Rabu, 03 September 2014
Ormas Islam Tolak Pembangunan RS Siloam di Padang PDF Cetak Surel
Rabu, 15 May 2013 02:39

PADANG, HALUAN — Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam menolak pembangunan Rumah Sakit (RS) Siloam milik Lippo Group di Jalan Katib Sulai­man, Padang.  Pemicunya, karena mereka me­nganggap keberadaan RS Siloam dapat menimbulkan keresahan bagi umat Islam di Ranah Minangkabau.  Penolakan itu disampaikan dalam konferensi pers yang dihadiri war­tawan berbagai media massa, Selasa (14/5) di Padang.

Ormas Islam yang menyatakan penolakan tersebut yakni, Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Mi­nangkabau (MTKAAM) Sumbar, Paga Nagari Sumbar, Tetua Adat, Hizbul Tahrir Indonesia (HTI) Sumbar, Libas Sumbar dan lain­nya. Mereka yang hadir dalam konferensi  pers itu antara lain Ketua Majelis Tinggi MTKAAM Sumbar Irfianda Abidin, Ketua Paga Nagari Sumbar Ibnu Aqil D Ghani, Tetua Adat Azwir Dt Rajo Malano, Fauzi dari HTI Sumbar, Ketua Libas Sumbar Khairul Amri dan lainnya.

Untuk diketahui peletakan batu pertama pembangunan RS Siloam, Sekolah, Mal Lippo dan Hotel Aryaduta yang terintegrasi dalam bangunan 14 lantai di satu kawasan seluas lebih kurang 1,5 hektar dilaksanakan, Jumat (10/5) lalu.

Ketua Paga Nagari Ibnu Aqil D Ghani mengatakan, alasan penola­kan itu berdasarkan latar belakang CEO Lippo Group James T Riady yang merupakan tokoh misionaris internasional. Atas alasan itu, sejumlah ormas mener­bitkan bebera­pa tuntutan kepada beberapa pihak.

Seperti, Pertama menuntut Pemko Padang mencabut izin pendirian rumah sakit tersebut. Kedua, bagi tokoh yang hadir dalam peletakan batu pertama pembangu­nan rumah sakit, mall, hotel, dan sekolah bertaraf internasional, diharapkan meminta maaf kepada masyarakat Sumbar. Ketiga, kepada masyarakat diharapkan mendukung usaha penolakan pen­dirian rumah sakit ini.

“Bagi yang tidak mendukung, dianggap memberi kemudahan untuk masuknya misionaris ke Sumbar,” jelas Aqil.

Aqil juga menjelaskan, dari informasi yang dihimpunnya James sudah merencanakan membangun 1.000 sekolah Kristen di Indonesia. James juga pernah mendirikan gereja termegah di Asia Tenggara, dan ikut membiayai kampanye Presiden AS Bill Clinton tahun 1992.

Katanya lagi, jika dilihat lagi, kata Siloam berasal dari bahasa Yunani, yang berarti mata air di Yerussalem yang digunakan untuk menyembuhkan orang yang sakit mata.

“Dikhawatirkan dengan kebera­daan rumah sakit ini nantinya, para pasien yang berasal dari kalangan kurang mampu akan disuruh untuk pindah agama, sehingga pengo­batannya bisa dibiayai. Ini kan pemurtada,” kata Aqil.

Sementara itu menurut Ketua Majelis Tinggi MTKAAM Sumbar Irfianda Abidin, pembangunan rumah sakit Siloam oleh Lippo Group juga mendapat penolakan dari masyarakat di Palembang. Penyebabnya, karena membawa misionaris. Irfianda pun berharap agar berbagai pihak jangan hanya melihat nilai investasinya saja.

Irfianda menyayangkan, rencana pembangunan mega proyek ini, pemerintah daerah tidak meminta pendapat atau masukan dari niniak mamak Minangkabau. Padahal menurut kebiasaan, hal ini selalu dilakukan.

