Rabu, 20 Agustus 2014
Sriwijaya Air Kecelakaan PDF Cetak Surel
Rabu, 21 Desember 2011 02:57

PENUMPANG PANIK

YOGYAKARTA, HALUAN — Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 230 yang menjalani rute penerbangan Jakarta-Yogyakarta mengalami kecelakaan saat tergelincir di ujung landasan pacu (runway) 27 Bandara Adi Sutjipto, Selasa petang,  sekitar pukul 17.30 WIB.

Para penumpang menga­lami kepanikan serius  saat pesawat ini tergelincir. Menurut seorang saksi mata, saat pe­sawat mendarat dari arah barat ke timur melaju dengan ke­cepatan tinggi dan tampak pe­sawat tergoncang. Ketika mendekati sisi timur tampak ada benda terlempar dari dalam pesawat.

Kemudian saat pesawat dalam posisi melaju mendekati 200 meter arah jalan menuju kampus Akademi Angkatan Udara (AAU), pesawat tampak berbelok ke arah kiri dan memasuki area rerumputan dan akhirnya berhenti dalam jarak dua meter dari landasan. Pesawat Sriwijaya Air mendarat di landasan Bandara Adi­sutjipto Yogyakarta dalam kondisi hujan  cukup lebat.

Panik

Menurut Hendri Susanto, pe­numpang asal Dlingo, pe­sawat yang mengangkut 129 penumpang ini berangkat dari Jakarta sekitar pukul 13.45 WIB. Kemudian dialihkan ke Bandara Adi Sumarmo Solo karena Bandara Adi Sutjipto ditutup. Namun ternyata, Bandara Adi Sumarmo pun ditutup karena cuaca buruk.

Akhirnya pesawat diarahkan menuju Bandara Juanda, Su­rabaya. Setelah dinyatakan aman, pesawat kemudian ber­tolak ke Yogyakarta. Namun pesawat tergelincir di runway 27. “Semuanya panik, padahal selama penerbangan nggak ada masalah sama sekali. Kami semua kaget, dan masing-masing berlomba menye­lamat­kan diri,” katanya.

Menurut informasi kondisi seluruh penumpang dalam keadaan selamat dan dibawa ke suatu tempat di lingkungan bandara. Sementara itu, suasana di tempat kejadian dipenuhi masyarakat setempat yang ingin mengetahui kejadian tersebut.

Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air, Agus Sudjono, ketika dihubungi mem­benarkan kejadian ter­sebut. Kepada Kompas.com, Agus mengatakan pesawat dengan nomor penerbangan SJ 230 itu melayani rute Jakarta-Yogyakarta dan membawa 129 penumpang. “Semua pe­num­pang selamat, sehat walafiat. Semua pe­numpang sudah di­evakuasi dengan baik,” kata Agus seperti dikutip antara. (ant/kcm)

Comments (0)Add Comment

Write comment

busy

Newer news items:
Older news items: