Rabu, 23 Juli 2014
Cengkeh Kering Rp100 Ribu per Kg PDF Cetak Surel
Sabtu, 11 Juni 2011 01:37

PADANG, HALUAN — Harga komoditas cengkeh kering terus bergerak naik dari Rp95 ribu per kilogram menjadi Rp100 ribu per kilogram. Demikian dikatakan Salah satu petani cengkeh Zamri dari Pesisir Selatan yang menjual hasil panennya di pengumpul cengkeh di Padang, mengaku pada Haluan, Jumat (10/6).

Namun demikian kenaikan ini masih jauh dari harapan petani, mereka berharap, cengkeh bisa kembali ke harga jayanya seperti dulu. Diakui Zamri, cengkeh asal Sumbar tidak kalah bagusanya dari cengkeh daerah lainnya.

Inol (36) seorang pedagang pengumpul mengatakan, harga komoditi itu naik sejak pertengahan Mei lalu. Meski terjadi kenaikan harga, namun pasokan dari petani juga sudah mulai berkurang karena masa panen komoditi itu sudah lewat waktunya.

Menurutnya, saat ini petani hanya menjual sisa-sisa panen yang habis masanya sejak hampir sebulan lalu. Pada panen itu, harga cengkeh kualitas bagus dapat dibeli Rp95 ribu perkilogram.

“Untuk cengkeh saat ini hanya dipulau-pulau saja yang panen. Seperti di Pulau Mentawai dan pulau-pulau kecil yang ada di Sumbar”, jelasnya.

Saat ini banyak pedagang yang langsung datang pada para petani membeli cengkeh.

Bahkan pedagang yang selama ini tidak pernah turun ke kampung, kini mereka datang ke petani membeli komoditi itu. Kebanyakan para pembeli berasal dari indrusti rokok(h/win)

Comments (3)Add Comment
0
batanyo awak
written by string, Januari 10, 2013
Assalam ww. bara hargo cengkeh kariang bulan januari ko
0
http://www.coach-bagsfactory26.com
written by string, September 16, 2012
Her handbag layout takes awesome account of femininity in the process as sensation of pleasure Michael Kors Outlet
0
swasta
written by string, November 01, 2011
saya machyul,..
saya mau tanya,kira kira apabila barang (cengkeh) bapak di kirim ke surabaya,harga sampai di surabaya berkisar berapa?dan pembayarannya bagaimana?tq

Write comment

busy