Penolakan mega proyek yang diduga berbau misionaris, juga pernah terjadi di Kota Bukittingi di awal tahun 1980-an saat pendi­rian Rumah Sakit (RS) Immanuel di Dekat Lapangan  Kantin Bukit­tingi. Irfianda mengatakan, waktu itu tokoh Sumbar seperti Buya Hamka, Muzni M Yunus, dan lainnya menentang keberadaan rumah sakit ini.

Sejumlah tokoh Sumbar pun sampai menemui Presiden Soeharto dan meminta proyek yang membuat resah masyarakat Minangkabau itu dialihkan ke daerah lain. Atas kebijakan Presiden Soeharto, akhirnya  proyek RS Immanuel itu dialihkan ke Lampung dan lahan­nya dibeli oleh Pemprov Sumbar. Dan akhirnya dilahan itu dibangun RS Strok.

Soal bantuan ke sejumlah organisasi masyarakat, seperti Aisyiah, LKAAM, Fakultas Kedok­teran Unand dan lainnya, menurut Tetua Adat Azwir Dt Rajo Malano juga perlu dipertanyakan misi dan latar belakangnya.

Fauzi dari HTI juga menga­takan, ini merupakan upaya pemur­tadan yang berkedok investasi. Dia berharap pejabat yang berada di wilayah kebijakan, untuk segera menyadari dan mengubah kebija­kannya tersebut. Syaiful dari Majelis Mujahidin meminta pem­bangunan dibatalkan.

Dihubungi secara terpisah, Sekda Kota Padang H Syafril Basir SH menilai tuduhan dan kecurigaan Ormas Islam terhadap adanya agenda misionaris di balik mega proyek RS Silom yang terintegrasi dengan hotel, mal dan sekolah tidaklah benar.

Syafril Basir mengatakan Lippo Group sudah banyak membangun rumah sakit di berbagai penjuru di Indonesia dan bisa dicek keab­sahannya. “Jika setelah beroperasi terlihat ada kegiatan yang melen­ceng, kita akan segera cabut izin­nya,” kata Syafril, saat dihubungi Haluan tadi malam. (h/cw-eni)

Comments (27)Add Comment
 1 2 3 > 
0
penolakan pembangunan dr GL
written by string, November 28, 2013
orang yang mendukung pembangunan ini, berarti merka mndukung u/ kkafiran saudara2x.... tdak kasian dngn saudar2x....
bukanx minang sombong or apalh... tpi, lbih baik sediakan payung sblum hujn... anda yng mngizinkan pmbngunan ini, artix pmikiran anda singkat. bnyak cra mrka u/ mngkfrkan kita, mnikahi muslim, mnghamili muslim d luar nikah, pnyuntikan dana/ pnginvestasian. slh stux yg kita almi skrang yaitu pnginvestasian.jgn anda pkir mntang2 masyarkat kta miskin, eh mlah seenkx ajh mnrma sntikan dana. kristenisasi d sbbkan krna kita bnyk miskin mkax mrka mmbri dana k pda kta. smp kita trbiasa... n akhirx agama kitalh yg d Bli.
biarpun mskin tp jgn smp miskin akhlak,mral n iman kita.
para perantau, jngn brpikir anda klo kmi katro or kntal dngn agama sja. tp biar pn kmi sprt anda pkirkn kmi msh brpkir pnjng... tdak sngkat... jgn pkir dgn kmodernan anda, anda bngga.... dengn adax kmodern skrg, bnyk kita tmui ksesatan....
hari ini, demo besar2an d padang..... mudah2an pnolakan ini sukses saudara2 ku.

klo msalh lpangan krja.... anda mngharapkan lap krja d RS ini???? oh, miris bgt yah.... sprt ga ad krja laen ajh. anda bsa mmbuka lap krja bru. kreatif dikit donk... ini nih... pmikiran yg sngt pndk... bnyk t rs yg bka lap krja.ga hrus d RS kkfiran itu jg kali..... mall n htel msh bnyk.. klo pngn mmbngun rS it jg.... Tlng jgan d tnah mnang.... cri ajh tnh lain... mngpa hrs d mnang... krna ada misi terselubung d dlamx. klo anda pntar... psti anda lngsung mmbca prbuatan mrka!!!!!
0
penolakan pembangunan dr GL
written by string, November 28, 2013
lebih baik kita kental dengan adat lama yg masih kental dengan adat basandi syarak. syarak basandi kitabullah. dr pd kental dengan ke modernan tpi bnyak ajran ssat, mlenceng dri ajaran agma. biar d blang ga gaul, biar d blang katrok... asalkan kita taw klo prkmbangan skrang bnyak ssatx...
waspada saudra2 ku... tdak 1 jln k roma. jdi, ga satu jlan org kfir untk mngkafirkan kita. kita jgn trgiur dngn sntikan dana, invstasi, n sgla mcm lh... cz, t lh cra mrka mmrtadkan kita. Tlng brpikir pnjang saudara... jgn trgiurrr....
0
Jangan menolak tapi lakukan pengawasan ketat oleh Ormas2 Islam
written by string, Mei 27, 2013
Kapan Sumbar ini akan maju kalau pembangunan dihalang-halangi dengan alasan misionaris , alangkah sebaiknya sebagai Ormas2 atau LSM justru mengawasi atau memperketat pengawasan apabila Rumah Sakit ini sudah berjalan, bukankah masyarakat Sumbar ini kuat dengan "Adat Basandi Syarak, syarak basandi kitabullah " Dan Rumah Sakit Siloam bukanlah Rumah Sakit yang pertama berdiri di Sumbar yang CEO nya non muslim, tp sebelum ini sudah ada Rumah Sakit Khatolik yang notabene pernah diisuekan juga misionaris. Kalaupun memang RS Siloam ini akan melakukan pemurtadan bagi yang tidak mampu maka itulah gunanya fungsi LSM atau Ormas2 islam untuk memperkuat / memperkokoh Iman dan ketaqwaan anak/cucu kita dengan menanamkan prinsip Adat Basandi Syarak, Syarak basandi kitabullah " .Tp memurut saya penolakanan ini dikarenakan persaingan bisnis yg kurang sehat diantara pelaku-pelaku bisnis dalam bidang kesehatan, karena ada isue RS Siloam akan mengunakan tenaga2 medis dari luar sumbar.
0
...
written by string, Mei 25, 2013
manusia skrng trlalu sok, menurut denai masalah agama it individual dan masalah keyakinan it gak mungkin bisa diganggu gugat, walaupun dikaniang lo ditulis ISLAM SAGADANG KABAU TAPI NGAK PUNYA KEYAKINAN SAMA AJA BOHONG,, ngak usah bwa agama ke ranah nan luas ini, karna jka agama yg diperdebatkan sampai kiamatpun gk bkal slesai..
jadi ngak usah muna jadi orang apalagi sampai bwa2 agama sgala.
0
...
written by string, Mei 21, 2013
Kendati Daerah Rawan Gempa
Padang Tetap Menjanjikan Buat Investor

PADANG- Hadirnya investasi di Kota Padang yang salah satunya adalah Rumah Sakit Internasional dalam kondisi Padang sebagai daerah rawan gempa, harus disikapi dengan baik dan disyukuri. Sebab, investasi tersebut dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi pasca gempa.
Selain itu, membuka peluang kerja yang sangat besar buat anak kemanakan masyarakat Minang di kota ini. Rumah sakit ini memiliki segmen pasar tersendiri dan mampu bergandengan dengan rumah sakit lain di Kota Padang. Khususnya nanti rumah sakit ini yang mempunyai standar internasional, diharapkan bisa menggantikan peran rumah sakit internasional di luar negeri seperti di Melaka, Johor, Penang, atau Singapura, sehingga tidak ada lagi warga Sumatera Barat yang berobat ke luar negeri yang merupakan kegiatan membuang devisa.
Bahkan diharapkan rumah sakit ini akan menjadi rujukan bagi masyarakat propinsi tetangga yang biasa berobat keluar negeri guna mencari rumah sakit standar internasional. Dengan demikian keberadaan rumah sakit internasional ini akan saling melengkapi dengan rumah sakit yang telah ada
Kabag Kesra Kota Padang Al Amin kepada wartawan di Padang, Selasa (21/5) mengatakan, kehadiran investor yang berinvestasi Rp1,5 triliun tersebut dan menyerap tenaga kerja 3000 orang pantas disambut antusias dan disyukuri. Sebab, dalam kondisi rawan gempa masih ada juga investor mau berinvestasi di Kota Padang dengan nilai investasi yang sangat besar.
Sebenarnya, ini adalah berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kota Padang pasca gempa sangat welcome terhadap semua investasi dan selama ini Pemko pun berupaya keras mengajak para investor berinvestasi di Kota Padang.
"Alhamdulillah, perjuangan keras itu membuahkan hasil. Di saat perjuangan itu sudah menunjukan hasil, tentu dukungan semua pihak sangat diharapkan dan pandangan buruk harus dieliminir dan kalau dapat hilang sama sekali," ujarnya.
Dikatakannya, dalam Islam tak boleh berburuk sangka kepada siapa saja termasuk para investor. Pikiran buruk dan kekhawatiran yang berlebihan harus dibuang jauh-jauh. Sebab, pikiran seperti itu yang akan menghancurkan diri sendiri dan bangsa ini. Apalagi, beranggapan negatif terhadap investor yang jelas-jelas memberikan dampak multiplayer effect luar biasa terhadap pertumbuhan, kemajuan Kota Padang dan kesejahteraan warga.

Bila ada sesuatu atau komunikasi tersumbat bisa dibicarakan dan dicarikan solusinya. Bila merujuk kepada investor muslim maupun non muslim yang masuk di banyak daerah di Indonesia, tak ada dampak negatif yang timbul begitu juga di Kota Padang,
Dengan demikian, pikiran negatif akan timbul kristenisasi atau semacamnya dampak dari investor non muslim dari dulu hingga sekarang di Republik ini tak terbukti. Selama ini, pun cukup banyak investasi dilakukan non muslim di Kota Padang namun semua berjalan dengan baik dan bergandengan tangan.
Oleh sebab itu, dia menginginkan rapatkan barisan dan dukung sepenuhnya investasi yang masuk ke Kota Padang untuk kesejahteraan bersama. Bila tidak demikian, maka Kota Padang akan semakin tinggal dibandinkan kota-kota lain. Di samping itu, peran tigo tungku sajarangan sangat diharapkan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan anak kemanakan. [LiL]
0
siswa
written by string, Mei 20, 2013
ambo sngaik stju jo penolakan pembngunan rumah skit it,,
manuruik info nan ambo danga dri ustad2,
it slah satu taktik urg non islam untuek menghancurkn islam,,dan juo pdang(minang kbau) adalah provinsi yg ditkutkan oleh non islam,,shngga dgn pelan2 dia melakukan cra ini....
Mhon maaf untk niniak mamak,,jko ambo talantuang dk mangcek..
0
...
written by string, Mei 18, 2013
Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam menolak pembangunan Rumah Sakit (RS) Siloam milik Lippo Group di Jalan Katib Sulai­man, Padang. Pemicunya, karena mereka me­nganggap keberadaan RS Siloam dapat menimbulkan keresahan bagi umat Islam di Ranah Minangkabau.

Padang Green City baru di laksanakan peletakan batu pertama dan setahun lg selesai, disini akan ada perusahaan raksasa ritel dari Korea Selatan Lotte Mart, Cinema XXI (termasuk yang Premium), elektronik city, Centro, Ace Hardware, sejumlah perusahaan makan cepat saji dan banyak lainnya.

Ada yang menolak nga ya.......... kan di dalamnya ada unsur......???????
0
tak setuju
written by string, Mei 17, 2013
Penolakan berdirinya rumah sakit Internasional di Padang sangat disayangkan. Ok, masalah pemurtadan adalah masalah yangt sensitif bagai umat islam, semua orangt tahu itu. Tapi apa iya, sampai segitunya sebuah rumah sakit akan memurtadkan orang? Apakah karena pemiliknya adalah orang kristen kemudian rumah sakitnya ditolah. Setahu saya dipadang itu ada rumah sakit kristen yang sampai sekarang eksis. Rumah sakit ini kenapa tidak dibubarkan saja?

Percayalah sama saya, mobil, pesawat, motor adalah ditemukan dan dibuat oleh oraqng non islam. Kenapa hal ini juga tidak ditolak? dan setahu saya nabi tidak pernah pakai mobil, motor dan lain-lainnya yang ditemukan oleh orang non islam. setahu saya para tokoh yangt menolak ini adalah orang-orang yang memakai penemuan orang-orang non islam. Kenapa tidak ditolak kalau berani?

Oleh sebab itu, kita mesti melihat apa yang sebenarnya terjadi! ini rumah sakit pak, semua orang butuh tempat berobat. Oleh sebat itu, mengontrol perjalanan sebuah rumah sakit itu perlu tapi tidak ditolak kehadirannya. saya setuju kalau pemko padang mengawasi secara ketat perjalanan ruma sakit seloam nantinya tapi jangan ditolak kehadiran rumah sakit yang standar pelayanannya lebih bagus dari rumah sakit islam sekalipun di padang yang saya ketahui. Berbicara tentang islam kita harus berbicara tentang isi dan jangan tentang isu. Saya mau tantang secara akademik, bagaimana para tokoh ini menjatuhkan sebuah ponis kepada sekelompok orang tanpa melakukan survey dan research yang terpecaya. ada tidak draft akademiknya sehingga hasilnya adalah ditolak.
0
Kok Ketua Dewan Syuro pun hadir
written by string, Mei 17, 2013
Saya hanya melihat sekilas tentang rencana pendirian rumah sakit di padang itu. Waktu itu diberitakan bahwa "ustda" Hilmi Amiuddin, ketua majels Syuro PKS menghadiri peletakan batu pertama pendirian sebuah rumah sakit swasta di padang. Padahal pada hari yang sama dia harusnya memenuhi penaggilan KPK.

Rasanya sangat aneh... SUmbar yang dipimpin oleh orang yang mengaku partai dakwah bisa mengizinkan pendirian RS kafir itu. Bahkan dihadiri oleh seorang ketua majels Syuro PKS lagi......
Singkat kata... urang minang tidak pernah tergiur dengan uang jika harus menggadaikan agama dan adanya... maka mari kita pastikan Rumah sakit itu tidak jadi beridiri dan orang-orang yang telah mendukungnya,termasuk PKS yang secara khusus sangat mendukungnya harus minta maaf kepada masyarakat minang....
0
Tolak Siloam Di Ranah Minang
written by string, Mei 17, 2013
Ingat amanat Dt Tumanggung dan Dt Perpatih; ingek dek pemimpin kamudian jago nagari jan binaso. Karena itu jangan rumuskan anak cucu Minangkabau, sehingga tak lagi beradat dan beradab. Kultur dan budaya Minangkabau harus dipatuhi dan ditaati, termasuk para investor. Patuhi adium adat; dimano bumi dipijak disitu langik dijunjung, dimano nagari dihuni di situ adat dipakai. Berdirinya rumah sakit kristen Siloam adalah kecelakaan sejarah dan kecelakaan adat. Merupakan tugu penjajahan yang dibuat oleh penghianat terhadap adat Minangkabau. Karena itu mesti dibatalkan. terima kasih !
 1 2 3 > 

Write comment
You can add your comment here

busy

Newer news items:
Older news items: