Sabtu, 22 November 2014
Haluan Padang
Jimly: Sederhanakan Struktur DPR PDF Cetak Surel
Sabtu, 22 November 2014 02:12

SEMINAR NASIONAL KEBANGSAAN

PADANG, HALUAN — Banyaknya komisi, badan, dan kepanitiaan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyebabkan kualitas hasil legislasi tidak terkoordinasi dengan baik. Selain itu kurangnya staf pendukung serta volume kerja yang tidak terintegrasi membuat pola kerja anggota DPR cenderung semakin teknis.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H, saat Seminar Nasional Kebangsaan dengan tema Kajian Sistem Kene­garaan Indoensia, di Hotel Bumi Minang, Jumat (21/11). Menurutnya dengan pola kerja tersebut, para politisi pun hanya hanya berfikir masalah-masalah teknis seperti studi banding, perumusan redaksional, dan perhitungan anggaran. Akibatnya jabatan anggota DPR tidak menga­lami pelembagaan yang semakin baik.

 
Bayi Lumba-Lumba Gegerkan Pantai Purus PDF Cetak Surel
Sabtu, 22 November 2014 02:08

PADANG, HALUAN — Seekor bayi lumba-lumba terdampar di Pantai Purus Kota Padang, Jumat (21/11) sore. Kehadiran bayi lumba-lumba yang memiliki panjang sekitar 50 cm itu mendapat perhatian warga sekitar. Tak sedikit dari warga di lokasi yang me­moto sosok mungil yang awalnya ikan hiu itu dengan kamera yang mereka miliki.

Kepala Sistem Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Kota Padang, Afdal Kamil di lokasi pantai mengatakan, bahwa lumba-lumba yang diperkirakan berumur satu tahun tersebut terdampar karena beberapa faktor. Bisa jadi karena faktor terce­marnya laut atau karena sedang terluka dan sulit untuk bertenaga berenang ke dalam laut kembali.

 
Sopir Tolak Tempel Tarif di Kaca Mobil PDF Cetak Surel
Sabtu, 22 November 2014 02:00

BENTUK KECEWA PADA PEMERINTAH

PADANG, HALUAN — Tarif angkutan yang ditolak sopir angkuta kota (Angkot) berbagai jurusan di Kota Padang, akhirnya mereda, Jumat (21/11). Sopir terpaksa menerima keputusan tarif angkutan naik de­ngan, tapi menolak tidak menem­pelkan pengumuman tarif di kaca mobil.

Sejak bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinyatakan naik oleh Presiden RI, sopir langsung mengeluh dan mogok manambang. Mereka menuntut kenaikan dari ketetapan Rp3.500 menjadi Rp3.600.

 
LPG 12 dan 3 Kg Ikut Naik PDF Cetak Surel
Sabtu, 22 November 2014 02:00

PADANG, HALUAN — Sehubungan kenaikan harga bahan baku minyak (BBM) Senin (17/11) lalu, Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumatera Barat menaikkan harga Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg dan 12 kg.

Sebelumnya, harga LPG 3 kg di tingkat agen hanya Rp13.200 per tabung jika diantar ke alamat dan Rp13.000 jika konsumen menjemput langsung ke agen. Untuk saat ini, jika membeli langsung ke agen Rp14.500 menjadi Rp17.000 jika dibeli ke pang­kalan.

 
Bawaslu ‘Disuntik’ Rp7,9 Miliar PDF Cetak Surel
Sabtu, 22 November 2014 01:59

PENGAWASAN PILKADA SERENTAK

PADANG, HALUAN — Ba­dan Pengawas Pemilu (Ba­waslu) Provinsi Sumatera Barat, akhirnya mendapatkan persetujuan suntikan anggaran sebesar Rp7,9 milliar, yang dialokasikan untuk penga­wasan Pilkada serentak 2015 nanti mendatang.

Ketua Bawaslu Sumbar Elly Yanti kepada Haluan, Jumat (21/11) mengatakan, pihaknya sudah membicarakan dengan DPRD Sumbar, terkait kebu­tuhan ang­garan Bawaslu Sumbar dalam menghadapi Pilkada serentak 2015 itu. DPRD terang Elly, juga sudah menyetujui anggaran sebesar Rp7,9 milliar tersebut.

 
Akhir Tahun, Target Pembangunan Inpres II Selesai PDF Cetak Surel
Sabtu, 22 November 2014 01:59

PADANG, HALUAN — Pemerintah Kota (Pemko) Padang menargetkan pem­bangunan Pasar Raya Inpres II tuntas pada akhir tahun 2014. Hal tersebut dikatakan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Dikatakannya, perbaikan infrastruktur itu sebagai salah satu usaha mem­perbaiki fasilitas umum. Karena Pemko Padang telah menganggarkan Rp4,9 miliar untuk melanjutkan pembangunan Pasar Raya Inpres II. Ditargetkan 2014 atau awal 2015 selesai, agar dapat ditempati pedagang yang saat ini menem­pati bagian jalan.

 
Demo Berlanjut, Inflasi Naik PDF Cetak Surel
Jumat, 21 November 2014 03:29

IMBAS PEMANGKASAN SUBSIDI BBM

Klaim yang menyebutkan pemangkasan Subsidi BBM untuk kesejahteraan rakyat belum menampakkan hasil. Yang ada, gerakan penolakan di berbagai daerah termasuk di Sumbar. Selain itu, kenaikan harga barang ikut memicu inflasi

PADANG, HALUAN — Imbas buruk keputusan pemerintah yang me­mang­kas subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak) terus menggelinding. Di Padang dan Bu­kittinggi terjadi aksi demonstrasi penolakan hing­ga aksi mogok angkutan umum. Se­men­tara itu, Bank Indonesia wilayah Sumbar, mencatat angka inflasi mencapai 8,8 persen, lebih tinggi dari angka inflasi nasional yang ada di titik 7 persen.

 
Transportasi Umum Padang Lumpuh PDF Cetak Surel
Jumat, 21 November 2014 03:28

ANGKOT MOGOK

PADANG, HALUAN — Angkutan kota (Angkot) semua jurusan di Kota Padang mogok beroperasi sepanjang Kamis (20/11) kemarin. Aksi yang membuat transportasi umum lumpuh ini sebagai bentuk penolakan terhadap penetapan tarif baru pascakenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Para sopir angkot menilai, kenaikan tarif  angkutan umum ini tidak sebanding  dengan kenaikan harga BBM yang naik  Rp2.000 per liter. Akibat aksi mogok ini, banyak warga dan pelajar yang terpaksa  jalan kaki.  Sebagian diselamatkan oleh truk kepolisian.

 
Kejari Padang Dalami Dugaan Korupsi Mobnas PDF Cetak Surel
Jumat, 21 November 2014 03:26

PADANG, HALUAN — Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang terus mengem­bangkan dugaan penyimpangan dan penyelewengan dana pembelian mobil dinas (mobnas) pada bidang aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Padang tahun 2007 senilai Rp6 miliar. Sejumlah pejabat yang pernah menjabat di Pemko Padang satu persatu mulai diperiksa penyidik kejaksaan.

Setelah pada tanggal 19 September 2014 lalu diperiksa tim penyidik Kejari Padang, Kamis (21/11), Asisten III Setko Padang, Corri Saidan kembali memenuhi panggilan penyidik Kejari Padang. Sama dengan pemeriksaan sebelumnya, kali ini, Corri Saidan juga dimintai keterangan terkait dengan dugaan penyelewengan dana pembelian kendaraan dinas pada bidang aset DPKA Kota Padang tahun 2007 tersebut.

 
TNI dan Polri di Sumbar Solid PDF Cetak Surel
Jumat, 21 November 2014 03:26

PADANG,  HALUAN — Hubungan aparat kepolisian dan TNI AD di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) solid dan tidak ada permasalahan. Hal tersebut dikatakan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro S dan Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto saat dimintai keterangan terkait konflik polisi dan TNI di Batam.

Dikatakan Widagdo Hendro S, di Sumbar hubungan Polri dan TNI hingga saat sangat mesra dan solid. Guna menjaga kemesraan itu, dia tetap melakukan koordinasi dengan Kapolda Sumbar agar jangan ada miskomunikasi di lapangan.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL