Jumat, 19 September 2014
Haluan Padang
Pembukaan Festival Siti Nurbaya Meriah PDF Cetak Surel
Jumat, 19 September 2014 11:28

PADANG, HALUAN — Acara pembukaan Festival Siti Nurbaya (FSN) Kamis (18/9) sore, ber­langsung meriah.  Iven pari­wisata Kota Padang terbesar ini digelar untuk ke­empat kalinya. Pembukaan ditandai dengan ditabuhnya gen­derang oleh Gubernur Suma­tera Barat Irwan Prayitno dan Wakil Walikota Padang Emzalmi.

Gubernur mengatakan, meskipun Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah tidak bisa ikut menebuh gende­rang karena dinas ke Ban­dung, tetapi  festival ini  harus mampu mengangkat nilai-nilai positif pada adat dan budaya alam Minangkabau.

 
Gubernur Memalukan Orang Minang PDF Cetak Surel
Jumat, 19 September 2014 11:26

AWALNYA saya menyangka Gu­bernur Su­ma­te­ra Barat Ir­wan Prayitno (se­lan­jutnya disebut IP) akan berada di garis paling depan untuk men­­­­d­ukung op­si pemilihan Ke­­pala Daerah (Gubernur, Bupati, Wa­likota) secara langsung oleh rakyat. Dan IP, menurut sang­kaan saya, akan menolak mentah-mentah pemilihan Kepala Derah melalui anggota DPRD.

Mengapa saya menyangka IP akan bersikap seperti di atas? Alasannya sederhana. IP adalah Gubernur Su­matera Barat produk pemilihan secara langsung oleh rakyat tahun 2010 lalu ketika berpasangan dengan Muslim Kasim sebagai Wakil Gubernur. Alasan lain yang menguatkan sangkaan saya adalah karena IP didukung penuh oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang digembor-gemborkan cukup kuat di akar rumput.

 
Dua Mahasiswi UBH Ditodong Pistol PDF Cetak Surel
Jumat, 19 September 2014 11:21

PADANG, HALUAN — Dua mahasiswi Universitas Bung Hatta (UBH) Padang ditodong senjata yang diduga mirip senjata api (pistol) oleh dua orang pria tak dikenal saat asyik bersantai di rumah kost, Jalan Bunda I, Kel­urahan Ulak Karang, Keca­matan Padang Utara, Rabu (17/9) sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, kedua pelaku ini mengurungkan aksinya ketika korban berteriak.

Peristiwa ini ketika pelaku berpakaian rapi  dan mengenakan helm untuk menutup kepalanya menghampiri korban. Saat itu pula, pelaku meminta kepada korban untuk menyerahkan semua barang berharga milik korban dengan menodongkan pistol. Spontan, korban berteriak karena ketakutan.

 
PAD Parkir Jalan Samudera Tak Jelas PDF Cetak Surel
Jumat, 19 September 2014 11:21

PADANG, HALUAN — Pendapatan Asli Dae­rah (PAD) parkir di sepanjang pantai Purus Padang, tidak maksimal masuk ke kas dae­rah semenjak ke­pe­mim­pinan Fauzi Bahar dikontrakkan ke pihak ketiga.

Menanggapi itu, Kepala UPT Parkir Dinas Per­hubungan Kota Padang, Bastiar mengakui hal ter­sebut. Pasalnya, perbulan pihak ketiga me­nerima Rp4 juta dan di setor ke Pemko Padang hanya Rp1.100.000, padahal se­harusnya pihak ketiga men­yetor ke Pemko Rp1.8000.000.

 
Sekolah Gratis, Pungutan Tetap Ada PDF Cetak Surel
Jumat, 19 September 2014 11:20

PADANG, HALUAN — Dunia pendidikan di Indonesia seolah mempunyai sensasi dan menjadi sorotan media agar tetap eksis. Tak peduli yang bersifat positif atau pun negatif, dimulai dengan permasalahan sarana dan prasarana belajar hingga biaya pendidikan.

Meskipun pemerintah dengan berbagai cara mengatakan sekolah gratis alias tidak ada biaya apalagi pungutan. Namun, kenyataan masih ada laporan yang mengatakan terjadi praktek pungutan kepada wali murid. Ombudman Sumbar mendapat laporan dari salah satu wali murid SMPN 31 Padang, bahwa di sekolah tersebut diduga ada pungutan yang memberatkan wali murid.

 
Rp200 T Pendanaan dari Pemerintah Tak Termanfaatkan PDF Cetak Surel
Jumat, 19 September 2014 11:20

PADANG, HALUAN — Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tanri Abeng menilai sejumlah pen­danaan yang difasilitasi oleh pemerintah ternyata tidak da­pat meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UM­KM) di Indonesia.

Dikarenakan dari 56,5 juta UMKM di seluruh Indonesia, 48 juta meru­pakan usaha kecil-kecil yang tidak bankable (layak men­dapatkan jaminan dari bank, red).

 
20 Titik Api Ada di Sumbar PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:30

KABUT ASAP TERUS MENYEBAR

Kabut asap terus menyebar di pelosok Sumbar, setelah “bersih” beberapa bulan terakhir. Realitas ini membuat warga mulai khawatir akan kondisi kesehatan mereka. Pemerintah diminta tanggap.

PADANG, HALUAN — Dinas Kehu­tanan (Dishut) Provinsi Sumbar menga­takan pihaknya mendeteksi 20 titik api ada di Sumbar dan menyebar di beberapa daerah, seperti Kabupaten Dharmas­raya, Limapuluh Kota dan Pesisir Selatan. Keberadaan 20 hot spot tersebut terpan­tau melalui satelit NOAA (Na­tional Ocean and Atmos­pheric Administration) bersa­ma ratusan titik api yang ada di Su­matera Sela­tan dan Jam­bi, te­tang­ga Sumbar.

 
Pengentasan Buta Aksara Tak Terlaksana PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:23

HIBAH DAN BANSOS DIHAPUS

PADANG, HALUAN — Penghentian hibah dan bantuan sosial oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyebabkan sejumlah program batal dilaksanakan tahun ini. Seperti pemberian bantuan perjalanan kepada ma­hasiswa S1 yang belajar ke luar negeri.

Kemudian program pe­ngen­tasan buta aksara juga terkedala dana. “Ini dika­renakan sewaktu pem­bahasan bersama DPRD, kegiatan ini dimasukkan dalam cakupan hibah dan bantuan sosial. Karena tahun 2014 tidak ada hibah dan bansos, program ini pun tidak bisa dijalankan,” terang Kepala Dinas Pen­didikan Sumatera Barat Syamsulrizal, Rabu (17/9) di ruang kerjanya.

 
Bangunan Tak Miliki IMB Segera Disegel PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:18

PADANG, HALUAN — Setelah sempat tertunda beberapa bulan untuk melakukan penyegelan bangunan yang mangkir Izin Mendirikan Bangunan (IMB), akhirnya Dinas Tata Ruang Tata Bangun dan Pemukiman (DTRTBP) Kota Padang akan melakukan penyegelan dalam minggu ini. DTRTBP telah siapkan 50 plang segel untuk bangunan yang masih mangkir untuk membayar IMB.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pimpinan dan akan melakukan penye­gelan dalam minggu ini,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan TRTBP Kota Padang, Anggun Besuki kepada Haluan, kemarin di ruangannya.

 
Lurah Baru Cari Solusi PDF Cetak Surel
Kamis, 18 September 2014 02:17

SEPEKAN KEKURANGAN AIR BERSIH KELURAHAN BATANG ARAU

PADANG, HALUAN — Masyarakat bermukim di sekitar pinggiran Gunung Padang, tepatnya di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, yang mengalami kekurangan sumber air bersih akan segera dicarikan solusinya oleh pihak kelurahan setempat dengan jalan musyawarah.

Hal tersebut disampaikan oleh Lurah Batang Arau, Afrizal, Rabu (17/9). Me­nurut­nya, hingga sekarang ia mengaku belum men­dapat­kan laporan dan ke­luhan dari warga sekitar soal pemakaian air sumur yang kuning dan berbau itu, makannya ia kurang me­nge­tahui secara tepat bagai­mana per­masala­han air tersebut.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL