Rabu, 04 Maret 2015
Haluan Padang
6 Kedai dan Mobil Terbakar PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:29

NYARIS LALAP SPBU

PADANG, HALUAN — Kebakaran hebat menghanguskan enam ba­ngunan dan satu unit mobil sedan lancer tahun 1983 serta 1 unit sepeda motor di dekat SPBU Kabun Ketaping, RT 03 RW 05, Kelurahan Pasar Ambacang, Keca­matan Kuranji, Kota Padang, Selasa (3/3) sekitar pukul 13.40. Berun­tung api tidak sempat menjalar ke SPBU yang hanya berjarak sekitar 10 meter dari titik kebakaran.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diperkirakan miliaran rupiah. Setidaknya 14 unit mobil pemadam kebakaran dengan kekuatan pulu­han personel dikerahkan untuk memadamkan api yang kelihatan menghitam. Butuh waktu 2,5 jam lebih hingga akhirnya api berhasil dipadamkan.

 
Insentif Walnag dan Safari Ramadan Boleh PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:25

HIBAH DAN BANSOS TETAP DILARANG

PADANG, HALUAN — Penantian Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar 2015 yang masuk koreksian Kementerian Dalam Negeri (Kemnedagri) berakhir sudah.

Kemendagri secara lisan menyampaikan kepada Guber­nur Irwan Prayitno terkait poin pos anggaran yang terkoreksi sebelumnya. Dari hasil keputusan Kemendagri, dana insentif Wali Nagari (Walnag) dan safari Ramadan yang sebelumnya terancam dihapus dari matriks APBD Sumbar ternyata masih dikabulkan untuk dijalankan. Sementara hibah dan bantuan sosial (bansos) tetap dilarang selama daerah belum memenuhi tiga unsur pokok yang harus dipenuhi seperti pendidikan 20 persen, kesehatan 10 persen dan belanja modal 30 persen dari acuan aturan Kemendagri.

 
Percepat Eksekusi Mati Duo Bali Nine PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:21

AKSI DAMAI DI GEDUNG DPRD SUMBAR

PADANG, HALUAN — Gelombang dukungan untuk pemerintah  agar mempercepat eksekusi mati duo  Bali Nine terus bergulir. Salah satunya terjadi di Kota Padang.  Selasa (3/3) kemarin, puluhan anak muda yang menyebut diri dari Perhimpunan Pelajar Aceh, Satma PP Pemuda Pancasila, Forum Diskusi Hukum, dan Jendela Kosong Studio menggelar aksi  damai di halaman Gedung DPRD Sumbar.

Pada aksi damai itu, gabungan pelajar dan mahasiswa ini juga  melakukan aksi kumpul koin, dan mengajak semua mereka yang hadir untuk melakukan hal sama.

 
Diguncang Gempa 6 SR, Warga Sempat Panik PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:19

PADANG, HALUAN — Gempa kembali meng­guncang Sumbar sekitar pukul 17.37 WIB, Selasa (3/3). Dari catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut ber­kekuatan 6 SR, yang terjadi di wilayah 179 kilometer barat daya Pariaman di lokasi 0.84 LS-98.52 BT, dengan kedalaman 26 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Untuk di Pariaman dan Kota Padang, gempa tersebut cukup kuat dirasakan warga, dengan skala IV MMI (Modified Mercally Intensity). Da­lam skala ini, gempa dirasakan oleh orang banyak. Getaran gempa pada skala ini juga bisa memecahkan kaca dan mem­buat dinding berderik. Bahkan kendaraan roda empat yang berhenti bisa ikut berayun.

 
Giliran KPP Tolak Padang Landmark PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:19

PADANG, HALUAN — Ge­lombang penolakan pem­ba­ngunan Padang Landmark di Jalan Khatib Sulaiman ber­gulir kembali. Kali ini pe­nolakan ter­sebut datang Ke­satuan Pe­dagang Pasar (KPP) dengan dalih Padang Landmark akan mematikan sektor usaha pe­dagang UMKM di Padang.

Hal itu dikatakan Se­kre­taris KPP, Irwan Sofyan. Me­nu­rutnya, penolakan tersebut murni karena alasan pe­re­ko­nomian rakyat kecil. “Ti­dak ada unsur politis ataupun un­sur lainnya di belakang pe­nolakan ini. Apa yang diper­juangkan oleh KPP ini adalah untuk melindungi pedagang-pedagang kecil dan pedagang di sektor usaha lainnya. De­ngan kehadiran mall atau se­jenisnya pasti akan berdampak luas bagi pedagang kecil,” tegasnya.

 
ORI Tahap Satu 81 persen, Tahap Dua Baru Dimulai PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:11

UPAYA PENCEGAHAN DIFTERI

PADANG, HALUAN – Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus menggencarkan Outbreak Response Immunization (ORI) atau pemberian Imunisasi Difteri Pertusis Tetanus (DPT) terhadap anak-anak berusia 2 bulan hingga 15 tahun. Hingga awal Maret, imunisasi masal tahap pertama sudah rampung sebanyak 81 persen, sedangkan tahap kedua sudah mulai dilakukan di beberapa lokasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, dr. Eka Lusti mengatakan, perbedaan jadwal pemberian imunisasi DPT tahap pertama di setiap lokasi menjadi alasan mengapa di beberapa tempat sudah dilakukan imunisasi tahap kedua, sedangkan di sebagian kecil daerah lainnya belum sama sekali dilakukan imu­nisasi massal.

 
Anggota DPR Wajib Miliki Rumah Aspirasi PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:11

MASYARAKAT DIMINTA IKUT MEMANTAU

PADANG, HALUAN — Se­tiap anggota DPR RI, wajib memiliki Rumah Aspirasi di daerah pemilihan ma­sing-masing. Hal ini jelas menjadi se­bu­ah ke­ha­ru­san. K­a­rena bagi setiap wa­­kil rakyat yang ber­ka­n­tor di Senayan itu, sudah di­alo­kasikan ang­ga­ran khusus un­tuk pengadaan Ru­mah Aspirasi, yang masing-ma­singnya men­da­pat­kan se­besar Rp150 juta per­ta­hun, atau sekitar lebih kurang Rp12,5 juta perbulan.

Ketua DPW PKB Sum­bar, Febby Dt Bangso men­jawab Haluan mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya rencana pengadaan Rumah Aspirasi oleh setiap anggota DPR sesuai daerah pemilihan itu. Selain akan memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspi­rasinya, keberadaan rumah tersebut juga akan semakin me­n­de­kat­­kan hubu­ngan an­tara wakil rakyat dengan kon­s­tituen­nya.

 
Rokok Pemicu Utama Resiko Sakit Jantung PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:10

PELANTIKAN KETUA YAYASAN JANTUNG CABANG PADANG

PADANG, HALUAN — Ketua Pengurus Harian Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Padang, Ny. Hj. Harneli Mah­yeldi menyatakan, kese­riu­sannya dalam men­so­sia­lisa­sikan gaya hidup sehat tan­pa merokok.

Karena, me­nurutnya, hing­ga kini rokok masih men­jadi pemicu utama resiko sakit jantung, selain minuman keras dan makanan berlemak, serta kolesterol tinggi.

 
Dua Minggu Beroperasi, Pangkalan Angkot Masih Diawasi PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:10

PADANG, HALUAN — Setelah beroperasi pada 24 Februari lalu, pangkalan angkot di samping Gedung Balaikota lama masih perlu diawasi. Karena, masih ada angkot yang keberatan untuk masuk ke pangkalan tersebut. Padahal seluruh angkot jurusan timur dan selatan, wajib masuk ke pangkalan angkot dan ke luar di samping kantor Polresta Padang.

Pantauan Haluan di lokasi, Selasa (3/3), tim dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) masih terus mengawasi angkot. Mereka sibuk mengarahkan para sopir, untuk masuk ke dalam pangkalan angkot. Para sopir pada dasarnya tidak dibenarkan menaik turunkan penumpang di jalan, tapi harus di pangkalan angkot. Namun, masih ada sopir yang menurunkan penumpang di depan kantor Balaikota Lama, walaupun petugas masih ada.

 
Februari 2015, Padang Mengalami Deflasi PDF Cetak Surel
Rabu, 04 Maret 2015 02:09

PADANG, HALUAN — Pada Februari 2015, Kota Padang mengalami deflasi sebesar 2,07 persen dan Kota Bukittinggi juga mengalami deflasi sebesar 2,35 persen.

Dari 23 Kota IHK di pulau Sumatera, seluruh kota mengalami deflasi. Deflasi tertinggi terjadi di Kota Bukittinggi dan terendah di Kota Bandar Lampung sebesar 0,29 persen. Kota Padang menduduki posisi kedua dari seluruh kota yang mengalami deflasi di Sumatera maupun nasional.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL