) menuturkan, hingga saat ini kondiis tenaga kerja Sumbar masih stabil, belum ada informasi mengenai terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena efek pelemahan nilai mata uang ini.

“Kita di Sumbar belum men­dapat laporan terkait pe­mutusan hubungan pe­mu­­tusan kerja ini,” te­rang­nya. Sementara itu, saat ini Dewan Pengupahan Sum­bar juga sedang turun ke lapangan untuk melakukan survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) untuk me­nen­tukan Upah Minimum Regional (UMR) 2016.

 
Mantan Kepsek SMAN 9 Disidang PDF Cetak Surel
Jumat, 28 Agustus 2015 02:12

DUGAAN KORUPSI BANSOS

Padang, Haluan — Man­­tan Kepala SMAN 9, Nilma Lafrida menjalani sidang perdana di Pe­nga­dilan Tipikor Padang, kema­rin (27/8). Ia diduga menye­lewengkan dana bantuan sosial (bansos) dan dana komite di SMAN 9 tahun 2012/2013. Dalam dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Y. Ernawati disebutkan bahwa kasus ini terjadi pada tahun ajaran 2012/2013.

Terdakwa diduga meng­gunakan dana yang bersum­ber dari APBN dan iuran siswa. Sebelum dana Ban­tuan Sosial (Bansos) yang bersumber dari APBN dite­rima, terdakwa selaku Kep­sek terlebih dahulu menga­jukan Proposal kegiatan kepada Direktorat Pem­binaan SMA Kementrian Pendidikan RI di Jakarta pada awal tahun 2012 untuk 3 kegiatan yaitu pemba­ngunan labor biologi, rehab 25 lokal dan pembangunan 2 ruang kelas baru (RKB) dengan cara meminta ban­tuan kepada saksi Tri Oksas selaku staf Bidang Cipta Karya Pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Padang untuk membuat proposal kegiatan tersebut.

 
Atribut Liar, Pelanggaran Pilkada PDF Cetak Surel
Kamis, 27 Agustus 2015 03:16

PADANG, HALUAN — Alat peraga kampanye (APK) calon kepala daerah di Sum­bar masih banyak ditemui terpampang di tempat pu­blik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar me­ne­gaskan, jika pada masa kampanye masih ditemui APK selain yang disiapkan KPU, ini merupakan pe­langgaran

Hal tersebut disam­pai­kan oleh Komisioner KPU Sumbar Muftie Syarfie, Ra­bu (26/8). Ia mengatakan, dalam PKPU paslon me­mang masih boleh untuk membuat alat sosialisasi yang jenis dan jumlahnya sudah ditentukan. Keten­tuannya, hanya 9 item yang boleh disediakan paslon. Diantaranya, pin, topi, kaos, kalender, bolpoin, serta berbagai pernik lain.

 
Mantan Anggota DPRD Tewas di Hotel Mercure PDF Cetak Surel
Kamis, 27 Agustus 2015 03:15

PADANG, HALUAN — Man­­tan anggota DPRD Pa­dang Pariaman, Ahmad Yani ditemukan tak bernyawa di Hotel Mercure, Padang, Rabu (26/8) malam. Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi apa yang jadi penyebab mening­galnya Wakil Ketua DPD Golkar Sumbar itu.

“Kami belum bisa mem­berikan keterangan terkait meninggalnya korban. Saat ini korban sudah berada di RS Bhayangkara di Jati,” kata Kapolsek Padang Barat, Kompol Sumintak saat dihu­bungi Haluan, tadi malam.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL