Senin, 15 September 2014
65 Perusahaan Buka 2.300 Lowongan Kerja PDF Cetak Surel
Selasa, 19 April 2011 00:39

INFO UNTUK PENCARI KERJA

PEKANBARU, HALUAN — Sebanyak 2.300 lowongan pekerjaan tersedia dalam Job Expo Pekanbaru yang dilangsungkan mulai Senin kemaren.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru, Pria Budi di Pekan­baru, Senin mengatakan, 2.300 lowongan dari 65 perusahaan yang ikut serta dalam bursa tenaga kerja tahun ini.

“Jumlah perusahaan yang ikut serta, melebih target yang dite­tapkan. Awalnya, Disnaker menar­getkan hanya 50 per­u­sa­haan, tapi karena tingginya animo meningkat menjadi 65 peru­sahaan,” jelas Pria Budi.

Ia menyebutkan lowongan yang tersedia tersebut mulai dari lulusan SD hingga Perguruan Tinggi. Job Expo Pekanbaru digelar selama dua hari. “Tidak dibatasi. Berbeda dengan tahun lalu dimana masih banyak out­sourcing, tahun ini perusahaan yang bersangkutan yang ikut serta bursa tenaga kerja ini,” tambah dia.

Untuk melamar dalam bursa tenaga kerja ini, Pria Budi menyebutkan pencaker yang ikut diwajibkan melengkapi persyaratan yakni memiliki KTP Pekanbaru dan Kartu Tanda Pencari Kerja (kartu kuning). Job Expo berlang­sung hari  Senin hingga Selasa (19/4) di Hotel Mutiara, Pekan­baru.

Bursa tenaga kerja ini dise­lenggarakan tiap tahunnya untuk memperingati HUT Pekanbaru ke 227 pada Juni mendatang.

Pria Budi juga menilai prog­ram job expo efektif me­ngurangi jumlah pengangguran di Kota Bertuah setiap tahun.

Naker Lokal

Dalam pada itu  Wakil Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Ade Hartati, mengatakan, pelak­sanaan “Job Expo” 2011 hen­daknya memprioritaskan tenaga kerja lokal atau yang berasal dari Pekanbaru. “Tenaga kerja lokal harus diprioritaskan, baru kemu­dian merekrut tenaga kerja yang berasal dari daerah tetangga,” kata Ade di Pekanbaru, Senin.

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan, Pekanbaru merupakan kota per­dagangan dan jasa yang saat ini sedang menggeliat. Namun sayang­nya, hampir seluruh peru­sahaan yang ada lebih tertarik merekrut pegawai yang berasal dari luar daerah.

Harus diakui, lanjutnya, Pekan­­baru saat ini ibarat gula yang diperebutkan oleh semut. Karena itu, lanjutnya, Dinas Tenga Kerja (Disnaker) dalam hal ini harus berpikir bagaimana caranya agar tenaga kerja lokal juga terserap dengan baik.(d/ant)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy