Rabu, 01 April 2015
Haluan Padang
MK Paling Berpotensi Kalahkan IP PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:42

SIMULASI ELEKTABILITAS CAGUB SUMBAR

Peta kekuatan bakal calon Gubernur Sumbar periode 2015-2020, mulai terkuak. SpektrumPolitika, sebuah lembaga survei terpercaya, merilis kandidat paling berpotensi mengalahkan IP adalah MK. Namun, SP, FB, NA, SR dan EP, tetap diperhitungkan.

PADANG, HALUAN — At­mosfir hangat menjelang dita­buhnya gende­rang pemi­lihan Gubernur Sumbar, Desember 2015 mendatang, mulai me­nyelimuti Bumi Ranah Mi­nang. Perang antara dua pe­tahana dan sejumlah nama tokoh besar yang sudah masuk dalam bursa kandidat calon gu­bernur Sumbar periode 2015-2020, dipastikan men­ja­di seja­rah terbesar dalam kon­stelasi politik Sumatera Barat se­panjang satu dekade terakhir.

 
Menteri Agama Minta Wisudawan Melek Informasi PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:34

WISUDA TERAKHIR DENGAN NAMA IAIN

PADANG, HALUAN - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang meng­helat wisuda ke-73. Wisuda kali ini terasa spesial karena dihadiri langsung oleh Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakin Saifuddin. Ditambah lagi, Peng­ganti Sementara (Pgs) Rektor IAIN Imam Bonjol Asasriwarni menga­takan, wisuda kali ini adalah wisuda terakhir dengan nama IAIN, artinya wisuda se­la­njutnya diperkirakan IAIN sudah beru­bah wujud menjadi Univesitas Islam Negeri (UIN).

“Wisuda IAIN Imam Bon­jol Pa­dang yang ke 73 ini me­rupakan wisuda terakhir de­ngan nama IAIN, selanjutnya pada wisuda ke 74 nanti, wisu­dawan akan memakai nama Universitas Islam Negeri,” ucap Pgs Rektor.

 
Posisi Petahana Dianggap Kurang Aman PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:30

IP-FB BERSAING SENGIT DI PILGUB

PADANG, HALUAN – Pengamat politik asal IAIN Imam Bonjol, M.Taufik menilai lonjakan elektabilitas Fauzi Bahar (FB) sebagai calon Gubernur Sumbar 2015-2020 sebagai hal yang paling menonjol dari sejumlah kandidat yang ada. Pada saat yang bersamaan, calon kuat yang juga incumbent, Irwan Prayitno (IP) justru ter­gerus, kendati masih menjadi yang terkuat dengan tingkat keterpilihan (elektabilitas) hingga 31,3 persen.

Hal ini dikatakan Ta­ufik menanggapi rilis hasil survei Media Sur­vei Nasional (Me­dian), Senin kemarin.”Posisi petahana dianggap kurang aman dengan angka demikian. Hal ini menjadi peluang besar bagi sejumlah calon yang sudah memastikan maju,”kata Taufik saat dihubungi Selasa (31/3).

 
Baliho Fauzi Bahar Sandingkan Logo PAN dan Nasdem PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:29

PADANG, HALUAN—Mun­cul­nya baliho bakal calon gubernur Sumatera Barat, Fauzi Bahar (FB), yang tam­pil dengan mem­per­sanding­kan logo Partai Amanat Na­sional (PAN) dan Nasdem, mulai memancing tanya dari se­jum­lah pihak. Ada yang men­sinyalir, jika hal tersebut se­cara tak langsung me­ngam­bar­kan kekuatan koalisi yang telah terbentuk dari kedua partai itu menghadapi Pilgub Sumbar 2015 mendatang.

Salah satu baliho milik mantan Walikota Padang itu, tampak terpasang di kawasan Gantiang Tabing. Wakil Ketua DPW PAN Sumbar, Guspardi Gaus menilai, kemunculan baliho Fauzi Bahar yang meng­gandeng logo PAN dengan Nasdem, merupakan inisiatif atau cara dari bakal calon menarik perhatian masyarakat banyak.

 
Organda Tutup Mata, Anggap Hanya Oknum PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:29

KENAIKAN TARIF ANGKOT

PADANG, HALUAN — Ketua Umum Organisasi Angkutan Darat (Organda) Padang, Syofyan yang diwakili Ketua I, Yanto menganggap kenaikan tarif angkot yang terjadi di lapangan dianggap hanya tindakan oknum.

“Organda sebagai wadah mereka sudah mengatakan, putusan tersebut mengacu pada pemerintah dan sesuai dengan tarif yang ditetapkan sebelum­nya,” ujarnya, Selasa (31/3).

 
Aset Dinas Pendidikan Padang Jadi Temuan BPK PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:28

PADANG, HALUAN — Aset Dinas Pendidikan Kota Padang, jadi te­muan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Pasalnya, ada perbedaan nilai dan jenis aset antara Dinas Pen­didikan dengan pihak sekolah, sehingga menimbulkan kecurigaan dari BPK.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang, Sofyan yang ditemui Haluan di kantornya menjelaskan, persoalan aset ini memang kadang keliru. Apalagi, di sekolah aset kadang di­pin­jamkan dari ruangan yang satu kepada ruangan yang lainnya.

 
Pemko Gagal Bangun Pasar Kuliner, Akik dan Konveksi PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:27

PADANG, HALUAN — Jan­ji Pe­merintah Kota (Pemko) Padang untuk me­ngem­bang­kan pasar te­matik di Pasar Raya Padang tahun ini gagal total (Gatot). ‘Koar-koar’ walikota pada awal tahun 2014 untuk mewujudkan pusat ku­liner, pusat batu akik dan konveksi dipastikan tidak akan terwujud. Gatot ini terjadi, karena ‘koar-koar’ tidak se­banding dengan anggaran yang ada di Pemko Padang.

Menurut Kepala Dinas Pasar, Hendrizal Azhar me­lalui Sekretaris, Jasman, ku­liner yang akan di­kem­bangkan di Padang Teater dekat Fase IV dan VI, serta batu akik di Atom Center. Menurutnya, untuk pe­ngembangan pasar tematik ini rincian ang­garan­nya bagi pusat ku­liner sebesar Rp3,9 miliar dan pe­ngem­bangan batu akik Rp3,6 miliar.

 
Rusunawa Purus Disewakan ke Pihak Ketiga PDF Cetak Surel
Rabu, 01 April 2015 02:27

HARGA DUA KALI LIPAT

PADANG , HALUAN — Ru­mah Susun Sederhana Sewa (Ru­sunawa) Purus disewakan oleh pihak ketiga dua kali lipat, dibandingkan dengan harga aslinya. Dari penelusuran Ha­luan, Selasa (31/3) penghuni pertama menye­wakan ru­su­nawa lantai 4 dengan harga Rp500 ribu perbulan, se­men­tara harga aslinya hanya Rp250 ribu.

Pengumuman penyewaan kamar ini, Haluan dapat di warung lontong gulai paku Mama Bet di Purus, dengan bunyi pengumuman di­sewa­kan kos di Ru­sunawa Purus lengkap dengan nomor telepon 081266245xxx. Ke­tika Haluan mencoba menghubungi nomor tersebut, dijawab oleh seorang perempuan yang tidak mau menyebutkan namanya.

 
Harga Eceran Premium Rp15.000 PDF Cetak Surel
Selasa, 31 Maret 2015 02:47

ORANG DESA MAKIN ‘TERSIKSA’

PADANG, HALUAN — Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) premium dan solar berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat, terutama masyarakat yang berada jauh dari pusat pemerintahan. Harga premium di SPBU Rp7.300 per liter, sementara di tingkat pengecer mencapai Rp15.000 per liter. Harga barang-barang kebutuhan lainnya juga ikut naik.

Di Kabupaten Mentawai, masyarakat setempat harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan seliter premium di tingkat pengecer, yakni Rp15 ribu. “Itu harga di tingkat pengecer,”kata Jon, PNS di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

 
Organda: Tarif Angkutan Tidak Naik PDF Cetak Surel
Selasa, 31 Maret 2015 02:46

PADANG, HALUAN — Pasca keputusan pemerintah pusat kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar tidak akan berimbas kepada keputusan menaikkan tarif angkutan umum.

Hal ini dikatakan Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumbar, S Budi Syukur kepada Haluan Senin (30/3) kemarin. Dikatakan Budi Syukur, dengan kenaikan harga BBM tidak ada kenaiakan tarif. Organada melihat kenaikan harga BBM ini masih pada level yang aman sehingga untuk tarif, pengusaha angkutan hanya akan bermain pada tarif batas atas dan tarif batas bawah yang telah ada.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL